DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei

Pengertian Domain dan Hosting

Rezekibola Asianpoker88

pengertian domain dan hosting

Pengertian Domain dan Hosting – Apa sih yang di maksud domain dan hosting? seperti apa contoh dan bentuknya ya? Pasti belum ada gambaran sama sekali bagi teman – teman yang memang masih belum familiar dengan yang namanya domain dan hosting bukan?

Domain dan hosting merupakan bagian dari pembangun website, dalam artian website/blog/situs tidak akan dapat berdiri tanpa ada yang namanya domain dan hosting. Yuk mari kita pelajari lebih lanjut penjelasan domain dan hosting.

Pengertian Domain dan Contohnya:

Domain disebut juga nama unik, contohnya blog ini namanya www.uceng999.com atau http://uceng999.com atau http://www.uceng999.com adalah sama yaitu nama domainnya adalah uceng999.com.

Pokermas99 Pokermas88

Baik dengan/tanpa http dan www tetap bisa di akses dan tampil tidaknya www di adress bar browser anda itu tergantung dari pengaturan yang di lakukan pemilik website.

Sebenarnya nama domain ini adalah pengganti angka IP yang mengarah pada suatu server, jadi lebih mudah menyebut domain dengan uceng999.com bukan dari pada 182.253.238.209?

Kenapa akhiran domain berbeda – beda?

Pengertian Domain dan Hosting

Akhiran domain disebut juga ekstensi domain contoh .com .net .co.id .org dan masih banyak lagi lainnya. Lalu sebenarnya apa sih maksud dari variasi ekstensi domain tersebut?

  1. domain.edu – ditujukan untuk situs web untuk kepentingan pendidikan.
  2. domain.org – ditujukan untuk situs web kepentingan organisasi
  3. domain.co.id – diperuntukan untuk situs web perusahaan di Indonesia
  4. domain.id – ditujukan untuk situs web Indonesia
  5. domain.go.id – diperuntukan untuk situs pemerintahan
  6. domain.ac.id – diperuntukan untuk organisasi kampus/universitas
  7. dll

Nah beberapa jenis ekstensi domain di atas merupakan contoh saja, namun secara umum orang lebih suka menggunakan domain.com karena memang lebih umum dan familiar. Lalu apakah saya boleh menggunakan domain.co.id untuk membuat website non perusahaan? tentu saja boleh dong dan tidak ada keharusan ekstensi domain harus sesuai dengan jenis website.

Dimana dan bagaimana cara mendapatkan domain?

Domain dapat anda beli atau lebih tepatnya anda sewa pada beberapa penyedia layanan domain dan hosting seperti Idwebhost.com, Niagahsoter.co.id, Teamworks.co.id dan masih banyak lagi lainnya.

Harga setiap ekstensi domain itu berbeda – beda ya? misal domain.com pasti harganya berbeda dengan domain.id, selengkapnya mengenai informasi harga anda dapat mengunjungi salah satu situs penyedia domain dan hosting diatas.

Domain kita sewa pertahun dan harus di perpanjang jika domain anda tetap ingin diakses, jadi tidak sekali beli ya? nah harga domain umumnya sama dan biarpun berbeda pasti sedikit tergantung dari promo dan kebijakan perusahaan layanan domain dan hosting. Misal saja domain.com rata – rata harganya adalah 120 ribu namun ada juga yang yang 110 ribu dan mungkin ada yang lebih murah lagi.

pengertian domain dan hosting

Contoh membeli domain di Idwebhost.com

Yang perlu diperhatikan disini adalah tidak ada nama domain yang sama persis atau dobel di internet, jadi misal sudah ada situs youtube.com maka anda tidak bisa membeli domain tersebut dan anda harus memakai nama/ekstensi domain lain misal youtube.co.id atau youtube.ac.id dan lain sebagainya.

Perbedaan Domain dan Subdomain

  • Domain atau Top Level Domain atau domain Induk contoh: uceng999.com
  • Subdomain atau anak domain contohnya: gadget.uceng999.com

Pengertian Hosting dan Contohnya:

Hosting atau Web Hosting adalah komputer server tempat anda menampung semua file web yang anda buat/upload, lalu seperti apa file web tersebut?

Contoh saja olx.co.id, maka mulai dari foto gambar produk, desain web, informasi akun, serta halaman – halaman di dalamnya membutuhkan ruang penyimpanan dan disimpanlah di komputer server. Jika komputer server mengalami eror/mati/down tentu saja pengunjung situs tersebut tidak bisa mengakses halaman olx.co.id.

Jika anda enggan membuat server sendiri maka anda dapat memanfaatkan layanan webhosting yang sudah saya sebutkan di atas. Jadi sama seperti membeli/sewa domain anda di kenakan biaya perpanjangan setiap periode tertentu misal 3 bulanan, 6 bulanan atau umumnya 1 tahun.

Lalu, apakah hosting memiliki kapasitas?

Tentu saja “Iya”, secara umum kapasitas hosting dibagi menjadi kapasitas penyimpanan (disk space) dan kuota bandwidth.

  • Kapasitas penyimpanan adalah memori yang di berikan penyedia layanan kepada anda misal 500 MB, 1 GB atau Unlimited.
  • Kuota Bandwidth adalah transfer data internet yang digunakan pengunjung situs web. Jadi misal situs anda ketika di loading berukuran 100 KB maka jika anda 1.000 orang mengakses situs anda maka situs anda menghabiskan bandwidth 100.000 KB atau 100 MB.

Bagaimana jika space/kapasitas hosting habis/penuh?

Tentu saja anda harus upgrade ke paket yang lebih tinggi karena hosting itu ada paket sesuai kebutuhan dan juga dengan harga yang berbeda pula. Jika anda tidak meng-upgrade maka situs anda bisa di suspend oleh penyedia layanan web hosting dan tidak bisa diakses. Contoh saja blog ini dengan situs YouTube tentu saja spesifikasi hosting yang di gunakan berbeda. Berikut contoh paket web hosting:

pengertian domain dan hosting

Contoh perbandingan paket hosting di Niagahoster.co.id

Mudahnya semakin besar sebuah situs web maka paket hosting yang di butuhkan lebih besar.

Lalu apa saja sih jenis web hosting?

  1. Shared Hosting: Satu komputer server di gunakan untuk banyak pengguna.
  2. VPS: Mudahnya satu komputer digunakan oleh banyak pengguna namun tidak sebanyak Shared Hosting.
  3. Dedicated Server: Satu komputer server hanya digunakan oleh satu orang saja.

Kenapa harga hosting berbeda – beda?

Meskipun fungsinya sama kenapa harga hosting itu berbeda – beda ya?

  1. Tergantung dari kebijakan perusahaan
  2. Tergantung dari jenis paket yang anda pilih
  3. Tergantung dari spesifikasi resource hosting (sumber daya: RAM, CPU dll)

Macam server hosting

Ada beberapa lokasi server hosting diantaranya server USA, Singapore dan Indonesia. Semakin jauh lokasi server anda maka semakin lambat situs tersebut untuk di akses (lambat: sepersekian detik).

Baca juga: Penjelasan dan Perbedaan Server USA, Singapore dan Indonesia

Misal saja anda yang berada di Indonesia dengan seseorang yang berada di Amerika dan sama – sama mengakses Google.com yang memiliki server di USA maka orang yang berada di Amerika lebih cepat aksesnya dari anda pada kecepatan data internet yang sama.

Jadi jika anda membuat website yang mayoritas di akses oleh orang Indonesia maka anda dapat memilih server Indonesia saat membeli hosting, jika mayoritas pengunjung anda berasal dari negara – negara di Asia maka anda dapat memilih lokasi server Singapore dan lain seterusnya.

Kesimpulannya:

Domain merupakan alamat dari sebuah situs web sedangkan hosting adalah tempat file dari web tersebut disimpan. Seperti anda ketika sedang membaca artikel ini, tahukan anda bahwa artikel ini disimpan di hosting yang saya gunakan? :)

Demikian penjelasan serta Pengertian Domain dan Hosting semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua khususnya tentang domain dan web hosting.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88