DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
RezekibolaAsianpoker88

Cara Menghapus Log Nginx di VPS CentOS Webuzo

Cara Menghapus Log Nginx di VPS CentOS Webuzo

Cara Menghapus Log Nginx di CentOS Webuzo – Pada kondisi default baik Nginx maupun Apache web server akan melakukan perekaman terhadap aktivitas sebuah web atau blog yang mereka handel, file tersebut di muat dalam logs. Mungkin kamu menganggap hal ini tidak akan menjadi sebuah masalah yang besar, tapi ada baiknya kamu simak pengalaman dari admin ini.

Beberapa waktu ini admin sempat merasa bingung karena terkadang web blog sangat berat ketika di akses, padahal ketika di cek penggunaan CPU maupun RAM masih dalam batas wajar. Beberapa hari kemudian web blog down, PhpMyAdmin tidak bisa di akses serta gagal melakukan backup file web dengan kompres zip melalui SSH.

Cara Menghapus Log Nginx di VPS CentOS Webuzo Via SSH

Usut punya usut ternyata penyebabnya adalah disk space server yang penuh, ketika di cek ternyata log Nginx sendiri sudah mencapai 9 GB. Nah cara mengatasi masalah ini tentu saja dengan menghapus file log tersebut. Oh ya untuk mengetahui status penggunaan disk space di VPS, kamu bisa menjalankan perintah df -h.

Pokermas99 Pokermas88

Lokasi file log Nginx itu bisa berbeda – beda, kebetulan admin menggunakan CentOS dengan kontrol panel Webuzo. Lokasi file log ada di /usr/local/apps/nginx/var/log/, nantinya ada beberapa jenis file di dalamnya di antaranya namadomain.com.err, namadomain.com.log, access_log dan nginx.pid.

Ukuran masih – masing file tersebut berbeda – beda, yang paling besar tentu saja log. Kamu hapus semua file di dalam folder log/ pun tidak jadi masalah, berikut caranya:

  • silahkan login via SSH ke VPS kamu
  • masuk ke folder log dengan menjalankan perintah cd /usr/local/apps/nginx/var/log/
  • jalankan perintah rm -f *.err untuk menghapus file ekstensi .err
  • jalankan perintah rm -f *log untuk menghapus file ekstensi log
  • selesai

Untuk situs web atau blog dengan tingkat trafik tinggi maka file log ini cepat sekali membengkak, sebagai contoh web blog ini dengan kurang lebih 12 ribu pengunjung perhari versi Google Analytics, dalam 2 hari saja sudah menghasilkan 400 MB log file.

Cara Menghapus Log Nginx di VPS CentOS Webuzo

Log file pada web server ini berisi  informasi seperti remote addr, remote user, time local, request, status, body bytes sent, http referer, http user agent, http x forwarded dan lain sebagainya.

Sebenarnya pencatatan log ini sangat berguna untuk berbagai kebutuhan analisa dan tujuan tertentu, sebagai contoh untuk mengetahui jumlah pengunjung, IP address pengunjung, browser yang digunakan user, OS yang digunakan dan lain sebagainya.

Baca juga

Jika kamu tidak mau di ambil pusing dan di repotkan dengan selalu melakukan cek space file log dan rekaman tersebut kamu rasa tidak diperlukan, kamu bisa mencoba menonaktifkan log di Nginx, next post admin akan share tutorialnya.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88