DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
RezekibolaAsianpoker88

Kecepatan Download Data, Koneksi Internet Lambat/Lemot? Ini Penyebabnya

koneksi internet lemot

Internet lemot dan lambat, siapa sih yang tidak kesal. Lagi download file movie misalnya tinggal sedikit lagi malah gagal, di resume tidak bisa, udah kuotanya sudah mau abis lagi :D Lalu sebenarnya apa penyebab koneksi internet kita lambat dan lemot? Baiklah, mari langsung saja kita cara tahu penyebabnya yang berikut ini. Tapi sebelumnya artikel ini membahas permasalahan koneksi internet dari sisi provider seluler ya? Bukan sinyal wifi atau yang sejenisnya.

Hal Yang Mempengaruhi Kualitas Koneksi Internet

Tingkat Stabilitas Jaringan

Kalau hal ini mutlak sangan mempengaruhi kualitas jaringan koneksi internet anda. Jaringan yang stabil di sini bukan hanya bisa di lihat dari bar sinyal yang penuh, namun di lihat bagaimana stabilitas jaringan yang di cover. Misal saja suatu provider di suatu wilayah meng-cover jaringan E/2G, 3G dan HSPA, koneksi internet bisa sangat bagus jika stabilitas jaringan yang di cover tidak naik turun. Tidak sebentar-benar HSPA sebentar lagi 3G terus kembali lagi ke HSPA bahkan mungkin 2G :D

Pokermas99 Pokermas88

Jika anda mengamati hal ini sering sekali terjadi pada koneksi internet di Smartphone atau Tablet. Contoh saja smartphone yang memiliki tingkat jaringan tertinggi H+, maka biasanya ketika jaringan pindah ke 3G pasti koneksi internet menjadi lambat bahkan berhenti. Seperti pengalaman saya waktu itu menggunakan smartphone Samsung Galaxy S3 dimana saya sempat bingung kenapa pesan BBM saya tidak mau terkirim. Ternyata setelah saya telusuri adalah karena jaringan 3G dan HSPA yang di cover tidak stabil, peralihan dari HSPA ke 3G itulah yang membuat koneksi internet data menjadi bermasalah. Akhirnya saya pindahkan ke jaringan 2G saja dan akhirnya pesan BBM saya bisa sedikit lebih lancar.

Kepadatan Sistem

Kepadatan sistem disini maksudnya adalah semakin banyak pengguna yang menggunakan fasilitas koneksi internet data pada satu operator yang sama maka akan semakin lambat koneksi internet kita. Contoh saja nih, satu tower seluler di gunakan 100 orang pasti akan lebih baik kecepatan koneksi internetnya di banding dengan 1000 pengguna. Selain itu kita juga harus memperhatikan jam atau waktu, yah tahu sendiri lah internetan tengah malam itu bisa kencang karena mungkin kita sendiri yang make :D

Persaingan Jaringan

Persaingan jaringan disini maksudnya adalah persaingan operator. Contoh saja nih, di satu komplek terdapat banyak sekali tower dari mulai XL, Telkomsel, Indosat, Axis, 3, Smartfren, dll, semakin banyak jenis-jenis operator di tempat tersebut maka kualitas koneksi internet kita sebenarnya sedikit berkurang kualitasnya. Mengenai hal ini pernah saya tanyakan kepada salah satu CS telekomunikasi seluler beberapa waktu yang lalu, untuk bagaimana teknis cara kerja sistem jaringan seluler saya juga kurang bisa menjelaskan lebih detail.

Teknologi Yang Digunakan

Wah udah mulai bicara teknologi nih, sok tau aja :D Tapi memang benar teknologi yang digunakan oleh masing-masing operator seluler itu mempengaruhi kualitas jaringan dari operator tersebut. Waktu itu saya pernah membaca sebuah wacana tentang tanggapan salah satu operator terkait pertanyaan kenapa koneksi internet di Indonesia relatif tidak sebaik jika di bandingkan dengan negara-negara lainnya. Salah satu provider telekomunikasi tersebut menjawab bahwa hal tersebut di pengaruhi dari teknologi yang kita gunakan kaitannya dalam kecepatan mentransfer data oleh jaringan. (Anda bisa membaca wacana serupa dari XL terkait tanggapan permasalahan koneksi lambat di Indonesia di sini)

Tidak usah jauh-jauh membandingkan dengan negara lain, kita bisa ambil contoh sederhana. Di Indonesia ada banyak sekali operator seluler kan? Pasti kita semua tahu kalau kualitas kecepatan koneksi internet data masing-masing operator itu berbeda, mungkin secara awam kita bisa melihat perbedaannya dari segi kecepatan download datanya.

Dari sisi pengguna kita juga harus mengetahui bagaimana spesifikasi perangkat yang kita gunakan. Misal saja nih kita menggunakan modem dengan kecepatan download 3,6 Mbps, maka kecepatan download maksimal dari modem tersebut adalah 450 Kb/detik bukan 3,6 Mb/detik.

Faktor Geografis Negara Indonesia

Kalau yang satu ini merupakan ini sudah menjadi kendala nasional, salah satu faktor yang menyebabkan kurang meningkatnya kualitas jaringan seluler di Indonesia adalah faktor geografis dari negara kita yang berupa kepulauan, lembah dan bukit. Secara langsung hal ini mempengaruhi kualitas jaringan seluler serta pemerataan atau perluasan jaringan seluler di Indonesia.

Bagi kita yang berada di desa nih, mau tidak mau untuk mendapatkan koneksi internet yang baik maka kita harus melakukan survey provider seluler mana yang memiliki kualitas sinyal yang stabil atau bahkan bisa meng-cover sinyal 3G atau HSPA. Untuk di kota besar biasanya sih semua operator tidak ada masalah, namun di antara banyak operator seluler saya lebih memilih menggunakan Telkomsel dan XL. Saya rasa cukup sekian artikel mengenai alasan dan penyebab Kecepatan Download Data dan Koneksi Internet Lambat/Lemot semoga membantu.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88