DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
BandarMuPokerBeb

Resiko Bahaya Berkendara Saat Hujan (Motor), Tips Aman Berkendara Motor Saat Hujan

Resiko Bahaya Berkendara Saat Hujan (Motor), Tips Aman Berkendara Motor Saat Hujan

Sekedar share saja buat temen-temen yang mungkin memiliki pengalaman yang sama yaitu sering bepergian jauh.

Rezekibola Asianpoker88

Baca Juga: 10 Tips Berkendara Motor Jarak Jauh

Dalam berkendara hal yang utama untuk keselamatan adalah kondisi fisik yang prima, kondisi serta kelengkapan kendaraan, kondisi jalan serta kondisi cuaca. Nah kali ini saya ingin share gan mengenai Resiko Bahaya Berkendara Saat Hujan terutama sepeda motor nih.

Resiko Bahaya Berkendara Saat Hujan (Motor)

Beberapa resiko serta bahaya saat berkendara sepeda motor antara lain:

Pokermas99 Pokermas88

1. Konsentrasi Menurun

Banyak sekali konsentrasi para pengendara sepeda motor menurun saat terjadi cuaca yang tidak bersahabat. Penyebab hilangnya konsentrasi ini adalah karena hujan yang menyebabkan tidak fokus dan tidak nyaman saat berkendara, misal hal yang sering terjadi adalah terpleset karena saat kondisi hujan jalanan akan licin sehingga gaya berkendara tentunya juga harus dirubah. Misal dalam menekan pedal rem maka harus pelan dan tidak seekstrim saat kondisi aspal kering. Kemudian tingkat mengerem rem depan dan belakang juga harus seimbang dan kombinasi yang bagus. Misal anda menekan rem depan terlalu kencang sedangkan rem belakang tidak maka yang akan terjadi adalah ban depan akan terpleset.

2. Kondisi jalan tidak bisa diprediksi

Secara logika perbandingan antara gerimis, hujan dan hujan lebat maka tingkat kelicinan jalan paling tinggi adalah saat gerimis, karena saat gerimis debu pada aspal masih belum terbawa arus air dan hal itu membuat aspal lebih licin. Berbeda saat hujan deras maka debu/pasir akan terbawa air dan bersih karena terkena tetesan hujan, hal ini berarti aspal akan lebih kesat karena terbebas dari pasir dan debu. Namun secara umum jalanan saat hujan berbahaya diantaranya:

  • Lubang pada badan jalan akan tergenang air dan ini akan sangat berbahaya bagi pengendara karena mereka bisa saja masuk ke lubang genangan jalan yang rusak.
  • Garis dan marka jalan akan sedikit tidak terlihat atau tidak terlihat sama sekali karena terkena genangan air hujan.
  • Tidak terlihatnya batas antara aspal dan bagian pinggir jalan, dalam hal ini pengendara bisa saja keluar dari jalan karena tidak terlihatnya batas tepi jalan.
  • Jalan menjadi licin.

3. Kondisi Motor

Pada kondisi hujan sering menyebabkan motor mogok dan mati hal ini karena air masuk ke bagian sensitif motor, misal busi kemudian saat anda mengisi bensin di pinggir jalan (bukan pom) tangki motor kemasukan air hujan. Hal ini bisa terjadi pada motor antara lain pada:

  • Bagian busi motor.
  • Bagian karburator motor yang dibuka.
  • Bagian kelistrikan lainnya.

4. Pandangan Terbatas

Pada saat kondisi hujan terlebih lagi saat kondisi hujan lebat maka jarak pandang mata akan terbatas dan terganggu karena kaca helm akan terkena air dan biarpun kita buka maka mata kita yang akan terkena air.

5. Cipratan Air oleh Kendaraan Lain

Jika anda terkena cipratan air kendaraan motor maka tidak akan jadi masalah, namun bagaimana jadinya jika kendaraan itu adalah kontainer dan genangan airnya cukup dalam? Saya pribadi pernah hampir jatuh karena terhempas genangan air tersebut ketika berpapasan dengan truk kontainer. Hempasan airnya sangat luar biasa sampai mau terpental badan saya dan tidak bisa bernafas karena muka penuh dengan hempasan air.

Sebenarnya masih banyak lagi hal lainnya namun secara umum sudah saya jabarkan seperti diatas. Beberapa hal diatas bisa anda antisipasi dengan cara:

Tips Berkendara Motor Saat Hujan

  1. Tetap fokus dan konsentrasi.
  2. Usahakan memakai mantel baju agar nyaman.
  3. Jika hujan lebat maka menepilah.
  4. Hati-hati jika berpapasan dengan truk besar pada jalanan yang tergenang air.
  5. Sediakan kunci busi.
  6. Jika membuka filter maka gunakan saringan udara.
  7. Ingatlah jalan bagian mana yang berlubang.
  8. Perhatikan badan jalan dan marka jalan.
  9. Lebih stabil dalam menekan rem dan gas dan hindari rem mendadak.
  10. Jaga jarak.
  11. Pelan-pelan.
  12. Perhatikan tekanan angin pada ban.

Kira-kira itulah tips saat anda berkendara sepeda motor saat hujan untuk menghindari Resiko Bahaya Berkendara Saat Hujan (Motor). Meskipun jalanan adalah sesuatu yang tidak bisa diprediksi namun ada baiknya kita tetap fokus dan berhati-hati karena itu akan lebih baik karena keselamatan adalah hal yang paling utama.

Baca Juga: 15 Cara Aman Berkendara Musim Hujan

Demikian artikel saya semoga dapat bermanfaat dan menjadi wawasan kita semua dan tetaplah berhati-hati dalam berkendara.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88