DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei

Manfaat Backlink Untuk Blog, Fungsi dan Peranan Backlink

Rezekibola Asianpoker88

Manfaat Backlink Untuk Blog, Fungsi dan Peranan Backlink – Di dunia blogging dan web design sudah tidak asing lagi dengan yang namanya backlink. Backlink adalah link dari blog kita yang tertaut atau di tautkan di situs lain baik secara natural maupun buatan. Ada 2 istilah backlink yaitu backlink nofollow dan backlink dofollow,

  • Backlink Nofollow adalah link yang tertaut di situs web lain namun tidak mengijinkan robot crawler merayapi sumber link tersebut secara penuh.
  • Backlink Dofollow adalah link yang tertaut di situs web lain namun mengijinkan robot crawler untuk merayapi sumber link secara penuh.

Meskipun seringkali backlink di kategorikan menjadi backlink nofollow dan dofollow, backlink berkualitas dan tidak berkualitas. Namun menurut saya manfaat backlink itu pasti ada, apapun jenis backlink-nya. Kali ini kita berbicara mengenai backlink yang wajar dan tidak SPAM ya? jika ada dari kita yang bertanya:

Kenapa backlink bisa saja di kategorikan SPAM ?

Susah sebenarnya jawabnya kalau untuk pertanyaan seperti ini 😀 Mari kita pahami dulu arti dari SPAM. Spam adalah sesuatu yang dilakukan secara terus menerus dan banyak secara cepat dan di luar batas wajar. Kita ambil salah salah satu contoh backlink dari komentar atau blogwalking, backlink dari blogwalking bisa saja di kategorikan Spam jika kita melakukannya secara membabi buta atau terlalu banyak menaruh link di dalam komentar tersebut. Jika sudah seperti ini bukannya manfaat backlink yang kita dapatkan, tetapi blog kita justru di anggap Spam oleh search engine dan memungkinkan untuk terkena deindex atau penurunan trafik karena menurunnya posisi blog kita di SERP (Search Engine Result Page).

Pokermas99 Pokermas88

Bagaimana cara membuat backlink yang tidak SPAM?

Tentu saja caranya adalah dengan membangunnya dengan wajar, seperti contoh jika kita mencari backlink dari blogwalking maka sebaiknya coba baca dan pahami dulu isi artikel di dalam blog tersebut baru kemudian kita memberikan komentar berupa tanggapan, sanggahan, atau juga berupa pertanyaan. Isi komentar hendaknya sesuai dengan topik yang sedang di bahas ya? agar komentar kita bisa di terbitkan atau tidak di hapus oleh pemilik blog. Baiknya jangan hanya berkomentar pada satu ekstensi domain dan subdomain saja, cobalah berkomentar pada ekstensi domain lain seperti .com, .net, ac.id, .go.id dan lain sebagainya. Dengan demikian saya yakin manfaat backlink dari blogwalking bisa kita dapatkan dengan maksimal dan tidak sia-sia.

Manfaat Backlink Untuk Blog, Fungsi dan Peranan Backlink

Apa Manfaat Backlink Untuk Blog?

  1. Meningkatkan Pagerank

  2. Memperkuat Posisi SERP

  3. Meningkatkan Trafik Pengunjung

1. Manfaat Bakclink Untuk Peningkatan Pagerank Blog

Salah satu manfaat backlink adalah berperan dalam peningkatan pagerank sebuah blog. Pagerank atau ranking sebuah blog adalah angka yang menunjukan seberapa populerkah blog tersebut di antara semua situs web yang ada, baik global atau di negaranya sendiri.

Pada dasarnya sebuah tools pagerank memberikan angka atau nilai ranking dari sebuah blog adalah berdasarkan popularitas blog tersebut. Popularitas sebuah blog tidak hanya di lihat dari jumlah trafik pengunjung blog tersebut, tetapi juga dari berapa jumlah backlink dari blog tersebut. Sering kali search engine menilai popularitas sebuah blog dari jumlah backlink dari blog tersebut. Semakin banyak link yang mengarah pada sebuah blog, maka artinya blog tersebut adalah blog yang di rekomendasikan. Jadi dengan kita melakukan link building yang tepat maka seolah-olah kita membuat blog kita menjadi blog yang populer.

Jika anda sampai detik ini masih konsisten menjalin silahturahmi sesama blogger dengan melakukan blogwalking, maka saya rasa tidak hanya manfaat backlink yang anda dapatkan tetapi juga pahala dari Allah SWT karena telah menjaga tali silaturahmi 😀 Saya rasa sampai detik ini backink dari blogwalking masih cukup terasa manfaatnya, pasalnya saya pernah membaca sebuah docs dari Google pada sebuah artikel kalau tidak salah berjudul “Teknik SEO Dari Google“.

Pada intinya isi dari docs tersebut adalah Google menyarankan agar blog tidak mengijinkan komentar link jika tidak ingin membagi popularitas blog kita ke blog lain. Artinya jika kita berkomentar dengan menautkan link pada blog lain yang memiliki pagerank tinggi, maka kita juga akan kecipratan popularitas dari blog tersebut. Meskipun Google menyarankan agar kita tidak memperbolehkan komentar link, namun saya tetap menyediakan kolom Name/URL dan link website untuk blog saya. Menurut saya kita tidak boleh egois, terkadang kita mencari backlink dengan berkomentar di blog lain, masa blog lain tidak boleh mendapatkan backlink komentar dari blog kita? 😀

Kita bisa ambil salah satu contoh tool yang cukup populer untuk mengukur ranking sebuah blog, yaitu Alexa Pagerank. Jika anda ingin mendapatkan ranking Alexa kisaran 1 juta dalam waktu 1 bulan saya yakin jika anda konsisten membangun backlink dari blogwalking dan 12 sumber backlink lainnya yang pernah saya share sebelumnya, saya yakin hal tersebut tidak mustahil. Sebagai contoh saja blog ini adalah blog baru yang menggunakan domain dan hosting sendiri, hari ini blog ini berumur satu bulan persis dan mendapatkan ranking Alexa 1,2 jutaan dan 15 ribuan untuk ID. Meskipun tidak update artikel secara teratur, tetapi saya mencoba untuk konsisten membangun backlink walaupun sedikit jumlahnya.

2. Manfaat Backlink Untuk Memperkuat Posisi Blog di SERP

Manfaat backlink yang selanjutnya adalah memperkuat posisi blog dan konten di dalamnya dalam persaingan SERP, apa yang dimaksud SERP? SERP adalah Search Engine Page Result atau hasil penelusuran mesin pencari atas kata kunci yang di minta. Backlink sangat di perlukan terutama jika blog anda memiliki topik artikel dengan tingkat persaingan yang tidak sedikit. Semakin banyak backlink pada sebuah blog maka semakin populer blog tersebut di mata search engine dan semakin mudah blog dan konten di dalamnya untuk tampil di laman pertama SERP.

Backink tidak hanya berlaku untuk URL Homepage saja loh, tetapi juga untuk URL dari sebuah artikel yang ingin anda optimasi. Lalu bagaimana cara melakukan optimasi sebuah artikel blog? berikut saya berikan tipsnya:

  • Pastikan artikel blog anda sudah teroptimasi dengan baik (cara optimasi artikel blog)
  • Bangun backlink yang mengarah ke artikel tersebut, jika anda menggunakan blogwalking maka gunakan ekstensi domain yang bervariasi (.com, .edu, .net, .web.id, dll)
  • Jangan gunakan coment name dengan kata yang sama, namun gunakan variasi judul/kata kunci, misal judul artikel blog anda “Cara Meningkatkan Trafik Blog” maka variasi coment name antara lain trafik blog, meningkatkan trafik, cara meningkatkan trafik, dll
  • Share ke situs sosial media

Situs sosial media yang cukup potensial untuk membangun backlink antara lain Google Plus, Facebook dan Twitter. Pastikan anda mempunyai banyak teman atau lingkaran pada akun sosial media anda, sehingga sekali anda share satu artikel maka akan banyak orang yang nyantol ke blog anda.

3. Manfaat Backlink Untuk Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog

Manfaat backlink yang terakhir adalah untuk meningkatkan trafik pengunjung blog dan ini merupakan imbas manfaat backlink pada poin 1 dan 2. Jika blog anda sudah memiliki ranking blog yang bagus dan posisi SERP yang kuat maka trafik pengunjung blog akan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Mengapa demikian?

Jika berbicara mengenai blog dengan tingkat persaingan niche yang cukup tinggi, sebagian besar laman pertama SERP di dominasi oleh blog dengan pagerank, DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) bagus. Mengapa demikian? tentu saja karena search engine hanya ingin menampilkan blog yang populer dan berkualitas di laman pertama mereka. Seperti kita tahu laman pertama SERP jika di ibaratkan merupakan lahan basah trafik pengunjung blog, karena pada umumnya pengunjung blog lebih memilih artikel di laman pertama untuk mereka kunjungi.

Jika blog kita sudah mempunyai popularitas dan posisi yang kuat di SERP maka sudah terbayang kan bagaimana nantinya? trafik blog akan meningkat. Jika blog sudah mempunyai posisi yang kuat di SERP maka konten di dalamnya juga lebih mudah tampil di laman pertama. Maka dari itu jangan heran mengapa artikel baru di blog yang sudah populer begitu mudah mendapatkan komentar dari pengunjung blog, meskipun sebagian adalah pengunjung tetap yang sudah berlangganan.

Wah nampaknya kalau membahas secara detail manfaat backlink tidak selesai-selesai nih artikel, nanti dikira saya sedang membuat artikel tak berujung dan tak berakhir 😀 Ya karena saya paham tidak semua pembaca blog ini adalah orang yang sudah paham mengenai blogging dan backlink khususnya, begitu juga saya. Namun saya berusaha memberikan penjelasan yang sebisa mungkin mudah di pahami berdasarkan apa yang saya ketahui. Akhir kalimat semoga dapat bermanfaat, sekian artikel mengenai Manfaat Backlink Untuk Blog, Fungsi dan Peranan Backlink dan terimakasih sudah bersedia meluangkan waktu berkunjung ke blog ini.

Vimax Canada

4 Comments

Add a Comment
  1. baru tau ane klo ga bleh nyepam… thks sob

  2. Wah iya kalo backling banyak makin kuat seonya

  3. Wah sangat terperinci nih,saya baru tahu manfaatnya,thanks

  4. Becklik juga harus berkwalitas contohnya yg bersumber dari blog ini,ditunggu kunbalnya aja gan,hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88