DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
BandarMuPokerBeb

Perbedaan Domain dan Hosting? Ini Penjelasannya

Perbedaan Domain dan Hosting? Ini Penjelasannya – Dalam topik bahasa apapun ketika kita membahas tentang hosting pasti selalu muncul domain disitu, mereka berdua kok seperti tidak dapat di pisahkan ya? Kendati demikian domain dan hosting tidaklah sama, hanya saja lingkup keduanya sama.

Baik domain dan hosting keduanya dapat di beli melalui layanan penjual domain dan hosting, untuk domain pembayarannya adalah pertahun sedangkan hosting bisa perbulan, per tiga bulan, per enam bulan dan umumnya adalah pertahun.

Rezekibola Asianpoker88

Perbedaan Domain dan Hosting? Ini Penjelasannya

Hosting

Perbedaan Domain dan Hosting? Ini Penjelasannya

Ilustrasi hosting

Hosting adalah komputer yang digunakan untuk menyimpan file seperti file web dan database. Orang sering menyebutnya dengan hosting atau server atau juga server hosting, nah pada intinya hosting juga berbentuk fisik seperti komputer, jadi dia punya kapasitas penyimpanan, memori dan CPU atau Processor.

Meskipun komputer atau server fisik dari hosting itu ada jauh disana, kita tetap bisa memanajemennya, seperti menghapus file, menambah file dan lain sebagainya yang umumnya di lakukan melalui aplikasi atau software kontrol panel hosting seperti cPanel.

Lalu jika demikian, kenapa kita harus beli dan sewa hosting? bukankah kita punya komputer sendiri? bisa kok komputer kamu di jadikan hosting, tapi bagaimana dengan biaya perawatan? lisensi kontrol panel? pemrograman dan lain sebagainya?

Pokermas99 Pokermas88

Karena alasan praktis inilah, kini banyak betebaran perusahaan hosting yang bisa kamu gunakan. Kamu tidak perlu lagi memikirkan biaya perawatan, eror sistem dan lain sebagainya, tapi kamu cukup bayar secara berkala. Harga hosting di sesuaikan dengan sumber daya seperti kapasitas penyimpanan, RAM, CPU dan lain sebagainya.

Hosting umumnya di gunakan sebagai server website, jadi semua elemen website seperti tampilan, theme, artikel, gambar, video dan lain sebagainya di simpan di hosting. Selain file web tadi hosting juga digunakan untuk menyimpan database.

Domain

Perbedaan Domain dan Hosting? Ini Penjelasannya

Ilustrasi domain

Domain adalah nama unik yang tertera di address bar ketika kamu mengakses website atau blog, seperti misal Google.com, YouTube.com, Facebook.com, Uceng999.com dan lain sebagainya.

Domain memiliki ekstensi atau akhiran yang berbeda – beda seperti .com, id, .net, .uk, .us, .co.id, .org dan lain sebagainya. Masing – masing ekstensi tersebut memiliki arti dan tujuan, misal saja .id maka ditujukan untuk situs web dari Indonesia, kemudian .org adalah ditujukan untuk situs web organisasi.

Di dunia ini tidak ada yang namanya domain dobel, jadi misal sudah ada Google.com, maka kamu tidak bisa memesan atau membeli nama yang sama Google.com, tapi bisa mencoba akhiran lain seperti Google.org, Google.id dan lain sebagainya yang belum di beli.

Domain memiliki masa aktif, jadi perlu kamu perpanjang pertahun atau membayar sekian tahun sekaligus. Ketika kamu berhenti membayarnya maka domain tersebut akan kadaluarsa dan tidak dapat di akses.

Lalu apa hubungan domain dan hosting?

Kita contohkan dalam konteks website, jadi sebenarnya domain tidaklah berisi artikel, video atau pun gambar, tapi domain bisa digunakan untuk mengakses file tersebut di hosting, jadi sebenarnya domain hanyalah nama saja.

Domain itu bisa di arahkan untuk mengakses hosting atau server yang berbeda, caranya bisa di lakukan melalui kontrol panel domain atau domain manager. Jadi konfigurasi dan kolaborasi antara domain dan hosting inilah menghasilkan situs web yang bisa di akses orang di internet.

Vimax Canada

2 Comments

Add a Comment
  1. Mas Magie, hosting itu apa ibaratnya kayak flasdisk ? Trus blog seperti punyaku apa ya harus dibelikan hosting? haduuh aku masih bingung soal hosting… Balas di emailku aja ya :) trims

    1. Hahaha . . oke saya email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88