DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
BandarMuPokerBeb

Fungsi, Pengertian dan Pertanyaan Apa Itu Backlink

Fungsi, Pengertian dan Pertanyaan Apa Itu Backlink

Halo, kali ini kita akan membahas mengenai backlink, dalam hal ini backlink dalam ruang lingkup blogger.

Rezekibola Asianpoker88

Pengertian dan Penjelasan Backlink

Bila diterjemahkan dari segi kata, back artinya kembali dan link adalah alamat situs (contoh: www.uceng999.com/bla-bla-bla.html). Jadi backlink adalah adalah tautan atau link yang mengarah ke situs atau blog kita sendiri. Mengarah dari mana? ya dari situs lain. Lalu bagaimana menaruh link di situs dan website orang lain? nah itulah yang dinamakan strategi backlink.

Contoh blogger dalam melakukan strategi backlink

Pokermas99 Pokermas88

Pada sebuah forum tanya jawab yang populer di Yahoo Answer, ada seseorang menanyakan “bagaimana cara membuat blog?” nah karena si blogger mempunyai artikel mengenai “cara membuat blog” maka dia menjawab pertanyaan di komunitas tersebut dan menambahkan link posting mengenai “cara membuat blog”. Cara menambahkan link bermacam-macam ada yang langsung pada kolom komentar ada yang melalui kolom “Sumber”. Backlink tidak harus berupa link URL posting saja namun bisa juga URL domian seperti www.uceng999.com.

Apa manfaat dan fungsi backlink?

Dilihat dari pengertian dari backlink maka fungsinya adalah untuk meningkatkan trafik pengunjung blog dan meningkatkan popularitas sebuah blog. Dengan demikian sebuah blog akan ramai pengunjung dan akan menaikan pagerank sebuah blog. Pagerank merupakan peringkat sebuah blog secara global (dunia) maupun ID (di negara sendiri), tools yang umum digunakan untuk mengukur pagerank adalah di www.alexa.com.

Macam dan Jenis Backlink

Menurut saya hanya ada dua kategori backlink, yaitu backlink natural/murni dan backlink buatan.

  • Backlink natural/murni adalah link yang berada di situs orang lain namun bukan kita yang menaruhnya melainkan pembaca atau pihak lain yang merasa bahwa artikel kita bermanfaat dan perlu di share. Misal anda membaca artikel saya di www.uceng999.com/bla-bla-bla.html kemudian ada seseorang di Facebook menanyakan “bagaimana cara bla bla bla” kemudian anda menjawab ini itu dan menyuruh dia mengunjungi www.uceng999.com/bla-bla-bla.html supaya lebih jelasnya.
  • Backlink buatan adalah link yang sengaja dibuat dan ditautkan oleh si pemilik blog atau pihak lain yang sengaja ingin meningkatkan popularitas/trafik blog. Misal submit artike ke sosial bookmark kemdian berkomentar di blog orang lain dengan menaruh link ke blog sendiri.

Apakah backlink itu baik?

Tentu baik jika backlink itu natural dan biarpun tidak natural namun dilakukan sewajarnya saja. Wajar maksudnya jangan terlalu sering menaruh backlink di situs lain karena akan dianggap spam oleh Google.

Bagaimana melihat jumlah backlink yang sudah kita tanamkan?

Meskipun ada beberapa cara, namun anda bisa menggunakan cara berikut: menggunakan Webmaster/Search Console masuk ke Lalu Lintas Penelusuran – Tautan ke Situs Anda. Untuk lebih jelasnya bisa lihat di SINI.

Contoh cara strategi backlink

Bisa baca artikel simpel saya sebelumnya mengenai 2 contoh cara menanam backlink.

Jenis situs yang bisa dimanfaatkan untuk backlink

  • Situs Dofollow (diikuti) adalah situs yang apabila kita menaruh link di dalamnya maka mesin pencari akan menelusuri link tersebut dan mengarah ke sumber link.
  • Situs Nofollow (tidak diikuti) adalah situs yang apabila kita menaruh link di dalamnya maka link tersebut akan di abaikan mesin pencari.
  • Situs yang memiliki kesamaan isi atau relevansi.

Jadi baiknya menanam backlink pada situs Dofollow, perbedaan dofollow dan nofollow terletak pada boleh tidaknya robot mesin pencari menelusuri link tersebut. Untuk mencari situs yang dofollow anda bisa mencari di internet dengan keyword “backlink dofollow”.

Kesimpulan tentang backlink

Backlink merupakan sesuatu yang penting namun bukanlah yang utama bagi seorang blogger, karena tugas utama seorang blogger adalah menyajikan konten artikel yang berkualitas dan kaya kan informasi. Backlink natural lebih baik dan lebih aman, namun jika tidak memungkinkan maka lakukan strategi backlink dengan tidak berlebihan. Bisa mencoba seminggu dua atau 3 kali dan jangan terlalu banyak link. Saya kira itu saja penjelasan seputar backlink, semoga membantu.

Vimax Canada

2 Comments

Add a Comment
  1. Kalo mau nambah baclink gimana sih kak yang cepet, kata temen suruh baclinknya banyak biar webnya di posisi 1 google, susah yah belajar beginian, bisa bantu banyakain backlink kewebku gak kak tas-sista.com

    1. Backlink sebenarnya bertahap ya, contoh bisa kita lihat pada layanan SEO, paling tidak mereka butuh 3 bulan untuk memposisikan sebuah website pada posisi teratas mesin pencari pada kata kunci yang di bidik.

      Selain itu tak selalu setiap website bisa menduduki posisi pertama, karena bergantung dari tingkat persaingan kata kunci juga, umur web juga berpengaruh terhadap peringkat di mesin pencari.

      Yang bisa di lakukan adalah membangun backlink secara bertahap dengan kata kunci yang di bidik, misal ‘jual tas murah’. Bisa dengan mencoba mencari baclink dari topik serupa serta PR tinggi dan anchor text sesuai keyword yang di target. Kalau di jelaskan detail jadi panjang banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88