DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
BandarMuPokerBeb

Kenapa Ban Motor Mudah Terpleset atau Tergelincir

Kenapa Ban Motor Mudah Terpleset atau Tergelincir – Sekedar share saja gan berdasar pengalaman saya sering bepergian jauh keluar kota dan tidak ada latar belakang saya sebagai pengamat otomotif/teknisi. Kenapa saya ingin share mengenai Ban Motor Yang Mudah Tergelincir atau Terpleset?

Karena menurut saya bagian motor yang paling vital yang menentukan keselamatan berkendara adalah bagian roda/ban motor. Karena bagian ini merupakan bagian kendaraan bermotor yang berinteraksi langsung dengan aspal jalan.

Rezekibola Asianpoker88

Pernahkah anda jatuh dari sepeda motor karena terpeleset/tergelincirnya ban motor anda? Pasti tak ingin terjadi lagi kan? Mungkin beberapa hal dibawah ini bisa menjadi penyebabnya dan bisa anda hindari.

Penyebab Ban Motor Mudah Terpleset atau Tergelincir

1. Kondisi Jalan

  • Beberapa kondisi jalan memang bisa menyebabkan beberapa kejadian yang fatal misal:
    Debu/Pasir yang menutupi aspal jalan
  • Permukaan aspal jalan yang kurang halus menyebabkan daya cengkeram ban ke aspal berkurang karena banyaknya celah diatara interaksi antara ban dan permukaan aspal

2. Cuaca

Pokermas99 Pokermas88

Kondisi gerimis biasanya jauh lebih berbahaya dan memungkinkan terplesetnya ban kendaraan bermotor dari pada kondisi saat hujan. Kenapa demikian? Jika kondisi gerimis maka jalanan akan basah namun pasir dan debu tidak terbawa arus air dan menutupi permukaan aspal dan menjadikan lebih licin. Berbeda jika hujan deras dimana pasir dan debu akan terbawa arus dan hempasan air, walaupun demikian kondisi hujan dan gerimis tetap harus berhati-hati.

3. Kondisi Ban

Kondisi ban disini adalah kondisi secara fisik seperti ketebalan ban, karena jika ban sudah menipis atau gundul maka alur/motif pada ban akan berkurang ketebalannya sehingga daya cengkeram terhadap jalan akan berkurang.

4. Kondisi Velg

Kenapa? Jika kondisi velg tidak stabil maka akan mempengaruhi kestabilan rotasi ban, sehingga menyebabkan tidak stabilnya laju kendaraan. Akan sangat terasa saat anda manuver di tikungan maka akan sangat berbahaya sekali jika perputaran ban tidak stabil dan menyebabkan kurang seimbangnya laju kendaraan bermotor.

5. Gaya Berkendara

  • Mengerem dengan mendadak saat kondisi jalan tidak mendukung
  • Terlalu miring saat di tikungan
  • Menarik Gas dengan kasar

6. Tekanan Angin Ban

Jika dalam kondisi aspal jalan kering maka tidak terlalu menjadi masalah mengenai tekanan ban, yang mungkin terasa adalah ketika tekanan angin ban terlalu rendah maka tarikan motor akan terasa berat dan kurang stabil dan ketika tekanan angin ban terlalu keras maka tarikan motor akan ringan namun agak kasar dan keras di suspensinya karena ban terlalu keras.

Namun yang berbahaya adalah jika dalam kondisi hujan atau gerimis tekanan ban kendaraan terlalu keras tidak sesuai dengan berat penunggang, sehingga interaksi terhadap aspal semakin sempit dan kondisi jalan basah maka mudah sekali tergelincir saat ditikungan dan saat melakukan rem mendadak.

Misal jika berkendara sendiri dan tidak berboncengan maka sebaiknya sesuaikan dengan bobot pengendara dan kondisi jalan, jika jalanan licin maka bisa mengurangi tekanan angin jika memungkinkan. Karena akan memperlebar permukaan ban yang bersentuhan dengan aspal jalan dan menjadikan daya cengkeram semakin kuat.

7. Ukuran Ban Standar

Jika terlalu kecil/ban cacing maka sudah dipastikan akan lebih berpotensi terpleset karena dilihat dari ukurannya saja sudah terlihat kalau bagian permukaan yang bersentuhan dengan aspal akan semakin tipis. Tentunya ban ukuran kecil juga akan menyebabkan velg cepat rusak dan harus di stem/stell kembali dan baiknya gunakan ukuran yang standar karena jika terlalu besar ukurannya maka tarikan motor akan terasa berat.

Kira-kira itulah Beberapa Penyebab Ban Mudah Tergelincir yang mungkin bisa anda antisipasi. Namun namanya jalanan tidak akan pernah kita prediksi, maka dari itu tetap fokus dan berhati-hati serta jangan lupa berdoa untuk keselamatan perjalanan.

Baca juga:
Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88