DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei

Cara Meringankan Loading Blog Agar Lebih Cepat

Cara Meringankan Loading Blog Agar Lebih Cepat – Salah satu dampak beratnya loading halaman blog adalah kurang maksimalnya jumlah pageviews blog. Loading blog yang lama dan lambat menyebabkan pengunjung blog malas untuk melihat dan membaca artikel lainnya di blog kita dan tentunya ini menjadi sebuah kerugian bagi kita sebagai pemilik blog. Lalu bagaimana cara mengetahui berat loading blog atau kecepatan loading halaman blog? bisa dengan menggunakan tool Google Speed Insight atau juga GTmetrix, kalau saya lebih suka menggunakan GTmetrix. Caranya silahkan kunjungi GTmetrix kemudian masukan URL blog anda dan klik “Analyze” dan dibawah ini contoh hasilnya:

Cara Meringankan Loading Blog Agar Lebih Cepat

Rezekibola Asianpoker88

Untuk contoh pada blog saya pada “YSlow Score” adalah 90% namun sebenarnya bisa lebih cepat lagi yaitu 92%, namun karena ada beberapa CSS yang saya tambahkan pada elemen blog ini seperti Kode Pelacakan menjadikan kecepatan loading blog sedikit melambat. Sepengetahuan saya dari waktu ke waktu loading blog pasti akan semakin lambat apapun penyebabnya dan berapapun persentase penurunannya. Saya pernah membaca sebuah artikel blog yang di posting beberapa tahun yang lalu mengenai tutorial GTmetrix, yang menampilkan hasil Page Speed Score dari blog tersebut namun ketika saya cek pada hari ini hasil Page Speed Score blog tersebut sudah berbeda. Hal tersebut mungkin terjadi karena adanya perubahan atau update dari sistem penjelajahan di internet yang menjadikan adanya perubahan struktur data yang mungkin tidak dimiliki oleh blog kita. Namun saya kira jika penurunan kecepatan loading blog hanya sekian persen mungkin masih wajar dan tidak menjadi masalah yang besar.

Penyebab Loading Blog Berat dan Lambat

Faktor Internal

Faktor Internal adalah penyebab yang berasal dari dalam blog itu sendiri. Jadi memang blog tersebut berdiri dengan komponen atau struktur data yang tidak responsif. Belum lagi jika konten di dalam blog tersebut mempunyai ukuran file yang cukup besar. Untuk faktor internal ini yang selanjutnya akan saya bahas di dalam artikel ini.

Pokermas99 Pokermas88

Faktor Eksternal

Faktor Eksternal adalah faktor yang berasal dari luar dan di luar kendali dari pemilik blog seperti kualitas koneksi internet pengunjung blog yang kurang berkualitas atau bisa juga dari performa dari hosting yang kita gunakan (Blog Self Hosted).

Cara Meringankan Loading Blog Agar Lebih Cepat

1. Dari Segi Web Hosting

Untuk poin yang pertama ini ditujukan bagi pemilik blog Self Hosted atau menggunakan layanan hosting berbayar. Ada beberapa jenis web hosting dan berikut penjelasannya secara garis besar:

  • Shared Hosting adalah satu komputer server hosting yang digunakan oleh banyak akun atau satu server hosting digunakan oleh banyak blog/website (ibarat satu rumah di huni 100 orang)
  • Virtual Private Server (VPS) Hosting adalah satu komputer server hosting dibagi menjadi beberapa bagian sesuai kapasitasnya, biasanya satu server hosting digunakan oleh puluhan akun (ibarat satu rumah di huni 10 orang)
  • Dedicated Server Hosting adalah satu server fisik digunakan oleh satu akun (ibarat 1 rumah di huni 1 orang)

Kebanyakan para pemiliki blog pribadi menggunakan Shared Hosting karena memang harganya yang relatif lebih murah. Namun masalah sering terjadi pada blog yang sudah memiliki banyak pengunjung misalnya puluhan ribu pageviews perhari. Tingginya trafik pada blog tersebut maka menyebabkan beban yang lebih pada server hosting sehingga menjadikan blog lebih lama dan berat saat diakses. Jika sudah seperti ini maka saatnya pemilik blog beralih ke VPS Hosting. Jika anda bertanya mengapa memilih blog dengan hosting berbayar jika ada yang gratis? tentu saja karena ada banyak sekali manfaat memiliki blog dengan domain dan hosting berbayar :)

2. Ganti Template Blog

Menurut saya mengganti template blog ke template yang responsif adalah cara yang lebih simpel dan efektif meskipun mengganti template blog agak menguras waktu. Misalkan template blog yang anda gunakan sekarang berat dan lambat walaupun anda sudah mengotak atik struktur html di dalam template blog saya yakin hasilnya tidak semaksimal menggunakan template blog yang memang sudah di desain responsif. Pada dasarnya template blog yang responsif memiliki berat loading dalam KB yang kecil sehingga sangat ringan sekali. Namun terlalu sering mengganti template blog juga tidak disarankan, jika anda memutuskan untuk tidak mengganti template blog anda mungkin tips selanjutnya bisa anda praktekkan :)

3. Kompres Ukuran Gambar Posting

Dalam dunia internet browsing sangat erat kaitannya dengan kuota ya? tidak hanya paket data yang digunakan, halaman blog kita pun di hitung dalam KB. Ukuran gambar blog dalam KB atau MB juga mempengaruhi berat loading blog terutama pada halaman artikel gambar tersebut berada. Saya tidak tahu pasti berapa ukuran gambar yang disarankan, namun saya pribadi selalu berusaha agar ukuran gambar posting di bawah 50 KB dan menggunakan format gambar yang kompatibel seperti JPG, PNG dan GIF. Jika memungkinkan silahkan kompres ukuran gambar posting blog anda. Tidak harus mendownload aplikasi atau software kompres gambar, bisa menggunakan aplikasi bawaan dari windows seperti Paint atau Office Image.

4. Hindari Menggunakan Background Gambar

Blog dengan background gambar memang terkadang terlihat lebih menarik namun sangat mempengaruhi kecepatan loading blog. Karena untuk membuka blog selain harus memuat konten isi blog di tambah lagi harus me-loading gambar background blog. Jika tidak memungkinkan maka gunakanlah gambar background yang memang ukurannya tidak terlalu besar.

5. Batasi Penggunaan Widget

Terlalu banyak widget di blog juga kurang efektif, maka dari itu cobalah untuk menggunakan widget yang memang dirasa penting saja seperti popular entri, entri terbaru atau juga random entri. Kalau menurut saya blog lebih menarik dengan widget yang simpel dan tidak berlebihan.

6. Kurangi Kode CSS

Salah satu kode CSS adalah kode pelacakan atau tracking code, yang ternyata juga mengurangi sekian persen dari kecepatan loading blog kita. Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, “YSlow score” pada blog ini di GTmetrix adalah 90% dimana sebelumnya adalah 92%. Pada poin ini intinya adalah batasi penambahan kode CSS atau Javascript pihak ketiga pada blog anda untuk hal yang di rasa penting saja.

7. Batasi Animasi Flash (Iklan atau Animasi Lain)

Pada poin ini lebih bersifat optional ya? karena ada beberapa jenis animasi flash baik widget yang kita gunakan atau iklan yang kita pasang di blog sebagai penghasilan kita sendiri. Terlalu banyak animasi flash di dalam blog akan membuat loading blog menjadi lebih berat, contoh saja animasi flash yang memuat gambar bergerak seperti video. Namun kalau animasi flash tersebut berasal dari iklan yang kita pasang, nampaknya kita tidak bisa membatasinya ya? :D

8. Kompres HTML, CSS, Javascript Blog Anda

Meng-kompres HTML dapat meringankan sekian KB loading blog karena proses ini otomatis membuang kode atau node kosong di dalam struktur HTML blog yang sebenarnya tidak perlu atau tidak ada fungsinya sama sekali. Anda bisa meng-kompres HTML blog secara online, ada banyak sekali tools di Google yang bisa anda coba.

9. Batasi Jumlah Posting di Homepage

Kalau untuk cara ini efektif di lakukan untuk meringankan loading blog di halaman utama atau halaman depan blog. Anda bisa coba membatasi jumlah posting di laman utama atau di label yang menjadi halaman utama agar tidak terlalu memanjang ke bawah.

10. Batasi Jumlah Komentar

Anda bisa membatasi jumlah komentar di posting blog anda menjadi beberapa tingkat saja dan tidak memanjang kebawah serta sebisa mungkin jangan gunakan avatar di komentar blog. Anda bisa mengatur komentar menjadi 10 komentar saja di setiap halaman dan membaginya menjadi beberapa halaman, kemudian untuk komentar baru bisa di tampilkan di baris paling atas jangan paling bawah.

11. Tips Lain

  • Batasi jumlah link keluar atau tautan dari situs lain
  • Hindari menggunakan gambar pada header blog
  • Untuk WordPress silahkan gunakan plugin pemaksimalan cache browser seperti “WP Super Cache”
  • Selain WordPress silahkan gunakan file.htaccess untuk memaksimalkan penyimpanan cache browser
  • Perbaiki kesalahan perayapan URL dan broken link pada blog anda

Membuat blog ringan dan responsif menurut saya sebuah keharusan ya, apalagi seperti yang kita tahu bahwa tidak semua pengguna internet di Indonesia dapat menikmati koneksi internet yang cepat dan stabil, baik karena faktor geografis atau karena perangkat yang mereka gunakan. Pastikan juga laman blog kita tidak hanya suport versi dekstop saja tetapi juga suport tampilan mobile phone (Mobile Friendly) karena trend Internet Mobile sekarang sudah sangat luar biasa. Sehingga limpahan trafik ke blog anda tidak hanya datang dari pengguna internet versi dekstop tetapi juga dari para pengguna smartphone. Sekian tips dan Cara Meringankan Loading Blog Agar Lebih Cepat dari saya, selamat mencoba.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88