DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
RezekibolaAsianpoker88

Pengertian Robots.txt, Mengenal Fungsinya di Dunia Blogging / Webmaster

Pengertian Robots.txt, Mengenal Fungsinya di Dunia Blogging

Pengertian Robots.txt, Mengenal Fungsinya di Dunia Blogging / Webmaster – Untuk teman – teman Blogger dan Webmaster pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya robots.txt. Meskipun demikian, pada kenyataannya tidak semuanya mengerti betul apa itu robots.txt dan apa fungsinya bagi situs atau website.

Pengertian robots.txt

Setiap hari situs web akan di rayapi oleh Googlebot, tujuannya adalah untuk melakukan indeks laman, cek perubahan laman dan lain sebagainya. Lalu apa hubungannya dengan robots.txt? ternyata Googlebot ini sebelum merayapi semua laman situs akan terlebih dahulu mengakses file robots.txt.

Dari sini Googlebot tahu elemen situs mana saja yang mereka tidak boleh rayapi. Jadi jika Googlebot menemukan sebuah link yang tidak boleh di rayapi maka dia akan mengabaikannya dan melanjutkan ke link lain yang di perbolehkan untuk di rayapi.

Pokermas99 Pokermas88

Fungsi robots.txt

Fungsi utama dar robots.txt bagi pemilik situs web atau blog adalah untuk memberitahu elemen situs (link / url) mana saja yang tidak boleh di rayapi, di indeks dan di akses oleh Googlebot. Jadi kamu memasukkan link laman yang tidak ingin tidak di rayapi oleh Googlebot dengan perintah Disallow.

Pengertian Robots.txt, Mengenal Fungsinya di Dunia Blogging / Webmaster

Contoh

Apakah setiap situs / blog butuh file robots.txt?

Jawabannya adalah Tidak

Jika pada sebuah situs ingin agar semua lamannya dapat terindeks mesin pencari maka robots.txt tidak lagi di perlukan. Googlebot akan tetap merayapi laman situs meskipun tidak ada file robots.txt, artinya Googlebot dapat bebas merayapi semua elemen situs.

Yang Google tekankan adalah pastikan robots.txt tidak memblokir Googlebot

Kenapa memodifikasi file robots.txt perlu hati – hati adalah kalau sampai salah, memungkinkan situs kamu tidak dapat di akses oleh Google dan Googlebot pun tidak dapat merayapi situs kamu. Seperti contoh di Blogger, akan di tampilkan peringatan ketika kamu mengakses opsi file robots.txt.

Kesalahan pengambilan Robots.txt dapat kamu lihat di Search Console, kesalahan disini bisa terjadi karena 2 hal. Pertama adalah karena ada kesalahan saat kamu edit robot.txt dan yang kedua adalah kesalahan karena tidak adanya file robot.txt di situs kamu.

Lalu bagaimana cara membuat file robots.txt?

Untuk Blogger atau Blogspot sudah ada opsinya sendiri, kamu tinggal aktifkan saja. Sedangkan di WordPress kamu dapat memanfaatkan plugin, silahkan search plugin dengan kata kunci robots.txt. Good luck !

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88