DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
RezekibolaAsianpoker88

Kenapa Banyak Sarjana Nganggur Sulit Dapat Pekerjaan?

Kenapa Banyak Sarjana Nganggur Sulit Dapat Pekerjaan?

Kenapa Banyak Sarjana Nganggur Sulit Dapat Pekerjaan? – Menempuh pendidikan di universitas guna memperoleh ijazah dan gelar sarjana atau diploma sering kali di anggap cara mutlak untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang mapan di masa mendatang. Memang hal tersebut tidaklah sepenuhnya salah dan tidak pula sepenuhnya benar.

Karena sesungguhnya kesuksesan di masa sekarang ataupun masa depan tergantung dari bagaimana kerja keras yang kita lakukan. Jika pandangan kita tentang karir maka kuliah merupakan “salah satu” jalan yang bisa di tempuh untuk mewujudkan karir yang bagus di masa depan.

Baca juga: Ijazah Penting Gak Sih? Atau Kemampuan Lebih Penting?

Pokermas99 Pokermas88

Kenapa Banyak Sarjana Nganggur Sulit Dapat Pekerjaan?

Jika sudah demikian mengapa sekarang ini banyak sarjana yang nganggur dan sulit sekali mendapatkan pekerjaan? padahal mereka adalah individu – individu yang sudah di bekali dengan segudang ilmu yang seharusnya bisa sangat mudah mendapatkan pekerjaan. Nah berikut ini merupakan penyebab kenapa banyak sekali sarjana yang sulit mendapatkan pekerjaan.

# Pertumbuhan Ekonomi Yang Rendah

Sebenarnya masalah ini adalah kunci dari mengapa tingkat pengangguran di Indonesia cukup tinggi. Pada dasarnya perusahaan tidak mau melakukan ekspansi atau perluasan produksi/anak perusahaan karena pertumbuhan ekonomi yang cukup rendah, yang menyebabkan minimnya permintaan tenaga kerja.

# Permintaan Tenaga Kerja S1/D3 Lebih Sedikit

Jika kita amati jumlah permintaan/lowongan pekerjaan untuk sarjana pasti lebih sedikit dari misal SMA/SMK sederajat. Kita ambil contoh posisi pekerjaan di sebuah perusahaan, untuk SMA sederajat secara umum posisi pekerjaannya adalah di bagian produksi sedangkan untuk sarjana/diploma adalah di bagian staff kantor.

Dimisalkan ada sebuah pabrik garmen yang baru beroperasi dan membutuhkan banyak sekali tenaga kerja, tentunya jumlah tenaga kerja yang di butuhkan di bagian produksi lebih banyak bukan? dari pada lowongan kerja di bagian staff atau administrasi kantor. Namun bukan berarti lulusan sarjana tidak boleh bekerja di bagian produksi, ini hanya contoh secara umum saja.

# Ekspetasi Para Sarjana Terlalu Tinggi

Ada “sebagian” para lulusan S1 ataupun D3 yang langsung mengincar sebuah posisi pekerjaan yang relatif tinggi. Dengan kata lain mereka enggan bekerja pada sebuah posisi pekerjaan di paling bawah, misal dalam sebuah perusahaan kita ingin menempati posisi staff kantor. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal tersebut, namun untuk posisi demikian biasanya lebih sedikit di butuhkan dan jika adapun persaingannya cukup tinggi sehingga dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk memperoleh posisi yang demikian.

# Jurusan Lebih Spesifik

Baik sarjana maupun diploma mereka  masing – masing memilih jurusan yang berbeda – beda, misal saja hukum, psikologi, pendidikan, kimia, industri dan lain sebagainya. Pada umumnya para sarjana ini mencari jenis pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang mereka pelajari selama kuliah. Hal ini tentunya mempersempit cakupan lowongan pekerjaan yang menjadi minat mereka sehingga terkadang sulit untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan studi mereka. Namun sebenarnya tidak ada yang mengharuskan lulusan kimia harus bekerja di perusahaan industri kimia/obat bukan?

Pada dasarnya lulusan perguruan tinggi tidak menjamin mereka akan sukses menempati posisi kerja yang bagus di sebuah perusahaan namun lebih tepatnya mereka bisa mendapatkan peluang yang lebih besar untuk mendapatkan posisi pekerjaan yang tinggi. Karir sesorang si sebuah perusahaan sebenarnya lebih di pengaruhi dari bagaimana kualitas bekerja dari orang tersebut.

Nah saya rasa cukup sekian artikel mengenai Kenapa Banyak Sarjana Nganggur Sulit Dapat Pekerjaan? terus berusaha dan pantang menyerah. Lalu, apakah anda memiliki pendapat yang sama terkait topik bahasan ini?

Vimax Canada

5 Comments

Add a Comment
  1. Kebanyakan sarjana malas belajar dikampus akhirnya lebih malas lagi buat cari kerja, belum lagi masalah gengsi. Terimakasih

    1. Iya benar sekali mas, mungkin gengsi yang membuat sarjana tidak kunjung mendapat pekerjaan atau ekspetasi yang terlalu tinggi tanpa di imbangi kemauan usaha yang konsisten.

  2. mau nggak nganggur, kerja gak usah perhatikan penghasilan. jadi guru honor bayar 600rb, kerja pabrik, kerja kerja kerja.

    1. Mas Ryan terlihat antusias dan semangat sekali :)

  3. apa definisi nganggur? kerja dengan gaji tak layak itu juga disebut nganggur. ???. inilah problem. ini bom waktu. studi banding ke negara lain yukkkkk. bisa jadikan referensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88