DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
BandarMuPokerBeb

Kemana dan Dimana File yang Kita Unggah ke Internet?

Kemana dan Dimana File yang Kita Unggah ke Internet?

Kemana dan Dimana File yang Kita Unggah ke Internet? – Pernahkah kamu berpikir dan menanyakan sebenarnya kemana perginya file berupa gambar, video, software yang kita unggah ke internet? Apakah mereka melayang – layang di internet dan bebas di temukan siapa saja?

Rezekibola Asianpoker88

Tahukah kamu bahwa tidak terhitung jumlahnya file yang di upload pengguna ke internet, baik melalui situs media sosial, penyimpanan online, pasang gambar di toko online dan lain sebagainya. Terlebih sekarang ini internet sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup manusia di era digital.

Lalu bagaimana caranya internet bisa menampung begitu banyak file upload oleh penggunanya? dimana sebenarnya file tersebut di tampung dan disimpan?

File disimpan di komputer server layanan yang kamu gunakan

Benar sekali, semua file yang kamu unggah ke internet akan di simpan di komputer server layanan yang kamu gunakan. Misal saja nih kamu sekarang sedang mengupload foto di Facebook, maka apapun yang kamu unggah bahkan teks yang kamu ketik semuanya disimpan di komputer server dalam bentuk file dan database di server Facebook.

Pokermas99 Pokermas88

Lalu berapa jumlah komputer yang digunakan untuk menampung jutaan file upload di Facebook? nah lebih tepatnya sekumpulan server ini kita sebut big data atau juga data center. Mereka difungsikan untuk menampung dan memproses file besar dan sangat banyak dan bisa di akses kapanpun secara online.

Baca juga: Google Bangun Pusat Data Lagi, Senilai 18,19 Triliun

Ingat, setiap layanan memiliki data center sendiri – sendiri

Kamu jangan membayangkan bahwa semua layanan di internet menyimpan filenya dalam satu data center yang sama. Mereka punya data center sendiri – sendiri, jadi seperti Facebook, YouTube, Google dan lain sebagainya memiliki data center sendiri – sendiri.

Lalu seperti apa sih data center itu? mungkin kurang lebih seperti ini:

Kemana dan Dimana File yang Kita Unggah ke Internet

Contoh gambar di atas adalah data center milik Google, yah kurang lebih isinya deretan komputer dengan kabel – kabel yang berwarna – warni. Mereka melayani semua permintaan pengguna Google di seluruh dunia.

Tapi jangan kira data center hanya ada di satu tempat ya? layanan sebesar Google memiliki beberapa data center yang di sebar di berbagai wilayah yang strategis. Semua data center ini harus selalu siap dan online 24 jam melayani akses Google di dunia.

Lalu bagaimana jika data center rusak atau error?

Sangat kecil kemungkinan hal tersebut dapat terjadi, karena data center di tangani oleh ahlinya. Jika data center rusak total maka layanan tersebut sama sekali tidak bisa di akses lagi di internet. Lalu bagaimana jika file di dalamnya terhapus? mungkin kamu tidak akan menemukan lagi video yang pernah kamu unggah di YouTube jika layanan ini menghapus semua file di data center-nya.

Baca juga: Kuota Internet Pengguna 2016 Mencapai 1 Triliun Gigabyte

Jika demikian, berarti nantinya semakin banyak data center di dunia ini?

Benar sekali, semakin meningkatnya aktivitas di internet membutuhkan lebih luas lagi penyimpanan file dan database di data center atau big data. Semua data harus di simpan dan di tampung terus menerus agar tetap bisa di akses.

Jika di ibaratkan tahun ini Google membutuhkan 10 data center, kemungkinan tahun berikutnya butuh tambahan 1 data center lagi agar kualitas layanan mereka tetap terjaga. Begitu seterusnya dan tidak bisa di bayangkan apakah nantinya bumi akan penuh dengan komputer penyimpanan data aktivitas di internet. Luar biasa !

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88