DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
RezekibolaAsianpoker88

Fungsi Disk Defragmenter Pada Komputer atau Laptop

Pengertian Disk Defragmenter

Secara teori Disk Defragmenter merupakan utilitas atau fitur pada Windows yang difungsikan untuk meningkatkan kecepatan akses komputer dengan menata ulang file yang tersimpan untuk menempati lokasi yang semestinya. Defragmenter juga dapat mengurangi waktu startup sistem.

Disk Defragmenter adalah utilitas di Microsoft Windows yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan akses dengan menata ulang file yang tersimpan pada disk untuk menempati lokasi penyimpanan berdekatan, teknik yang disebut defragmentasi. Defragmenting disk meminimalkan /mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membaca file dari dan menulis file ke disk. Disk Defragmenter juga mengurangi waktu startup sistem.

Pada Windows 7 dan 8 defrag dilakukan secara otomatis sesuai jadwal dalam pengaturan default biasanya seminggu sekali pada hari dan jam yang sama. Namun anda dapat merubahnya sesuai dengan kehendak anda. Jika anda menggunakan Windows XP maka cara yang digunakan untuk melakukan Disk Defragmenter adalah dengan cara Start
> Run > ketik “Dfrg.msc” kemudian tekan Enter.

Setelah anda membuka jendela Disk Defragmenter maka anda dapat melakukan defrag untuk masing-masing disk/drive secara individual
dan disarankan untuk melakukannya seminggu sekali atau lebih. Namun jika anda ingin menerapkan jadwal anda bisa menggunakan Windows Task Scheduler.

Pokermas99 Pokermas88

Jika anda ingin melihat bagaimana proses Disk Defragmenter ini berjalan maka anda bisa buka Disk Defragmenter dengan cara:

“Start – All Programs – Accessories – System Tools – Disk Defragmenter”

Cara paling instan adalah Start > ketik “Disk Defragmenter”

Fungsi Disk Defragmenter Pada Komputer atau Laptop

Fungsi Disk Defragmenter pada Komputer atau Laptop

Disk Defragmenter adalah proses konsolidasi yang terjadi pada penyimpanan (Disk Drive C/D/E) sehingga drive akan bekerja lebih baik. Jumlah/prosentase Disk Defragmenter setiap waktu berubah-ubah seiring dengan pemakaian komputer dan penyimpanan pada khususnya.

Seperti saat kita menyimpan, mengubah, atau menghapus file maka secara sistem ada bagian-bagian dari file yang disimpan ke tempat yang berbeda dai lokasi disk/drive aslinya. Namun tidak mengubah nama dari bit informasi pada windows jadi secara kasat mata kita tidak akan mengetahuinya.

Baca juga: Cara Menghapus File Sampah Komputer

Seiring waktu, baik file dan volume itu sendiri menjadi terpecah-pecah, dan komputer anda melambat karena harus mencari di tempat yang berbeda untuk membuka file tunggal. Disk Defragmenter adalah alat yang menyusun data kembali ke penyimpanan dan mengumpulkan kembali file file tadi ke direktori yang semestinya sehingga komputer anda dapat berjalan lebih efisien.

Dalam versi Windows, Disk Defragmenter berjalan pada jadwal sehingga anda tidak harus ingat untuk menjalankannya, meskipun anda masih dapat menjalankan secara manual atau mengubah jadwal yang di gunakannya.

Fragmentasi setidaknya menjadikan komputer tidak selambat saat belum melakukan deftag, walaupun hanya sedikit atau bahkan tidak terasa bedanya namun cara ini merupakan cara yang harus dilakukan untuk kinerja komputer yang baik. Walaupun komputer kita mungkin sudah melakukannya secara otomatis. Namun, inilah yang perlu kita ketahui.

Baca juga: Cara Copy Aplikasi ke Flashdisk

Demikian artikel mengenai Fungsi Disk Defragmenter Pada Komputer atau Laptop semoga bermanfaat.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88