DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
BandarMuPokerBeb

Pengertian dan Manfaat CDN (Content Delivery Network)

Pengertian dan Manfaat CDN (Content Delivery Network)

Pengertian dan Manfaat CDN (Content Delivery Network) – Bagi teman – teman yang saat ini tengah mengelola blog atau website pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya CDN. Nah lalu apa sih CDN itu dan apa fungsinya bagi sebuah situs web? Nah pada kesempatan ini saya ingin membahas seputar pertanyaan tersebut.

Rezekibola Asianpoker88

Baca juga: Cara Mempercepat Loading dari cPanel

Pengertian CDN (Content Delivery Network)

CDN adalah jaringan pengiriman konten web oleh server yang memiliki posisi paling dekat dengan pengguna. CDN memiliki client server yang tersebar di seluruh penjuru dunia. CDN akan otomatis menyimpan cache dari sebuah situs web, membuat konten web lebih cepat di akses karena di kirim oleh lokasi server yang paling dekat dengan si pengguna.

Karena cache website di simpan di server klien CDN maka meskipun hosting server yang anda gunakan sedang down kemungkinan website tersebut masih bisa di akses dengan memanfaatkan cache di server CDN. Namun kekurangannya adalah jika server CDN down maka website anda tidak bisa di akses meskipun hosting anda tidak down.

Pokermas99 Pokermas88

Pengertian dan Manfaat CDN (Content Delivery Network)

Nah seperti terlihat pada gambar di atas, untuk gambar komputer yang paling besar merupakan server asli dari website yang user akses. Kemudian gambar komputer kecil – kecil di tengah adalah server client dari CDN yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

Tentunya jika user mengakses konten ke server utama (garis 1) tanpa CDN tentunya waktu akses lebih lama karena jarak server yang jauh. Sedangkan jika menggunakan CDN maka konten di kirim melalui server CDN yang lokasinya paling dekat dengan user (garis 2).

Misal saja saya dari Indonesia mengakses konten website yang memiliki server asli di Amerika, namun karena website tersebut menggunakan CDN maka bukan server dari Amerika yang akan melayani request saya, namun yang paling dekat misal server di Singapore.

Manfaat CDN (Content Delivery Network)

  • Dapat memberikan akses yang lebih cepat untuk pengguna karena akan di layani oleh server terdekat
  • Jika sebagian besar pengunjung situs tersebut dilayani oleh server CDN, maka beban server asli menjadi lebih ringan
  • Loading website terasa lebih cepat
  • Sangat dibutuhkan oleh website dengan pengunjung dari seluruh dunia

Jika saya punya blog/website, haruskah saya menggunakan CDN?

  • Jika mayoritas lokasi atau target pengunjung situs anda jauh dari lokasi server yang anda gunakan maka sebaiknya anda menggunakan CDN
  • Jika situs anda memiliki target dari berbagai penjuru dunia, maka penggunaan CDN saya rasa wajib hukumnya

Biasanya pada server hosting melalui kontrol cPanel sudah disediakan menu CDN dari CloudFlare. Jika tidak sebenarnya anda sendiri dapat mendaftar di CloudFlare untuk menikmati layanan CDN. Tenang saja, teman – teman bisa pilih layanan yang gratis kok. Meskipun gratis performanya tetap bagus namun ada beberapa fitur yang tidak di ikut sertakan seperti fitur keamanan.

Baca juga: Perbedaan Server Indonesia, Singapore dan US di Hosting

Saya sarankan jika teman – teman ingin menggunakan CDN, simak dulu beberapa pengalaman pengguna di internet misal di forum diskusi. Cari tahu terlebih dahulu dampak negatif dan kekurangan dari penggunaan CDN tersebut. Demikian penjelasan seputar CDN semoga bermanfaat dan membantu.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88