DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
BandarMuPokerBeb

Cara Menghemat Baterai Laptop Saat Tidak di Cas

Cara Menghemat Baterai Laptop Saat Tidak di Cas – Laptop sekarang ini bukan lagi merupakan benda asing yang jarang di miliki orang. Sekarang ini hampir semua orang memiliki laptop, dari yang mulai untuk kerja kantoran, kegiatan e-commerce, bisnis, bahkan yang hanya untuk sekedar main game atau browsing saja. Lagi pula harga laptop sekarang ini terjangkau, jika belum ada cukup uang untuk membeli yang baru maka masih bisa membeli bekas.

Baca juga: Tips Membeli Laptop Bekas

Rezekibola Asianpoker88

Laptop ini di topang dengan baterai sebagai suplai dayanya ketika berada di luar ruangan atau tidak di cas (unplug). Namun sayangnya tidak semua baterai laptop itu awet, bahkan ada yang cepat sekali lowbath.

Nah pada kesempatan ini saya ingin share bukan mengenai cara memilih laptop atau baterai laptop, namun ingin memberikan tips bagaimana cara irit baterai laptop ketika digunakan di luar ruangan ketika tidak di cas. Misal saja nih untuk presentasi kerja, atau digunakan di hotspot yang tidak ada stop kontaknya dan lain sebagainya.

Dengan cara ini diharapkan masa hidup laptop sewaktu tidak di cas akan lebih lama, irit dan tidak boros digunakan untuk sesuatu yang tidak penting.

Pokermas99 Pokermas88

Cara Menghemat Baterai Laptop Saat Tidak di Cas

Cara nomor 1, 2 dan 3 berikut dapat anda lakukan dengan mudah di Windows Mobility Center, caranya:

  • Run (teken Windows + R)
  • Ketik ” mblctr “

Kemudian silahkan sesuaikan pengaturan anda:

Cara Menghemat Baterai Laptop Saat Tidak di Cas

1. Gunakan mode baterai hemat daya

Mungkin disetiap laptop namanya berbeda – beda, namun pasti ada mode baterai. Mode baterai digunakan untuk disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan laptop. Misal untuk game maka bisa menggunakan mode baterai “Gaming Power” kalau untuk sekedar multimedia maka bisa menggunakan “Mode Multimedia”.

Nah begitu pula jika digunakan untuk jangka waktu berjam – jam tanpa di cas maka anda perlu mengaktifkan mode hemat daya, contoh punya saya namanya adalah mode “Power Saver”. Cara mengaktifkannya cukup mudah tinggal klik pada icon baterai di Taskbar laptop anda, seperti gambar berikut ini:Cara Menghemat Baterai Laptop Saat Tidak di Cas

Atau untuk melihat ketersediaan mode power lainnya, anda dapat masuk ke Control PanelHardware and SoundPower Option. Dengan anda mengaktifkan mode hemat baterai maka laptop dengan otomatis membatasi kinerja processor agar lebih hemat daya sehingga baterai tidak cepat habis.

2. Jika memungkinkan redupkan layar laptop

Jika memungkinkan juga redupkan pada level paling redup, layar masih tetap terlihat jelas kok asal di dalam ruangan. Caranya kalau di laptop Asus kalau sudah aktif dari F1 sampai F12 anda bisa menekan Fn + F5 secara bersamaan. Atau jika tidak anda dapat masuk ke Control PanelHardware and SoundPower Option pada mode power baterai yang anda pilih klik Edit Plan Settings dan sesuaikan pengaturan kecerahan layar laptop pada Adjust plan brightness.

Cara Menghemat Baterai Laptop Saat Tidak di Cas

Pada gambar di atas, ada dua opsi yaitu pada On battery dan Plugged in. On battery artinya kondisi layar pada saat tidak di cas, dan Pluged in artinya pada saat di cas. Mudah ya?

3. Nonaktifkan koneksi WiFi (WLAN)

Jika laptop anda digunakan tidak untuk mengakses internet, maka matikan WiFi atau WLAN anda. Menonaktifkan bukan berarti anda hanya memutuskan dengan sambungan WiFi sekitar, tapi juga menonaktifkan pencarian jaringan WiFi.

Cara Menghemat Baterai Laptop Saat Tidak di Cas

Caranya cukup tekan Fn dan logo sinyal di deretan F, contoh Fn + F2 pada laptop Asus.

Cara Mengatasi WiFi Eror Tidak Bisa Mendeteksi Jaringan

4. Tutup program aplikasi terbuka yang tidak di perlukan

Laptop dengan OS Windowsnya memang dapat digunakan untuk mengerjakan dan membuka banyak tugas, atau istilahnya Multitasking. Namun hal ini dapat membuat laptop anda semakin boros baterai karena membutuhkan lebih banyak daya.

Misal dalam satu aktifitas anda membuka Ms. Word, Chrome, Notepad, Windows Explorer dan lain sebagainya, namun sebenarnya anda bisa untuk tidak membuka kesemuanya. Maka dari itu tutup program aplikasi yang dirasa tidak penting.

5. Jangan gunakan shutdown jika sebentar saja laptop sudah di hidupkan kembali

Sering kita temui pada beberapa tipe penggunaan laptop pada berbagai orang yang berbeda, mereka melakukan shutdown padahal hanya di tinggal pergi setengah jam. Yang perlu kita perhatikan adalah ketika anda menghidupkan laptop kembali maka daya yang di perlukan jauh lebih besar.

Saran saya jika laptop tidak digunakan dalam jangka waktu beberapa menit, gunakan mode Sleep. Jika laptop tidak digunakan lebih dari satu jam (tidak sampai 1 hari) gunakan mode Hibernate. Caranya cukup klik Start pilih arah kanan pada opsi Shutdown. Nah jika teman – tema belum paham perbedaan Shutdown, Sleep dan Hibernate silahkan simak di artikel saya sebelumnya: Perbedaan Shutdown, Hibernate dan Sleep

6. Nonaktifkan Gadget yang tidak di perlukan

Widget selain penting juga membuat tampilan lebih menarik, namun Gadget ini juga membuat laptop mengkonsumsi daya yang sedikit lebih besar. Jadi anda dapat mematikan Gadget yang tidak di perlukan.

Cara Menghemat Baterai Laptop Saat Tidak di Cas

7. Menonaktifkan program Startup yang tidak perlu

Cara ini juga berguna untuk membuat laptop anda menyala dan stand by lebih cepat. Caranya adalah dengan mematikan program aplikasi yang di rasa tidak perlu di jalankan di background pada saat laptop pertama kali di nyalakan. Caranya:

  • Run (Windows + R)
  • Ketik msconfig kemduian Enter
  • Pada Tab Startup hilangkan ceklist program yang tidak perlu di jalankan saat proses booting laptop

Cara Menghemat Baterai Laptop Saat Tidak di Cas

8. Tips lain

Lepaskan semua yang terhubung ke laptop misal flashdisk, DVD di dalam DVD Room atau yang terhubung ke port USB yang dirasa tidak di perlukan. Kemudian jika anda menggunakan laptop untuk browsing maka penggunaan seperti streaming video, membuka website berat dengan flash atau animasi flash akan membuat baterai lebih boros.

Baca juga: Cara Menjalankan Aplikasi / Game Berat di Laptop Yang Aman

Dengan cara di atas di harapkan penggunaan laptop di luar ruangan lebih awet dan tahan lama, terlebih lagi jika digunakan untuk keperluan yang penting. Wah jangan sampai laptop mati karena kehabisan baterai ya?

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88