DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
RezekibolaAsianpoker88

Haruskah dan Perlukah Menggunakan CDN Untuk Website / Blog Kamu?

Haruskah dan Perlukah Menggunakan CDN Untuk Website / Blog Kamu?

Haruskah dan Perlukah Menggunakan CDN Untuk Website / Blog Kamu? – Sedikit kita simak dulu pengertian dari CDN, Content Delivery Network adalah jaringan pengiriman konten web oleh server pihak ketiga yang paling dekat dengan pengguna. Server CDN ini tersebar di seluruh penjuru dunia.

Tanpa CDN, maka permintaan visitor website atau blog kamu akan langsung di tangani oleh server kamu. Sedangkan ketika kamu menggunakan CDN maka sebagian permintaan konten oleh visitor web kamu sebagian akan di layani oleh server CDN.

Bagaimana server CDN melayani permintaan? sedangkan file web kita kan berada di server kita sendiri? hal ini terjadi karena CDN menyimpan cache web kita, bahkan terkadang ketika server kita down, CDN masih bisa mengirimkan konten melalui cache yang mereka simpan.

Pokermas99 Pokermas88

Haruskah dan Perlukah Menggunakan CDN Untuk Website / Blog Kamu?

Nah lalu perlu tidak sih kamu menggunakan CDN? ada baiknya kamu simak dulu beberapa penjelasan berikut:

Iya, jika lokasi server kamu jauh dari target visitor

Tidak di pungkiri memang harga sewa server di luar negeri jauh lebih murah dari server lokal. Sebagai contoh rata – rata VPS Indonesia dengan RAM 512 dan CPU 1 Core memiliki harga sewa sekitar 200 – 300 ribu perbulan. Sedangkan di luar negeri seperti di DigitalOcean pada spesifikasi yang sama bisa kamu dapatkan dengan hanya $5 saja, terpaut jauh bukan?

Nah jika target visitor web atau blog kamu adalah dari Indonesia sedangkan kamu menggunakan server USA atau Eropa maka menggunakan CDN adalah langkah yang baik. Karena kecepatan akses website kamu akan meningkat, karena permintaan konten tidak di layani oleh server USA atau Eropa tersebut, melainkan server yang lebih dekat yakni Singapore.

Iya, jika kamu ingin menghemat penggunaan sumber daya server

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, CDN akan menangani sebagian permintaan konten dari pengguna. Oleh karena itu beban server terutama CPU, RAM dan bandwidth akan berkurang karena sebagian request akan di layani oleh CDN.

Iya, jika kamu ingin meningkatkan keamanan web kamu

Salah satu fitur yang ada di dalam CDN adalah keamanan website dari berbagai serangan yang bisa merugikan website itu sendiri. Apa saja bentuk serangan tersebut tentunya sangat beragam, yang jelas CDN memberikan proteksi lebih soal keamanan website.

Tidak, jika lokasi server kamu di Indonesia

Sayangnya, merangkum informasi dari berbagai sumber, CDN belum memiliki server di Indonesia, paling dekat adalah Singapore. Ketika kamu memiliki web dengan target visitor dari Indonesia kemudian juga memiliki server di Indonesia maka penggunaan CDN bukan langkah yang baik.

Kenapa demikian? karena permintaan konten oleh pengguna yang harusnya lebih cepat di tangani oleh server Indonesia menjadi lebih jauh karena malah mengakses server CDN di Singapore.

Kecepatan akses memang terpaut sepersekian detik saja, bahkan mungkin tidak terasa sama sekali, hanya saja untuk kondisi seperti ini kurang di sarankan menggunakan CDN. Kecuali memang kamu ingin menghemat penggunaan sumber daya server seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya.

CDN ada yang gratis dan juga ada yang berbayar, keduanya berbeda di fitur dan layanan yang di berikan. Jika ingin mencoba CDN gratis, mungkin kamu bisa mencoba CDN dari CloudFlare. Mengenai cara menggunakan dan memasang CDN gratis CloudFlare di web atau blog bisa kamu simak disini: Cara Menggunakan CDN Gratis CloudFlare Terbaru

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88