DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
RezekibolaAsianpoker88

Cara Menurunkan Gula Darah Secara Cepat dan Alami

Cara Menurunkan Gula Darah Secara Cepat dan Alami

Cara Menurunkan Gula Darah Secara Cepat dan Alami – Gula darah adalah suatu istilah yang digunakan pada kondisi keadaan glukosa dalam darah seseorang. Glukosa sendiri merupakan sumber energi utama dalam tubuh ketika yang dialirkan melalui darah. Namun bahayanya jika kadar gula terlalu tinggi pada seseorang maka akan menimbulkan terjadinya penyakit.

Salah satu jenis penyakit yang dapat menyerang seseorang ketika kadar gula dalam darah melebihi dari batas normal adalah diabetes mellitus. Meskipun demikian kadar gula darah yang terlalu rendah pun juga tidak baik yang biasa disebut dengan hipoglikemia. Kondisi demikian ditandai dengan kondisi tubuh dan perasaan yang lelah, kondisi dan fungsi mental yang semakin menurun, mudah tersinggung bahkan kehilangan kesadaran.

Penyebab Kadar Gula Darah Naik

1. Kurang Tidur
Kurang tidur berdampak pada stres kronis pada tubuh, dengan demikian kadar gula dalam darah dapat terus meningkat seiring menambahnya stres tersebut. Seseorang yang kurang tidur juga menyebabkan produksi insulin dalam tubuh menurun.

Pokermas99 Pokermas88

2. Melewatkan sarapan
Berdasar penelitian menyimpulkan bahwa wanita gemuk yang mengabaikan sarapan memiliki tingkat insulin dan kadar gula darah lebih tinggi sesudah makan siang beberapa saat kemudian daripada ketika mereka sarapan. Sedangkan untuk kaum pria yang juga sering untuk tidak sarapan memiliki potensi 21% lebih tinggi terkena diabetes.

3. Rokok
Kebiasaan merokok memang memiliki dampak kesehatan yang sangat serius, termasuk juga bagi penderita diabetes. Semakin tinggi kadar nikotin dalam tubuh menjadikan tingkat kontrol gula darah meningkat. Kadar gula yang tingginya dalam darah dapat meningkatkan resiko komplikasi diabetes yang serius, seperti serangan jantung, stroke, dan juga gagal ginjal.

4. Pemanis buatan
Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kadar gula dalam darah naik. Bahkan dampak yang diberikan dari pemanis buatan ini lebih parah ketimbang penderita mengkonsumsi gula alami berlebih. Meskipun demikian baik pemanis buatan atau gula sebaiknya di konsumsi dalam batas yang normal.

5. Makanan tinggi lemak
Ternyata tidak hanya kandungan karbohidrat yang perlu di perhatikan pada penderita diabetes dalam makanan mereka. Namun ternyata kandungan lemak juga dapat mempengaruhi tingkat kadar gula darah. Mengkonsumsi makanan berlemak dan minum minuman manis beberapa jam kemudian dapat meningkatkan kadar gula darah secara signifikan, ketimbang tidak mengkonsumsi makanan berlemak sebelumnya.

6. Secangkir kopi
Kadar kafein dalam kopi memiliki dampak yang berbeda – beda pada setiap individu. Beberapa orang mengeluhkan bahwa kadar gula mereka naik di siang harinya ketika di pagi harinya mereka meminum kopi. Pada sebagian penderita diabetes memang kafein bisa menjadi sangat sensitif terhadap kadar gula dalam darah.

Cara Menurunkan Gula Darah Secara Cepat

Cara pertama

Ketika gula darah naik sesegera mungkin harus diatasi, karena jika tidak dapat menimbulkan masalah serius lainnya. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghindari kadar gula dalam darah naik, antara lain:

  • Rutin memeriksakan diri ke dokter untuk cek kadar gula dalam darah anda, paling tidak anda rutin melakukan cek up 6 bulan sekali.
  • Jaga berat badan agar selalu ideal, bisa di lakukan dengan cara menjaga pola makan dan juga berolahraga secara teratur.
  • Olahraga secara teratur dapat merubah lemak dan gula menjadi energi. Olahraga seperti angkat beban, fitnes ataupaun sekedar lari kecil akan sangat membantu anda menjaga tubuh tetap sehat.

Cara kedua

Selain mengatur pola makan, asupan nutrisi dalam tubuh juga penting. Olahraga yang teratur juga membantu tubuh anda untuk dapat menjaga kada gula darah selalu normal. Ada beberapa cara alami yang bisa anda lakukan untuk mencegah gula darah mengalami kenaikan, antara lain:

1. Mengkonsumsi Jus Sehat
Mengkonsumsi buah dan sayuran memang penting, tak terkecuali bagi penderita diabetes. Anda dapat mengkonsumsi jus secara rutin tanpa atau dengan tambahan sedikit gula. Beberapa jus yang bisa anda konsumsi antara lain jus apel hijau, tomat, jus semangka dan sayuran segar lainnya.

2. Kacang – kacangan
Makanan yang berasal dari kacang – kacangan dan buah seperti alpukat mengandung asam lemak tak jenuh. Dimana zat ini merupakan komponen penting untuk mengelola kadar gula dalam darah. Asam lemak tak jenuh juga terkandung dalam beberapa jenis makanan lain seperti biji-bijian, buah zaitun, rami, dan minyak zaitun.

3. Telur
Pada sebuah penelitian diterbitkan pada tahun 2008 di jurnal internasional obesitas menemukan bahwa seseorang yang mengalami kelebihan berat badan dan obesitas diberikan dua telur sehari untuk menu sarapan. Telur ini ternyata dapat mengontrol rasa lapar dengan mengurangi insulin setelah makanan. Respon mengendalikan nafsu makan ini dapat mencegah terjadinya fluktuasi kadar glukosa dan insulin.

4. Bawang Putih
Bawang putih dipercaya dari dulu untuk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan kadar gula dalam darah. Pada sebuah penelitian yang dilakukan kepada seekor tikus dan kelinci menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih dapat menurunkan gula darah. Ekstrak bawang putih ini dapat meningkat jumlah insulin pada orang yang terkena diabetes. Meskipun bau nafas yag ditimbulkan dari bawang putih ini tidak sedap, namun bawang putih merupakan bumbu makanan yang baik untuk mengelola kadar gula darah anda.

5. Cuka
Cuka ternyata terbukti dapat menghambat laju peningkatan gula darah dan juga meningkatkan insulin, serta meningkatkan perasaan kenyang setelah makan. Sebuah studi yang dilakukan di Arizona State University menemukan bawa orang-orang yang mengkonsumsi makanan dengan meminum cuka cenderung memiliki kadar gula darah dan insulin yang normal.

6. Kacang Almond
Kacang almond sendiri merupakan sumber zat penting untuk tubuh seperti magnesium, serat dan protein. Almond memiliki kandungan magnesium yang lebih tinggi jika di bandingkan dengan jenis kacang-kacangan lainnya.  Jenis kacang – kacangan termasuk kacang almond juga mengandung kromium yang dapat membantu mengelola kadar gula dalam darah.

Demikianlah beberapa cara yang bisa anda lakukan ketika gula darah naik dan juga menjaga agar gula darah tetap terjaga. Meskipun demikian kunci utama menjaga kadar gula dalam darah adalah untuk selalu menjaga pola makan, olahraga secara teratur dan juga istirahat yang cukup. Jangan biarkan juga diri anda terkena stres, luangkan waktu sejenak untuk menghibur diri anda.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88