DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
RezekibolaAsianpoker88

Cara Mengatur dan Menyiapkan VPS Untuk Hosting WordPress

Cara Mengatur dan Menyiapkan VPS Untuk Hosting WordPress

Cara Mengatur dan Menyiapkan VPS Untuk Hosting WordPress – Sebagian besar blogger dan webmaster lebih memilih menggunakanVirtual Private Server untuk nge-hosting situs mereka. Selain lebih leluasa dan bebas, umumnya blogger ingin menggunakan VPS lantaran trafik blog mereka sudah tidak mampu di tampung lagi oleh shared hosting.

Namun sebagian besar blogger bingung, apa yang meski mereka lakukan dengan VPS yang sudah mereka beli agar bisa digunakan untuk nge-hosting atau migrasi WordPress agar bisa langsung klop tanpa ada error.

Di artikel ini saya ingin memberikan sedikit tutorial bagaimana menyiapkan VPS untuk hosting WordPress. Tujuannya adalah agar anda dapat lebih paham step – step apa saja yang perlu di lakukan dengan VPS anda.

Pokermas99 Pokermas88

Menginstall control panel untuk VPS

Nah jika anda sama sekali tidak paham bahasa pemrograman linux dan cara mengoperasikan VPS sebelumnya, maka anda dapat memanfaatkan control panel agar lebih mudah. Ada banyak macam control panel yang bisa anda pilih, salah satunya adalah Webuzo.

Di bulan pertama anda akan di berikan trial alias gratis, namun di bulan berikutnya anda harus mengaktifkan lisensi Webuzo jika ingin tetap menggunakan control panel ini. Harga lisensi murah kok, hanya $2,5 per bulan, harga ini jauh lebih murah ketimbang anda membayar lisensi cPanel yakni sekitar Rp 180 ribu per bulan.

Secara fungsi sebenarnya cukup untuk sekedar memanajemen hosting WordPress, hanya saja soal tampilan dan fitur berbeda dengan cPanel. Jika anda tertarik menggunakan contol panel ini, anda dapat menyimak tutorial cara install Webuzo di CentOS VPS disini.

Install Nginx, MySQL, dan PHP

Setelah selesai install Webuzo di VPS, selanjutnya adalah install Nginx, MySQL, dan PHP. Oh ya Nginx itu dibaca Engine X ya? merupakan web server yang sedang populer saat ini dan merupakan alternatif lain selain Apache, soal performa pun bisa di katakan lebih baik.

Anda tidak perlu pusing install satu – satu komponen ini, semuanya sudah di sediakan dalam satu paket Stack LEMP (Linux, Nginx, MySQL, PHP) di Webuzo. Anda hanya perlu menginstallnya dalam satu klik saja, berikut caranya:

  • login ke Webuzo dan pilih Enduser Panel

cara install LEMP di Webuzo VPS 1

  • pilih Apps

cara install LEMP di Webuzo VPS 2

  • lihat sebelah kiri atas, Stacks – LEMP Stacks

Cara Mengatur dan Menyiapkan VPS Untuk Hosting WordPress

  • kemudian install LEMP Stack

cara install LEMP di Webuzo VPS 3

Nah sekarang anda sudah berhasil install web server Nginx, MySQL dan PHP. Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Nginx.

Mengatifkan Nginx Web Server

Secara default, VPS anda masih menggunakan Apache sebagai web server. Nah anda perlu mengganti dan mengaktifkan Nginx. Berikut caranya:

  • masih pada menu Apps (Home Webuzo – Enduser Panel – Apps)
  • scroll kebawah hingga anda menjumpai menu Advanced settings dan pilih System Utilities

Cara Mengatur dan Menyiapkan VPS Untuk Hosting WordPress

  • silahkan aktifkan Nginx

Cara Mengatur dan Menyiapkan VPS Untuk Hosting WordPress

  • masih pada menu Advanced settings silahkan pilih Services dan Restart semua program yang terinstall yang aktifCara Mengatur dan Menyiapkan VPS Untuk Hosting WordPress

Langkah terakhir adalah menyesuaikan Nginx agar dapat membaca permalink dan .htaccess dari WordPress. Cara paling mudah adalah dengan reverse proxy Apache, caranya dapat kamu simak disini.

Sampai disini, VPS anda siap digunakan untuk hosting WordPress. Selanjutnya anda dapat memindahkan WordPress anda ke VPS. Tutorial selanjutnya cara migrasi WordPress dari shared hosting ke VPS akan segera di posting.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88