DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
RezekibolaAsianpoker88

Memindahkan WordPress Dari Shared Hosting ke VPS Melalui Webuzo? Ini Permasalahan yang Sering Ditemui

Memindahkan WordPress Dari Shared Hosting ke VPS Melalui Webuzo Ini Permasalahan yang Sering Ditemui

Memindahkan WordPress Dari Shared Hosting ke VPS Melalui Webuzo? Ini Permasalahan yang Sering Ditemui  – Tentunya sudah ada banyak tutorial cara memindahkan blog atau situs website WordPress dari shared hosting ke server VPS yang bisa coba kamu praktekkan.

Pada dasarnya kamu akan lebih kompleks dalam mengelola virtual private server ini, jika di ibaratkan shared hosting adalah membeli rumah di perumahan yang mana kamu tinggal pakai dan mengisi perabotan saja, VPS di ibaratkan seperti membeli lahan kosong dan kamu harus menentukan sendiri bahan, cara membangun dan ingin di jadikan seperti apa server VPS kamu tersebut.

Namun sebenarnya ada beberapa permasalahan yang kamu mungkin alami yang terkadang tidak kamu duga – duga sebelumnya. Alhasil ketika kamu pointing domain ke VPS maka blog atau website kamu menjadi error, pastinya kamu akan sangat repot bukan?

Pokermas99 Pokermas88

Memindahkan WordPress Dari Shared Hosting ke VPS Melalui Webuzo? Ini Permasalahan yang Sering Ditemui (CenTOS, Nginx Web Server)

Berikut ini beberapa permasalahan yang sering di dalami saat migrasi situs WordPress dari shared hosting ke VPS centOS dengan server Nginx pada khususnya melalui salah satu kotrol panel populer yaitu Webuzo beserta solusi dan cara mengatasinya. Jika kamu belum menginstall Webuzo, ikuti tutorialnya disini.

Gagal upload database karena ukuran file terlalu besar

MySQL secara default membatasi ukuran upload database hanya 50 MB saja, meskipun pada prakteknya kamu bisa merubah batas limit tersebut. Sayangnya seringkali kamu gagal upload database meskipun ukuran filenya dibawah 50 MB. Permasalahan yang sering muncul adalah #2006 – MySQL server has gone away. Solusinya adalah dengan meng-export file melalui SSH VPS kamu, berikut caranya:

  • upload dulu secara manual file database.sql kamu di folder VPS misal menggunakan FTP, terserah mau di taruh dimana (contoh di: direktori /home/boncel/public_html)
  • selanjutnya silahkan login via SSH ke VPS kamu (bisa menggunakan PuTTY)
  • login ke mySQL dengan

mysql -u’namauser’ -p’password’

Contoh: mysql -uboncel -p123456

  • masuk ke database yang di maksud

use ‘namadatabase’

Contoh: use database1

  • download file database yang sudah di upload tadi, disini contoh nama databasenya adalah databaseblog.sql dan di upload sebelumnya di folder direktori /home/boncel/public_html

/home/boncel/public_html/databaseblog.sql

  • tunggu sampai prosesnya selesai

Webuzo Not Found 404 The requested URL was not found on this server

Error ini terjadi ketika kamu mengakses link artikel atau laman blog kamu, jadi hanya bisa masuk homepage saja. Mengapa ini bisa terjadi? adalah karena Nginx tidak mengenali adanya konfigurasi permalink yang pada sebelumnya ada di file .htaccess.

Sayangnya Nginx web server tidak bisa mengenali atau membaca isi file .htaccess ini jadi kamu perlu menambahkan rewrite pada virtual host nginx web kamu atau edit file mesin Nginxnya langsung seperti cara di bawah ini:

Cara 1

  • paste kode berikut di file common yang berlokasi di /usr/local/apps/nginx/etc/conf.d/common

location / {
try_files $uri $uri/ /index.php?q=$request_uri;
}

  • kamu bisa edit file common menggunakan WinSCP, karena tidak semua aplikasi bisa edit file tersebut, cara menggunakan WinSCP bisa lihat disini

Cara 2

Cara kedua ini adalah dengan mengedit file common via SSH VPS kamu, caranya:

  • login VPS via SSH
  • jalankan perintah vi /usr/local/apps/nginx/etc/conf.d/common lalu tekan Enter
  • tekan huruf ‘i‘ pada keyboard (perintah untuk Insert)
  • langsung paste kode di atas pada baris paling awal (cara paste tinggal klik kanan saja)
  • tekan Esc pada keyboard
  • pada keyboard kamu, tekan tombol Shift dan tahan lalu tekan tombol Z sebanyak 2X berturut – turut, lalu lepas tombol Shift
  • sekarang kamu sudah berhasil edit file common
  • selanjutnya restart Nginx dengan menjalankan perintah service nginx restart lalu tekan Enter di keyboard kamu

Tidak bisa upload gambar, install plugin, theme WordPress

Setelah berhasil memindahkan WordPress ke VPS, mungkin kamu akan mengalami gagal upload file, update plugin, upload theme dan lain sebagainya. Hal ini terjadi karena kamu tidak di ijinkan untuk memodifikasi website kamu, jadi akan di minta akses FTP, repot bukan?

Solusi cara mengatasinya adalah dengan menambahkan user ke server kamu, jadi user ini nantinya di perbolehkan memodifikasi atau menambahkan file apapun tanpa perlu meminta akses FTP lagi, caranya:

  • silahkan login via SSH
  • setelah itu jalankan perintah ini:

chown -R username:username /home/username/public_html

contoh: chown -R boncel:boncel /home/boncel/public_html

  • setelah itu Enter
  • selesai

Nah itulah beberapa masalah yang sering kamu temui ketika hendak atau sudah berhasil memindahkan WordPress ke VPS khususnya CentOS dengan control panel Webuzo. Harapannya bagi kamu yang sudah atau sedang mempersiapkan migrasi artikel ini bisa menjadi referensi tersendiri.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88