DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
BandarMuPokerBeb

Cara Menghemat Space/Kapasitas Hosting Agar Tidak Cepat Penuh

Cara Menghemat Space/Kapasitas Hosting Agar Tidak Cepat Penuh

Cara Menghemat Space/Kapasitas Hosting Agar Tidak Cepat Penuh – Kapasitas hosting di bagi menjadi 2 yaitu space hosting dan bandwidth hosting. Space hosting adalah kapasitas penyimpanan file web kita yang kita unggah ke blog seperti gambar, video langsung, teks dan lain sebagainya. Sedangkan bandwidth hosting adalah kuota transfer data internet yang digunakan pengunjung blog untuk me-loading halaman blog kita. Jadi misal paket hosting anda mempunyai space bandwidth sebesar 1 GB/bulan, jika rata-rata ukuran posting artikel di blog anda 100 KB/artikel maka kuota 1GB akan habis jika pageviews blog mencapai 10.000 pageviews. Baik kapasitas hosting dan bandwidth hosting kalau sudah penuh maka kita harus upgrade ke paket hosting dengan kapasitas yang lebih besar.

Rezekibola Asianpoker88

Namun kali ini kita akan membahas mengenai kapasitas hosting/space hosting bukan bandwidth hosting ya? karena kalau bandwidth hosting itu hubungannya dengan trafik dan hal tersebut di luar kendali kita sebagai pemilik blog/web. Namun sebenarnya dengan melakukan beberapa hal berikut bisa juga menghemat bandwidth hosting baik secara langsung maupun tidak langsung. Lalu bagaimana cara menghemat kapasitas hosting anda agar tidak cepat penuh?

Tips Menghemat Space/Kapasitas Hosting Yang Cepat Penuh

Gunakan Hosting Yang Berbeda Untuk File Tertentu

File tertentu disini maksudnya adalah file yang memiliki ukuran yang tidak sedikit, misal saja file video maka anda bisa menggunakan YouTube untuk penyimpanan file video anda. Trus misal lagi file MP3 maka kita bisa menggunakan beberapa layanan di internet untuk mengunggah/menyimpan file MP3. Dengan demikian maka kapasitas hosting anda tidak cepat penuh karena kita hanya menautkan link file bukan menyimpan file pada hosting berbayar yang anda gunakan saat ini.

Pokermas99 Pokermas88

Memperhatikan Ukuran File Yang Diunggah

Kita ambil saja contoh adalah foto/gambar yang kita upload ke media penyimpanan web kita. Jika memungkinkan maka sebaiknya kita mengecilkan ukuran gambar tersebut misal saja dengan menggunakan software edit foto, atau bisa juga menggunakan aplikasi default dari windows yaitu Paint dan Office Image. Namun untuk blog yang bertema fotografi mungkin cara ini kurang efektif ya? karena biasanya kita harus mengunggah file dengan kualitas yang baik dan mungkin anda harus memilih kapasitas hosting yang tidak sedikit.

Menggunakan Plugin

Bagi anda dan saya yang menggunakan CMS WordPress Self Hosted bisa memanfaatkan beberapa plugin untuk agar penyimpanan file hosting menjadi lebih efisien, misal saja WP Optimize yang berguna untuk membersihkan/menghapus riwayat seperti revisi posting artikel, komentar SPAM, komentar moderasi dan lain sebagainya.

Menghapus File Yang Kurang Penting

Langkah selanjutnya untuk menghemat kapasitas hosting adalah dengan menghapus file yang dirasa kurang penting. Kalau untuk file sampah hasil dari kita blogging mungkin kita bisa memanfaatkan plugin yang sudah saya sebutkan diatas. File lain misal saja email masuk di webmail dan file di folder Temp, maka rajin-rajinlah cek untuk secara berkala dan membersihkannya.

Gunakan Tema/Template Yang Ringan dan Hapus Tema Yang Tidak Penting

Saya belum bikin posting kok kapasitas hosting saya sudah berkurang? nah salah satunya adalah dari file template blog anda. Maka ada baiknya menggunakan template blog yang desainnya ringan dan bisa juga anda menghapus template terinstall yang mungkin sudah tidak di pakai lagi.

Cek File Eror Log

File eror ini dapat anda cek pada Cpanel – Logs – Error Log, silahkan anda dapat menghapusnya. File eror ini antara lain terjadi karena ada masalah pada plugin yang kita install.

Gunakan Statistik Eksternal

Misal saja nih untuk statistik trafik pengunjung blog, maka sebaiknya jangan gunakan plugin namun gunakan beberapa layanan statistik trafik pengunjung blog eksternal misal Google Analytics dan Histats. Karena file dan semua data pelaporan trafik pengunjung blog tidak akan di tampung dalam hosting kita.

Hindari Menggunakan Plugin Translator

Beberapa sharing dengan sesama pengguna blog self hosting beberapa waktu lalu menyarankan agar tidak menggunakan plugin translator karena cache yang di hasilkan cukup besar sehingga cukup membebani kapasitas hosting yang kita gunakan.

Jika secara keseluruhan loading blog anda ringan maka sebenarnya bisa juga menghemat kapasitas bandwidth hosting anda. Nah jika beberapa poin di atas di rasa ribet atau tidak memungkinkan untuk melakukannya, maka simpelnya jika kapasitas hosting anda sudah penuh maka sebaiknya upgrade saja ke paket hosting dengan kapasitas hosting yang lebih besar. Demikian tips dan cara menghemat space/kapasitas hosting agar tidak cepat penuh, semoga membantu.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88