DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
RezekibolaAsianpoker88

Spek Laptop Tinggi, Tapi Masih Lag Saat Main Game?

Spek Laptop Tinggi, Tapi Masih Lag Saat Main Game?

Spek Laptop Tinggi, Tapi Masih Lag Saat Main Game – Ternyata cukup banyak para pengguna yang merasa bingung dengan performa gaming laptop mereka. Banyak user yang curhat di beberapa forum – forum online untuk menemukan solusi permasalahan ini. Sebenarnya kecil kemungkinan notebook dengan spek tinggi tidak mampu menjalankan game video dengan baik dimana spesifikasi game tersebut sudah sesuai.

Baca juga: Gamer Tunanetra, Butuh Waktu 5 Tahun Tamatkan 1 Game

Jenis game yang paling banyak di keluhkan adalah game PES (Pro Evolution Soccer) baik seri 2013, 2014, 2015 atau yang terbaru ini 2016. Padahal spesifikasi game ini sebenarnya tergolong medium, bukan game berat. Jika saya amati untuk PES ini lebih dominan ke kecepatan processor, untuk VGA saya rasa versi Intel HD 2000 keatas saja sudah cukup baik.

Pokermas99 Pokermas88

Jika semua komponen hardware laptop masih dapat bekerja dengan baik, kemungkinan permasalahan muncul dari sisi penggunaan atau pengaturan yang di lakukan si pemilik laptop. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika laptop spek tinggi milik anda tidak mampu menjalankan game video dengan mulus.

Spek Laptop Tinggi Tapi Masih Lag Saat Main Game, Ini Sebabnya:

# Perhatikan spesifikasi
Sekali lagi pastikan spesifikasi hardware laptop anda sudah mumpuni untuk memainkan game kesayangan anda. Jangan lantas karena anda menggunakan grafis nVidia lalu dianggap semua game bisa di libas. GPU itu ada seri nya loh? tinggal punya anda nVidia seri berapa? kalau nVidia keluaran jaman kemerdekaan RI mungkin performanya tidak memuaskan.

# Hapus program aplikasi yang dirasa tidak terlalu anda butuhkan
Semakin banyak program yang anda install semakin memberatkan laptop anda loh? selain memakan kapasitas memori, juga memangkas RAM meskipun anda tidak menjalankan aplikasi tersebut. Karena semua aplikasi pada dasarnya berjalan di latar belakang meskipun anda tidak menjalankannya, tinggal seberapa berat tergantung jenis aplikasi tersebut.

Cara cek program berat yang berjalan di latar belakang, dapat anda lihat di Task Manager. Caranya tekan Ctrl + Shift + Esc kemudian amati setiap jenis program dan besarnya kapasitas RAM dan CPU yang digunakan pada tab Processes. Jika dirasa ada salah satu program kurang penting yang cukup menguras RAM dan CPU silahkan matikan program dengan cara klik kanan kemudian pilih End Processes.

# Mode power yang digunakan
Setiap laptop pasti ada mode power, untuk melihat mode power apa yang anda gunakan silahkan klik icon gambar baterai di taskbar start menu kemudian pilih Power Option. Pastikan anda tidak menggunakan mode power hemat daya, mode ini otomatis membatasi power masing – masing komponen terutama CPU dan GPU.

Mode hemat daya ini ditujukan untuk pemakaian di luar ruangan guna menghemat daya baterai. Mode power saving ini mutlak tidak di tujukan untuk aktivitas gaming atau penggunaan program berat lainnya. Pastinya akan lemot, berat bahkan lag patah – patah saat anda menjalankan game video spesifikasi medium hingga high jika anda menggunakan mode hemat daya.

# Cek driver dan antivirus

  • Pastikan semua driver sudah di install di laptop anda, jangan lupa juga untuk update driver jika dirasa performa program berkaitan kurang maksimal.
  • Scan laptop anda dengan antivirus, pastikan tidak ada program dan malware di laptop anda yang menganggu kinerja laptop anda.

# Setting grafis game
Untuk game PC seperti game balap mobil dan game bola seperti PES, sudah disediakan settingan grafis mulai dari low, medium atau high. Silahkan anda eksplorasi sendiri settingan mana yang sekiranya pas dengan spesifikasi laptop anda. Jika laptop anda sudah benar – benar kelas dewa, saya rasa tidak perlu pusing setting kualitas grafis.

Tips lain dari saya:

  • Amati performa RAM dan CPU bersamaan saat anda main game, caranya ketika anda sedang memainkan game, buka Task Manager dan lihat berapa RAM dan CPU yang digunakan di game tersebut. Misalnya ternyata game tersebut membutuhkan RAM yang banyak, maka anda dapat mengatasinya dengan menambah ram menggunakan flashdisk.
  • Setting prioritas game, anda dapat mengatur prioritas game yang di jalankan. Silahkan buka Task Manager kemudian klik kanan pada program game pilih Set Priority pilih High. Dengan demikian sistem akan memprioritaskan performa game anda, untuk PES sendiri cara ini cukup menghilangkan sedikit lag.

# Pada Dual VGA
Laptop sekarang ini menggunakan Dual VGA terutama untuk laptop dengan prosesor Intel. Sebagai contoh ketika pekerjaan grafis ringan maka Intel HD yang menjalankannya sedangkan ketika pekerjaan grafis berat maka nVidia yang menanganinya.

Pastikan game yang kamu jalankan sudah terdaftar dalam program yang di jalankan oleh nVidia. Caranya bisa masuk ke kontrol panel nVidia pada opsi Manage 3D Settings.

Baca juga: Daftar Game Keren Untuk Laptop Spek Rendah

Tentunya tips di atas merupakan tips umum yang dapat anda coba. Karena setiap pengguna memiliki gaya pemakaian laptop sendiri – sendiri, jadi saya tidak dapat membahas lebih khusus setiap permasalahan yang ada. Tips di atas bersumber dari referensi pengalaman saya sendiri di tambah dengan opini saya. Selamat mencoba dan semoga membantu.

Vimax Canada

32 Comments

Add a Comment
  1. bg cara ngatasin ini gimana y, pas sya maen game battlefield gk cas lag banget, tapi pas di cas lancar jaya, sya pengguna asus a455lb core i5 gt940m, tolong solusinya donk

    1. Harusnya lancar mas, saya juga pakai Asus A556UF Core i5 tapi nVidia 930. Mas pakai Win 10 kan? kemungkinan itu mode powernya yang berubah ketika tidak di charge, coba ubah caranya klik icon Batery – Power & sleep settingsAdditional power settings – pilih High performance dan jika cara tersebut tidak working boleh mas sampaikan lagi detailnya termasuk versi Battlefielnya :)

  2. Mas,saya pakai asus A556U Core i5 Nvdia 940 mx, windows 10 64bit, saya main pes 2016 suka lag gtu ,ngadat gtu mas, klo settingan nvdia control panelnya saya buat di adjust image settings priviewnya use the advanced3d… (performance)
    untuk global settingsnya saya buat manual dan program setting – pes2016 saya buat high performance nvdia processor
    physic processor nya auto select mas, (saya udah coba ubah ubah sih liat dari mbah google, tapi tetep gabisa mas, mohon bantuannya yaa mas.

    1. Admin juga menggunakan Asus A556UF tapi Nvidia GT930, sama Win 10 64-bit. Kalau settingan Nvidianya sih saya buat default saja, jadi pada ‘Adjust Image Settings Preview’ adalah ‘Let the 3D application decide’, pokoknya soal VGA admin tidak otak – atik dan otomatis di switch oleh sistem. Tips dari admin:

      1. coba cek di Nvidia Control Panel – Manage 3D Settings – Program Settings apakah sudah ada PES 2016 di dalamnya?
      2. ceks Disk Spacenya, misal PES di diinstall di Disk C coba cek apakah masih ada banyak memori tersisa
      3. pastikan mode powernya tidak Power Saver, cek di icon baterai – Power & Sleeps Settings – Additional Power Settings – pilih Balance atau High Performance saat main game

      Ini sama kan tipe processornya Core i5-6200U dengan basic speed 2,3 Ghz dan Turbo Boost 2,8 Ghz? punya admin lancar kok setting High PES 2016, game Battlefield 4 dan Hardline di Setting High juga kuat.
      Silahkan di sampaikan kembali jika ada yang kurang jelas :)

  3. Nah 1 dan 2 sudah oke mas, dan saya sudah coba , lancar mas
    tapi paswaktu di charger doang, kalo udah enggak di charger dia jadi lag mas, ngadat ngadat gitu (posisi mode power tidak saver dan high performance)

    1. Mungkin permasalahannya ada yang switch otomatis ketika tidak di charge, BTW kalau mode baterai sudah High Performance admin tidak punya tips lain. Mungkin next kalau sudah tahu solusinya admin post disini, BTW kan kalau game cepat habis baterainya jadi seringnya charge nancap terus :)

  4. mode balance juga mas,jadi masalahnya sekarang, pas charger lancar jaya, kalo ga ngadat ngadat gtu (baik high performance atau balance)

    1. Bagus yang High Performance untuk aktifitas berat mas :)

  5. iya mas,btw thanks sarannya, cuma kalo laptop ga d charger itu tetep lag juga mas (high atau balance ) apa emang kalo main game harus d charge apa ya ?

    1. Kalau menurut admin secara teknis laptop dengan spesifikasi demikian cukup kuat main game bahkan di atas PES 2016 dengan pangaturan grafis High, cuma itu sepertinya masalahnya adalah ketika tidak di cas otomatis beralih ke mode efisien, entah di komponen mana apa VGA (Intel HD dan nVidia) atau di prosesornya. Cuma karena tidak lihat langsung laptopnya jadi kurang bisa eksplore lagi, tapi yakin deh untuk PES 2016 itu sangat ringan sekali, game – game seperti Dirt Rally, Battlefield & Call Of Dutty seri terbaru pasti masih bisa main, coba di cek – cek lagi :)

    2. Samain gan settingan yg di high performa sama yg di balanced

    3. Kalau spesifikasinya sudah oke, mau di charge atau tidak seharusnya tidak berpengaruh :)

  6. min saya punya laptop TOSHIBA core i5 dan RAM nya 4gb VGA nya nvidia GT525M kok saya main pes 2016 setingan low juga masih lag yah. Kira-Kira saya harus ngapain yah?padahal sudah saya setting seperti yg diatas.

    1. Iya kalau boleh tahu ini Core i5 nya arsitektur apa apakah Sandy Bridge, Ivy Bridge dll, bisa di lampirkan versi lengkapnya misal i5xxx. Kemudian berapa VRAM dari Nvidianya? kemudian apakah dual VGA sama intel HD juga? bisa di infokan kembali spesifikasi lengkapnya :)

      1. Saya kirim gambarnya ajh ya, boleh saya minta pin nya gk. Nanti saya kirim lewat bm ajh

        1. Kalau ingin berbagi gambar dengan admin bisa di upload saja ke http://prnt.sc/, nanti di share kesini linknya :)

          1. Core i5 2410M
            Ram 4Gb
            Vram 1gb
            Hardisk 650gb
            laptop satellite l745
            Windows 8 32bit

          2. Dengan spesifikasi demikian seharusnya PES 2016 itu cukup ringan bahkan dengan setting grafis maksimum. Kalau cara di atas sudah di coba, mungkin bisa di cek lagi di kontrol panel VGAnya apakah dipastikan PES 2016 menggunakan VGA tersebut ketika dimainkan. Sebenarnya ada banyak faktor penyebab kenapa laptop tidak maksimal untuk game tapi karena admin tidak melihat secara langsung jadi tidak ada banyak tips yang admin kasih, tapi kalau dari spesifikasi itu sudah sangat cukup untuk sekedar main PES 2016, mungkin bisa di sampaikan kembali jika ada pertanyaan :)

  7. saya kalau pas nge charge gamnya suka lag tapi kalau gak pas di charge malah lancar gimana solusinya

    1. Coba di cek mode powernya mas, karena saat lepas atau tancap charge mode power terkadang berganti, jika masih ada kendala silahkan infokan kembali dengan lebih detail :)

  8. Core i5-2410M
    Windows 8 32 bit
    Ram 4Gb
    Direct 11
    NVDIA Geforce GT525M
    Laptop Toshiba Satellite l745

    1. Bagus kok spesifikasinya, seharusnya PES 2016 bisa di jalankan dengan settingan grafis maksimum :)

  9. Min saya pake asus K46CM, i5 3317U, 1.7ghz, nvidia gt 635M 2gb, ram ane update jadi 8gb..tapi kenapa ya min maen pes 2016 setting low aja dia lag min gakuat?

    1. Enteng lah mas seharusnya kalau PES, itu Core i5 nya kan turbo sampai 2,7 Ghz. Coba cek di dua bagian ini, yang pertama mode powernya dan yang kedua pastikan PES 2016 di jalankan oleh nVidia saat main, bisa cek di kontrol panel nVidianya :)

  10. min,punyakku samsung, amd a8 quadcore, ram 6 gb, 1.6 ghz, dual graphics enabled. main pes 2016 & 2017 kok lag ya pas dicharge?
    kalo dicabut langsung lancarr,gmn solusinya? saya udah jdiin high performance , gmn kalo amd?

    1. Admin yakin permasalahannya di mode powernya mas, coba cek kembali semua pengaturan saat di charge, mungkin ada opsi juga di VGAnya atau yang lain :)

  11. laptop saya (asus a456u) masih baru 2 bulanan kan habis di garansi gara gara layarnya bermasalah, dan setelah garansi malah ada masalah baru, kalo buat game jadi lemot padahal baru dinyalain, belum panas sedikitpun dan masih terhubung ke charger, sebelum di garansi tidak ada masalah apapun, hanya kalo udah panas saja jadi agak lag
    kalo dicas malah jadi lag, saat tidak dicas lancar

    1. Kalau di cas atau tidak di cas lancar, itu admin yakin mungkin di mode power baterainya. Coba pastikan game di jalankan oleh Nvidianya. Admin juga sama kok spesifikasinya, main Battlefield 4 sama Hardline saja lancar di setting High, kalau di Ultra memang agak sedikit patah – patah. Kalau game seperti PES mah, libas abis enteng banget paling cuma anget laptopnya. Btw game yang di mainkan apa ya mas? :)

  12. Min..laptop saya Lenovo z50-75 amd10 radeon 6,kalo main Naruto storm 4 ko jadi lambat ya min?tapi pas di-charge jadi lancar..solusinya gimana?

    1. Mode powernya atau setting powernya mas, ketika di cas dan tidak di cas pasti beralih mode :)

  13. min laptop saya lenovo amd a8 radeon r5 ram 4 gb koq maen pes 17 nge lag y

    1. mohon informasikan kecepatan prosesor dan berapa besar VRAM Radeon R5 nya mas :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88