DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
RezekibolaAsianpoker88

Cara Memperpanjang / Membayar Pajak Motor di Samsat Terbaru

Cara Memperpanjang / Membayar Pajak Motor di Samsat Terbaru

Cara Memperpanjang / Membayar Pajak Motor di Samsat Terbaru – Sudah menjadi sebuah kewajiban ya? sebagai warga negara Indonesia yang baik kita harus membayar pajak, tak terkecuali untuk kendaraan bermotor roda dua maupun mobil. Pembayaran pajak kendaraan di lakukan satu tahun sekali.

Untuk melihat kapan tanggal jatuh tempo pembayaran pajak kendaraan bisa kamu lihat di plat kendaraan atau di STNK-nya juga ada kapan tanggal berlaku habis. Pembayaran pajak kendaraan kini bisa di lakukan secara online, namun di artikel ini akan di jelaskan bagaimana proses pendaftaran, prosedur dan step – step dalam memperpanjang STNK atau pajak kendaraan bermotor dengan datang langsung ke kantor Samsat.

Cara Memperpanjang / Membayar Pajak Motor di Samsat Terbaru

Disini admin mencontohkan membayar pajak motor di Samsat Banjarnegara, nah bagi kamu yang berada di Banjarnegara mungkin artikel ini bisa menjadi referensi. Dulu dan sekarang sudah ada sedikit perbedaan, kebetulan admin membayar pajak kendaraan bermotor di tahun 2016 dan mungkin di tahun 2017 atau 2018 masih sama prosedurnya.

Pokermas99 Pokermas88

#Syarat membayar pajak kendaraan bermotor

Sebelum kamu berangkat menuju kantor pembayaran pajak motor, berikut ini syarat yang perlu kamu bawa. Oh ya syarat berikut ini adalah yang asli dan milik orang yang punya kendaraan tersebut ya? misal motor punya bapak, ya kamu bawa KTP bapak kamu. Orang yang membayar pajak gak harus si pemilik kendaraannya kok.

  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau SIM juga bisa
  • BPKB

Nah jika BPKB kamu sedang digunakan untuk meminjam uang maka kamu bisa meminta surat pengantar BPKB ke lembaga tempat BPKB kamu berada, misa di bank, koperasi atau lembaga simpan pinjam lainnya.

Namun pada waktu itu admin tidak di minta BPKB atau surat pengantar BPKB, ketika admin tanya ke salah seorang petugas di Samsat Banjarnegara, dia menyatakan bahwa sekarang sudah tidak di perlukan BPKB untuk membayar pajak tahunan. Tapi buat jaga – jaga sebaiknya kamu bawa saja BPKB atau surat pengantar BPKP tersebut.

#Prosedur, step – step dan petunjuk cara membayar pajak kendaraan bermotor di Samsat Banjarnegara dan rincian biaya

Pertama: Fotocopy berkas

Setelah kamu sampai di Samsat, segera bawah STNK dan KTP kamu ke ruangan Foto Copy, ruangannya ada di sebelah kiri gerbang masuk persis. Nah disana nanti akan di fotocopy STNK dan KTP-nya lalu akan di masukkan ke Map oleh petugasnya, disini kamu bayar Rp 2000.

Kedua: Masuk ke gedung Samsat

Setelah itu kamu langsung menuju ke gedung Samsat dengan membawa Map tersebut. Nanti di pintu masuk akan ada petugas yang memberikan nomor antrian dan kamu membayar lagi Rp 2000.

Nah di dalamnya ada berjejer loket dan monitor nomor antrian, kamu jangan bingung. Urutan yang benar seperti ini:

  1. Loket paling kiri: silahkan kamu menuju loket paling kiri yang ada tulisannya pendaftaran, nanti ketika nomor antrian kamu di panggil silahkan serahkan Map tadi ke petugas, nomor antrian kamu pegang saja, selanjutnya:
  2. Loket tengah: kemudian di loket tengah merupakan bagian kasir pembayaran. Ketika nomor antrian di panggil, siapkan uang dan bayar berapa total pajak yang harus di bayarkan yang di sebutkan oleh kasirnya, kalau kendaraan bermotor biasanya berkisar di bawah Rp 200.000, selanjutnya:
  3. Loket paling kanan: bagian ini merupakan tempat pengambilan STNK, silahkan antri lagi sampai nomor antrian kamu di panggil dan selesai.

Nah penjelasan di atas merupakan step – step teknis cara membayar pajak terbaru di Samsat Banjarnegara. Kalau dulu cara pembayarannya berbeda, kalau dulu seperti ini:

  1. Foto copy berkas yang meliputi STNK Asli, KTP/SIM Asli dan BPKB Asli berikut pembelian stopmap warna kuning dengan harga paket Rp 2.000
  2. Kemudian melakukan pendaftaran di loket SPPKB yang berada di utara Mushola berjarak 10m dengan membayar biaya
  3. Menyerahkan berkas ke loket Pelayanan Pendaftaran dan Penetepan yang lokasinya berada di dalam gedung Samsat, duduk sejenak di area loket tersebut untuk menerima panggilan pengambilan nomor antri
  4. Periksa nomor antrian kamu guna mendengarkan pemanggilan di Loket Pembayaran dan Penyerahan
  5. Tunggu hingga kamu dipanggil guna menerima berkas STNK yang baru berikut SIM/KTP dan BPKB kamu
  6. Proses pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kantor Bersama Samsat Banjarnegara telah selesai

Nah demikianlah prosedur cara membayar pajak motor, contoh di Samsat Banjarnegara. Untuk di kota – kota lainnya kurang lebih step – stepnya sama, hanya beda ruangan dan mungkin beda teknisnya saja.

Baca juga:

Nah bagi kamu yang belum pernah mencoba membayar pajak sendiri, ayo coba bayar sendiri. Masa sudah berani naik motor gak berani bayar pajaknya, di temenin sama bokap lagi he . . just kidding bro ^_^

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88