DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
RezekibolaAsianpoker88

Kenapa di Jepang Sering Terjadi Gempa?

Kenapa di Jepang Sering Terjadi Gempa

Kenapa di Jepang Sering Terjadi Gempa? – Jepang terkenal dengan budaya, wisata dan kuliner yang mendunia. Negeri Sakura ini juga menjadi salah satu tempat favorit destinasi wisatawan dunia. Namun Jepang juga di kenal sebagai negara yang paling sering terkena bencana alam gempa bumi.

Setidaknya tercatat ada 25 gempa di Jepang dengan kekuatan di atas 6 SR sejak tahun 2000. Dari total seluruh gempa yang terjadi di dunia, 20% nya ada di Jepang. Belum lepas dari ingatan kita, beberapa minggu lalu Jepang juga diguncang gempa sebesar 6,4 dan 7,3 SR di kota Kumamoto yang berpusat di pulau Kyushu.

Kenapa di Jepang Sering Terjadi Gempa?

Lalu kenapa ya di Jepang lebih sering terjadi gempa dengan kekuatan yang besar jika di bandingkan dengan negara – negara lain di dunia?

Pokermas99 Pokermas88

Baca juga: 7 Negara Dengan Konsumsi Air Minum Botol Terbanyak

Jepang berada di Cincin Api Pasifik

Cincin Api Pasifik adalah salah satu sabuk gempa paling aktif di Bumi. Jepang sendiri berada tepat di atas lempeng tektonik Bumi yang bertemu di sepanjang samudra Pasifik. Mengerikannya lagi, di sekitar Jepang ada 4 lempeng besar yaitu lempeng Eurasian, Pasifik, Amerika, dan Filipina, kesemua lempeng tersebut saling bertabrakan sehingga dapat menciptakan gempa.

Kenapa di Jepang Sering Terjadi Gempa?

Perlu kamu ketahui bahwa Lempeng Pasifik terus bergeser ke arah barat dan menabrak lempeng Jepang. Jepang semakin terdorong masuk ke dalam Bumi, menurut pakar pakar geologi, lempeng Pasifik ini bergerak sejauh 8,9 cm per tahunnya. Ketika lempeng Jepang tak mampu menahan tubrukan, terjadilah gempa besar.

Jepang memiliki ratusan gunung berapi aktif

Gunung Kliuchevskoi, Russia

Ilustrasi gunung berapi meletus

Tahukah kamu bahwa 10% gunung berapi aktif di dunia ada di Negeri Sakura Jepang. Sudah menjadi rahasia umum jika gunung berapi kerap kali menjadi biang keladi terjadinya gempa. Sebagian besar gunung berapi ini berada di bagian pertemuan lempeng Pasifik dan Amerika.

Bahkan gempa yang terjadi di Jepang sempat memicu letusan gunung berapi aktif tersebut. Contoh saja Gunung Aso yang merupakan gunung berapi aktif terbesar di Jepang, letusan gunung ini pada 16 April lalu ini terjadi sehari setelah gempa Kumamoto.

Lalu apa hubungannya gempa dengan letusan gunung berapi?

Meskipun belum bisa di jelaskan secara ilmiah namun masyarakat dan para ahli percaya bahwa gempa dapat memicu letusan gunung berapi. Selain Gunung Also, Gunung Fuji meletus hebat pada tahun 1707, letusan tersebut terjadi 49 hari pasca gempa 8,6 SR.

Dampak letusan gunung berapi tersebut tidak main – main, 5.000 orang meninggal di kawasan Honshu dan Shikoku. Wajar saja pasca gempa 9,0 SR di Miyagi tahun 2011, banyak pihak memprediksi bahwa gunung Fuji bakal meletus kembali, bersyukur prediksi tersebut meleset.

Baca juga: 10 Foto Menakjubkan Letusan Gunung Berapi Dari Luar Angkasa

Sementara itu Gunung Fuji sudah terlelap selama 300, namun kemungkinan gunung Fuji untuk meletus kembali masih sangat tinggi. Menurut para ahli 400 tahun adalah durasi terlama gunung tersebut tertidur. Beruntung hingga saat ini, gunung tersebut tak memberikan tanda – tanda akan meletus.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88