DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei

Perbedaan Core i3, i5 dan i7 Prosesor Laptop / PC Komputer

Rezekibola Asianpoker88

Perbedaan Core i3, i5 dan i7 Prosesor Laptop / PC Komputer

Perbedaan Core i3, i5 dan i7 Prosesor Laptop / PC Komputer – Prosesor bisa diumpamakan sebagai otak dari sebuah komputer. Nah setiap seri prosesor i3 hingga i5 ini memiliki jumlah core yang berbeda, serta berbeda pula kecepatan core untuk masing – masing tipe posesor berdasar serinya.

Bingung perbedaan antara Core i3, i5 dan i7 merupakan hal yang lumrah di alami oleh pengguna awam yang hendak membeli CPU komputer, laptop atau notebook. Intel memang telah menghadirkan beberapa varian processor guna memenuhi kebutuhan komputasi berdasarkan kebutuhan dan juga budget atau harga.

Penamaan Core i3, i5 dan i7 tidaklah mengacu pada jumlah inti core yang tertera, sebagai contoh Core i3 bukan berarti memiliki 3 core, seperti itu juga untuk Core i5 dan i7 tak lantas dia memiliki 5 core dan 7 core. Kalau untuk soal harga, baik harga prosesornya maupun sudah satu paket dengan komputer atau laptop tentu harga i7 yang paling mahal.

Pokermas99 Pokermas88

Tidak hanya soal harga, soal performa pun ketiganya berbeda, Core i7 tentu yang paling baik. Sebelum menyimak paragraf selanjutnya yuk pahami pengertian dan penjelasan istilah berikut agar lebih mudah.

Hyper-threading

Hyper-threading adalah fitur processor yang memungkinkan satu core mengerjakan dua atau tugas ganda sekaligus berkat core ‘semu’ di dalamnya. Dengan teknologi Hyper-threading ini 1 core bisa terbaca 2 core oleh sistem, dual core bisa terbaca 4 core dan 4 core bisa terbaca 8 core.

Meskipun jumlah core terlihat ganda, namun konsumsi daya tetaplah sama seperti 1 core. Untuk performa bisa 20% hingga 30% lebih baik dari core tanpa Hyper-threading. Core tambahan ini bisa disebut core semu, virtual core atau logical core.

Turbo-boost

Turbo-boost adalah fitur yang dapat meningkatkan kecepatan (clock speed) prosesor diatas kecepatan standar prosesor tersebut jika dibutuhkan secara otomatis. Teknologi ini hanya di miliki oleh Intel Core i5 dan i7, sedangkan Core i3 belum memilikinya.

Perbedaan Core i3, i5 dan i7 Prosesor Laptop / PC Komputer

#Core i3

Core i3 adalah tipe prosesor level prosesor kelas menengah dengan performa yang baik namun efisien dari segi harga. Seri prosesor Core i3 cocok digunakan untuk kegiatan komputasi yang cenderung ringan dan multitasking.

Core i3 memiliki 2 core atau dual core dan 2 thread, atau dengan kata lain Core i3 sudah dilengkapi juga dengan teknologi Hyper-Threading.

Berkat teknologi Hyper-Threading ini, terkadang ketika kamu cek di spesifikasi komputer atau laptop melalui OS maka akan tertera 4 CPU. Sebenarnya jumlah core-nya adalah 2 namun ada 2 core ‘semu’ atau bisa disebut dengan virtual core lebih mudahnya.

#Core i5

Core i5 adalah tipe prosesor level prosesor menengah keatas yang cukup powerfull dan cocok digunakan untuk komputasi ke arah yang lebih expert. Core i5 secara umum sudah mampu menjalankan program – program berat terlebih dengan dukungan VGA atau GPU untuk pengolahan grafis.

Core i5 memiliki 2 core atau dual core dengan 2 thread dan juga sudah dilengkapi dengan fitur Hyper-Threading dan juga Turbo Boost.

Jika di bandingkan dengan Core i3 tentu saja Core i5 lebih unggul dari segi kecepatan prosesor dan teknologi Turbo Boost yang dia miliki. Pengecualian pada beberapa tipe Core i5 memang ada yang memiliki 4 core, namun untuk seri tersebut tidak memiliki fitur Hyper-Threading.

#Core i7

Core i7 adalah tipe prosesor level atas dengan performa terbaik di jajaran prosesor Intel. Tipe prosesor ini memang ditujukan untuk aktivitas komputasi berat dan ekstrem seperti untuk keperluan video editing hingga gaming.

Core i7 memiliki 4 core atau quad core dengan 4 thread dan juga sudah dilengkapi dengan fitur Hyper-Threading dan juga Turbo Boost.

Core i7 lebih unggul jika di bandingkan dengan Core i3 maupun Core i5. Pengecualian pada beberapa tipe ekstrem dari Core i7 ada yang memiliki 6 core bahkan 8 core.

Perbedaan prosesor untuk laptop / notebook / netbook dan untuk PC komputer?

Jumlah core tetaplah sama untuk masing – masing core, hanya ada perbedaan seri di belakang nama prosesor tersebut. Setiap seri umumnya memiliki kecepatan prosesor serta update fitur yang mungkin berbeda.

Secara umum prosesor yang digunakan untuk laptop dan komputer memiliki seri yang berbeda. Untuk seri komputer rata – rata memiliki kecepatan yang lebih tinggi, namun untuk laptop di pangkas lebih rendah guna memberikan konsumsi daya yang lebih efisien.

Bagaimana cara cek spesifikasi prosesor yang saya gunakan?

Dengan mudah bisa melalui DXDIAG (Start – ketik ‘dxdiag‘ – tekan Enter) atau menggunakan software seperti CPU-Z. Atau agar lebih rinci bisa dengan search di website Intel langsung tipe prosesor yang kamu gunakan.

Dari waktu ke waktu prosesor semakin di kembangkan ke versi yang semakin canggih. Arsitektur dari waktu ke waktu pun sudah berbeda, sebagai contoh sekarang ini sebagian prosesor berarsitektur Haswell, sebelumnya ada Ivy Bridge dan sebelumnya lagi ada Sandy Bridge.

Nah demikianlah penjelasan umum perbedaan Core i3, i5 dan i7 pada prosesor komputer atau laptop. Pada dasarnya pemilihan prosesor baik pada komputer atau laptop hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu pertimbangan memilih jenis prosesor juga diimbangi dengan tipe kartu grafis atau VGA yang digunakan untuk performa yang lebih maksimal.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88