DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
RezekibolaAsianpoker88

Mengendarai Motor Baru Tanpa STNK & Plat Nomor Keluar Kota? Amankah Dari Tilang Polisi Lalu Lintas?

Mengendarai Motor Baru Tanpa STNK

Ayo Siapa Berani Tilang Saya?

Mengendarai Motor Baru Tanpa STNK & Plat Nomor Keluar Kota? Amankah Dari Tilang Polisi Lalu Lintas? – Tentunya bagi anda yang membeli motor baru dan segera ingin memakainya untuk mungkin bekerja atau keluar kota pasti bertanya – tanya tentang permasalahan ini. Aman tidak sih mengendarai motor baru tanpa STNK dan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor)? Nah mari kita simak dulu beberapa penjelasan berikut ini:

Hukum mengendarai motor baru tanpa STNK dan Plat Nomor (TNKB)?

Sebelum kita membahas praktek di lapangannya bagaimana, mari kita simak dulu hukum dari mengendarai motor tanpa STNK dan Plat Nomor yang berikut ini:

Hukum mengendarai kendaraan bermotor tanpa STNK

  • Pasal 288 UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UULLAJ)

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (5) huruf a dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).”

Jadi mengendarai kendaraan bermotor tanpa STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), merupakan tindakan pidana yang bisa kena sanksi atau tilang polantas. Lalu bagaimana jika mengendarai kendaraan bermotor tanpa Plat Nomor (TNKB)?

Pokermas99 Pokermas88

Hukum mengendarai kendaraan bermotor tanpa Plat Nomor (TNKB)

  • Pasal 280 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UULLAJ)

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).”

Kesimpulannya jika kita mengendarai motor baru tanpa STNK dan Plat Nomor maka kita sudah melakukan tindak pidana 2 pasal sekaligus, hal ini berlaku untuk motor baru ataupun tidak baru. Jadi bisa saja polisi lalu lintas melakukan penilangan dan menyitaan sepeda motor baru kita, hal ini berdasar Pasal 32 ayat (6) huruf a PP No. 80 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Nah sekarang kita sudah tahu kan hukumnya bagaimana? lalu bagaimana sih praktek dan pengalaman di lapangan teman – teman kita yang sudah mencoba mengendarai motor baru tanpa STNK dan TNKB di jalan raya? simak paragraf selanjutnya:

Mengendarai Motor Baru Tanpa STNK & Plat Nomor? Amankah Dari Tilang Polisi Lalu Lintas?

Saya menemukan sebuah artikel yang menarik sekali di blog pengalamants.blogspot.com mengenai pengalaman mengendarai kendaraan bermotor tanpa TNKB ke luar kota. Dimana kendaraan bermotor tersebut dilengkapi dengan STNK tahunan atau dikenal sebagai Surat Ketetapan Pajak dan Selembar Surat keterangan yang menjelaskan bahwa STNK 5 Tahunan masih dalam proses Pembuatan.

Diceritakan bahwa “dia” sempat mengalami pemberhentian oleh pak polisi sebanyak 3 kali di jalan Kota Bandung dan 2 kali di Kota Indramayu dan Kota Karawang. Lalu bagaimana di tilang apakah tidak? yuk kita lihat hasilnya dibawah ini:

  1. Pemberhentian pertama di Bandung (Aman/Peneguran)
  2. Pemberhentian kedua di Bandung (Aman/Peneguran)
  3. Pemberhentian ketiga di Bandung (Ditilang)
  4. Pemberhentian keempat di Indramayu (Aman/Peneguran)
  5. Pemberhentian kelima di Indramayu (Ditilang)

Kesimpulan dari pengalaman tersebut:

  • Surat keterangan STNK yang menyatakan bahwa STNK sedang dalam proses pembuatan tidak berlaku untuk semua petugas kepolisian. Jadi sebaiknya anda hanya menggunakan sepeda motor di wilayah penerbitan surat keterangan tersebut.
  • Jika TNKB resmi belum keluar, jangan biarkan Plat Nomor sepeda motor anda kosong, isilah dengan plat nomor sementara. Selain untuk mengurangi intensitas peneguran (oleh petugas) juga sebagai pengingat nomor kendaraan jika seandainya anda kehilangan Surat Ketetapan Pajak dan Surat keterangan STNK yang anda miliki.

Jadi sebaiknya jika ingin menggunakan motor baru kita ke luar kota atau ke pusat kota ada baiknya anda menunggu STNK dan TNKB kendaraan bermotor anda keluar. Demikian artikel mengenai Mengendarai Motor Baru Tanpa STNK & Plat Nomor Keluar Kota? Amankah Dari Tilang Polisi Lalu Lintas? semoga membantu.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88