DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei

Pengertian Apa Itu Backlink Pada Blog Atau Website

Pengertian Apa Itu Backlink Pada Blog Atau Website

Pengertian Apa Itu Backlink

Pengertian Apa Itu Backlink Pada Blog Atau WebsiteBacklink adalah back artinya kembali dan link adalah alamat situs. Jadi backlink adalah adalah tautan atau link yang mengarah ke situs atau blog kita sendiri yang di tautkan di situs lain. Kemudian kegiatan untuk mencari dan menautkan backlink ke situs lain disebut juga backlink building atau link building.

Kategori Macam dan Jenis Backlink

Rezekibola Asianpoker88

Sebenarnya ada backlink gratis dan ada yang berbayar, untuk yang berbayar tentu saja kita menghubungi jasa SEO atau khususnya backlink untuk membayar sekian rupiah untuk sekian banyak backlink. Kalau untuk backlink gratis diantaranya ada 2 kategori berikut:

1. Backlink Natural

Adalah link yang berada di situs orang lain namun bukan kita yang menaruhnya melainkan pembaca atau pihak lain yang merasa bahwa artikel kita bermanfaat, perlu di share dan di rekomendasikan. Jadi untuk mendapatkan backlink natural adalah harus fokus kepada kualitas artikel di dalam blog, sehingga mendapat apresiasi dari pengunjung blog.

Pokermas99 Pokermas88

2, Backlink Buatan/Manual

Adalah link yang sengaja dibuat dan ditautkan oleh si pemilik blog atau pihak lain yang sengaja ingin meningkatkan popularitas/trafik blog dengan menaruh link pada situs lain. Jenis dan cara membuat backlink manual antara lain:

  • Media Sosial, yaitu dengan membuat fanspage atau share link artikel ke situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Akan lebih baik jika anda membuat fanspage dan share link artikel setiap anda membuat posting baru. Meskipun media sosial bukan blog dofollow namun kita tahu bahwa media sosial tempat berkumpulnya orang-orang banyak secara online, hal ini memungkinkan link kita mendapatkan trafik dari situs media sosial.
  • Melalui Forum, ikutlah bergabung dalam forum apa saja yang memungkinkan kita menaruh link disana. Misal saja di Yahoo Answer, kita bisa menjawab pertanyaan orang lain yang satu topik dengan blog kita dan kemudian kita menyertakan link blog kita pada sumber jawaban kita.
  • YouTube, dengan cara mengunggah video yang relevan dengan artikel blog kita dan kita sertakan link menuju artikel yang relevan dengan video tersebut pada bagian deskripsi video.
  • Blog Walking, yaitu dengan kita mengunjungi blog-blog lain yang mengijinkan kita untuk bisa berkomentar dengan Name/URL atau diperbolehkan menaruh link aktif (anchor text). Kunjungi dan berkomentarlah pada blog yang memiliki topik yang relevan dengan blog kita.
  • Tukar Link, adalah dengan mengajak blog lain untuk mau bertukar backlink dengan blog kita. Caranya adalah dengan menghubungi pemilik blog tersebut.
  • Penulis Tamu, adalah kita menulis artikel di blog atau website lain dan menyertakan link yang mengarah ke blog kita.
  • Dummy Blog, atau sering disebut juga backlink dummy adalah blog yang dibuat hanya untuk memberikan link yang mengarah ke blog kita. Jadi blog tersebut hanya di manfaatkan untuk membangun link saja. Dummy Blog bisa dibuat dengan cara membuat blog di blog gratisan lainnya seperti di wordpress, blogdetik dan lain sebagainya.

Cara Membuat Backlink Berkualitas

Memilih Situs Dofollow

Situs dofollow atau disebut juga backlink dofollow, yaitu situs situs yang apabila kita menaruh link di dalamnya maka mesin pencari akan menelusuri link tersebut dan mengarah ke sumber link.

Baca Juga: Perbedaan Dofollow dan Nofollow

Memilih Situs Pagerank (PR) Tinggi

Pagerank adalah ranking sebuah situs, ada 2 tools pagerank yang menjadi acuan saat ini yaitu Google Pagerank dan Alexa Pagerank. Cara pandang search engine seperti ini, misal anda menaruh backlink di situs A yang mempunyai PR tinggi. Kita tahu bahwa situs dengan PR tinggi sudah menempati posisi tersendiri di mata search engine. Kemudian situs A tersebut seolah-olah menautkan link blog anda di situsnya. Tentu saja search engine menganggap blog anda menjadi blog rekomendasi dari situs A. Dalam artian berarti blog anda dianggap memiliki kualitas konten yang bagus.

Melihat Relevansi Konten Blog

Search engine saat ini sudah semakin mutahir, mereka bisa tahu mana blog yang memiliki konten yang sama atau relevan dan mana yang tidak. Hal ini perlu anda perhatikan dan jangan asal menaruh backlink baik backlink komentar, tukar backlink, atau menjadi penulis tamu. Backlink yang memiliki relevansi konten di dalamnya akan mendapatkan nilai lebih dari search engine.

Backlink Natural

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, untuk mendapatkan backlink natural kita harus menyajikan konten yang benar-benar berkualitas agar pengunjung blog tertarik untuk men-share artikel kita.

Tukar Backlink

Meskipun cara ini dianggap susah namun backlink jenis ini sangat bagus. Jadi caranya begini, cari blog dengan niche atau tema blog yang sama dan bisa juga blog kompetitor anda di search engine. Kontak atau hubungi mereka dan ajak mereka untuk bertukar backlink dengan blog anda. Meskipun sering kali kita di abaikan dan jarang ada balasan dari blog tersebut namun ada baiknya kita tetap berusaha dan rayulah mereka.

Menjadi Penulis Tamu

Banyak sekali blog-blog besar menerima penulis tamu dan memperbolehkan menaruh backlink di dalamnya, alasannya adalah mereka ingin semakin memperkaya konten di dalam blog-nya. Walaupun kesannya berat untuk menulis satu artikel demi satu backlink, namun jika anda memilih blog dengan PR tinggi maka akan sangat berbobot sekali backlink yang satu ini.

Cara Cek Atau Melihat Jumlah Backlik Blog Sendiri

Meskipun banyak sekali tool yang digunakan untuk melihat backlink pada sebuah blog, namun untuk blog sendiri saya rekomendasikan untuk menggunkan Search Console, caranya:

  1. Login dulu ke Search Console
  2. Pilih blog anda dan klik
  3. Pada dashboard salah satu blog anda pilih menu Lalu Lintas Penelusuran – Tautan ke Situs Anda
  4. Selesai

Tentu saja hasilnya akan berbeda dibanding jika anda menggunakan tools lain, karena di Search Console akan lebih akurat dan mereka menghitung semua jumlah link yang mengarah ke blog kita.

Manfaat Backlink – ada banyak sekali manfaat dari backlink, diantaranya:

  • Meningkatkan Trafik secara langsung maupun tidak langsung.
  • Meningkatkan popularitas blog di mata search engine.
  • Karena blog di anggap populer maka artikel di dalam blog tersebut bisa dengan mudah muncul di laman pertama SERP, laman pertama SERP berpotensi besar mendapat klik dari pengunjung dan kembali lagi dapat meningkatkan trafik blog.

Baca Juga: 12 Sumber Backlink Wajib Untuk Blogger

Sebaik-baiknya backlink adalah backlink natural, biarpun tidak natural maka berusahalah untuk terlihat natural di mata search engine dengan cara membangun backlink secara wajar dan tidak berlebihan. Backlink yang berlebihan tidak akan berdampak baik bagi sebuah blog atau website malah justru sebaliknya. Demikian artikel mengenai Pengertian Apa Itu Backlink Pada Blog Atau Website, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung ke blog ini.

Vimax Canada

4 Comments

Add a Comment
    1. Ya, sama – sama :)

  1. Kalo Buat Blog Dummy Apakah Bagus Juga Gan.?? thanks..

    1. Bagus gan, tapi lebih bagus perbanyak konten di web agan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88