DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
RezekibolaAsianpoker88

Pengertian CPC CPM CPA CTR CPL CPS: Iklan Internet

Pengertian CPC CPM CPA CTR CPL CPS: Iklan Internet – Seringkali kita masih di bingungkan dengan beberapa istilah dalam periklanan di internet di antaranya yang sudah saya sebutkan di dalam judul artikel ini. Meskipun demikian yang paling sering di dengar adalah CPC, CPM, CPA dan CTR yang mungkin sering anda liat pada beberapa situs penyedia layanan periklanan di internet.

Baca juga: Beberapa Jenis Iklan di Blog Yang Bisa Anda Coba

Terutama bagi pemilik situs atau blog sangat penting memilih jenis iklan di blog mereka, hal ini bertujuan untuk menentukan jenis iklan mana yang sebaiknya mereka pasang agar sesuai dan mendapatkan keuntungan paling tinggi. Nah berikut ini saya mencoba menjelaskan pengertian Pengertian CPC CPM CPA CTR CPL CPS beserta contoh real teknisnya bagaimana.

Pengertian CPC CPM CPA CTR CPL CPS Iklan Internet

Pokermas99 Pokermas88

Pengertian CPC CPM CPA CTR CPL CPS: Iklan Internet

1. Pengertian CPC/PPC

CPC adalah singkatan dari Cost Per Click atau biaya dari satu klik iklan, jadi dengan demikian kita tahu berapa sih harga satu klik yang di lakukan pengunjung. Lalu apa perbedaannya CPC dengan PPC? menurut saya CPC itu di dalam lingkup dari PPC, jadi PPC adalah Pay Per Click adalah jenis iklan yang membayar kita jika ada pengunjung situs yang klik iklan yang kita pasang.

Sedangkan CPC adalah menunjukan berapa harga per satu klik iklan, jadi misal di KlikSaya.com sebuah iklan memiliki CPC seharga Rp.600 maka belum tentu kita dibayar Rp.600 per klik. Karena harga tersebut adalah harga yang di tawarkan kepada si advertiser/pengiklan bukan besarnya bayaran publisher, jadi nanti Rp.600 tersebut di bagi untuk anda sebagai publisher dan penyedia layanan iklan (KlikSaya) tersebut. Mungkin anda hanya mendapatkan <100 sampai 200 sekian rupiah.

2. Pengertian CPM

CPM adalah Cost Per Mile adalah jenis iklan yang membayar kita per 1.000 tayangan/impresi iklan. Contoh iklan CPM adalah iklan Pop Under dimana pengunjung akan di arahkan ke laman pop up jika klik bagian manapun dalam situs web/blog. Contoh penyedia layanan Iklan Pop Under paling terkenal adalah Pop Cash, Yllix dan Pop Ads. Contoh iklan CPM lainnya adalah shorten link seperti di Adf.ly dab Shorte.st.

Harga yang di bayarkan kepada kita setiap 1.000 tayangan iklan adalah berbeda – beda namun kurang lebih adalah $1, hal tergantung dari IP pengunjung berasal. Jadi pengunjung yang berasal dari negara Indonesia dibandingkan pengunjung dari negara USA pasti harganya berbeda dan lebih mahal untuk pengunjung dari luar negeri.

Maka dari itu jika anda sebagai publisher iklan CPM pasti akan tertera berapa rate iklan setiap harinya, misal hari ini rate iklan adalah $0,7 berarti harga per 1.000 tayangan adalah $0,7. Harga ini berubah – ubah setiap harinya hal ini bergantung darimana pengunjung blog anda datang, misal dari luar negeri semua pasti ratenya tinggi mungkin bisa mencapai diatas $2.

Namun yang perlu anda perhatikan disini jika anda sebagai publisher adalah jumlah perhitungan impresi belum tentu sama dengan trafik asli situs anda. Misal anda memiliki blog dengan total pengunjung harian 1.000 UV dan 2.000 PV maka jangan berharap bahwa anda akan mendapatkan 1.000 impresi setiap harinya, saya kira paling hanya sekitar 100 – 300 impresi. Kenapa demikian? silahkan anda coba baca pada artikel saya sebelumnya: Mengapa Jumlah Impresi Pop Under Berbeda Dengan Trafik Asli?

3. Pengertian CPA

CPA adalah Cost Per Action atau jenis iklan yang membayar kita setiap ada pengunjung yang mengikuti instruksi dari iklan tersebut misal melakukan poling, kemudian menjawab pertanyaan/survey dan lain sebagainya. Jenis iklan seperti ini sangat jarang sekali diminati oleh publishers.

4. Pengertian CTR

CTR adalah Cost Through Rate yaitu perbandingan antara jumlah klik dengan total tayangan laman. CTR biasa di tampilkan di dalam dasbor akun publishers seperti contoh gambar di bawah ini laporan dari KlikSaya tanggal 29 September 2015:

Pengertian CPC CPM CPA CTR CPL CPS Iklan Internet

Berdasarkan gambar di atas CTR: 0,56 dengan iklan tampil sebanyak 1.246 dan hanya mendapatkan 7 klik. Jadi perhitungan CTR adalah (Klik ; Tampil) x 100 jadi (7 : 1.246) x 100 = 0,56179xxx. Sangat kecil bukan jumlah klik dan bayarannya? :(

5. Pengertian CPL

CPL adalah Cost Per Lead atau jenis iklan yang membayar anda jika ada seseorang yang mendaftar melalui iklan anda. Atau lebih populer di sebut dengan referal atau downlink, jadi seseorang mendaftar/membeli melalui link/iklan yang anda pasang di situs anda.

6. Pengertian CPS

CPS adalah Cost Per Sale atau jenis iklan yang membayar anda membagi keuntungan setiap produk yang di beli dari link iklan anda. Misal sebagai contoh ada pengunjung yang membeli sebuah produk melalui iklan di blog anda dengan harga 100 ribu, mungkin saja anda mendapatkan komisi 30 ribu atau sesuai ketentuan periklanan.

Baca juga: Iklan Mandiri, Cara Efektif Mendapatkan Uang Dari Situs/Blog

Memang mendapatkan penghasilan dari jenis iklan di atas mungkin bagi sebagian orang hasilnya relatif kecil, dengan trafik ribuan pengunjung paling tidak kita hanya mendapatkan ribuan rupiah saja. Dan diantara banyak iklan di atas yang paling saya rekomendasikan adalah iklan CPM Pop Under karena memang penghasilannya lebih banyak, anda bisa mencoba Pop Cash. Demikian Pengertian CPC CPM CPA CTR CPL CPS: Iklan Internet semoga bermanfaat dan terimakasih sudah meluangkan waktu berkunjung ke blog ini.

Vimax Canada

2 Comments

Add a Comment
  1. wah terimakasih kali mas atas penjelasannya untuk pemula seperti saya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88