DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
BandarMuPokerBeb

Cara Memperbaiki Data KTP Yang Salah Terbaru

Cara Memperbaiki Data KTP Yang Salah

Cara Memperbaiki Data KTP Yang Salah – Seringkali saya heran dengan proses pembuatan KTP ini, hingga e-KTP pun masih salah datanya. Sebelum keluar E-KTP kesalahan pada data tanggal lahir saya memang sudah pernah terjadi, namun sudah saya coba urus dan perbaiki. Tapi entah mengapa keluar E-KTP malah tanggal lahir salah lagi, mungkin masih memakai data yang lama kali ya?

Rezekibola Asianpoker88

Baca juga: Cara Membuat Rekening BCA di Luar Kota

Mengingat E-KTP merupakan kartu identitas yang utama, jika anda mempunyai data KTP yang salah hal ini akan menyulitkan anda misal ketika ingin membuat rekening Bank, mendaftar Polri, Mendaftar PNS dan lain sabagainya.

Seperti pengalaman saya beberapa waktu yang lalu kesulitan mengurus pembuatan rekening di luar kota, karena syarat utamanya harus menunjukan 2 kartu identitas yang sama yaitu SIM dan KTP.

Pokermas99 Pokermas88

Namun tetap saja tidak bisa, mereka tidak mau toleransi mengenai data yang salah. Karena E-KTP bisa di cek melalui sistem secara online dan menunjukan data diri kita. Nah, berikut ini cara memperbaiki data KTP yang salah:

Cara Memperbaiki Data KTP Yang Salah

Syarat Yang Dibutuhkan Untuk Ralat KTP

  1. FC Akta Kelahiran
  2. FC Kartu Keluarga
  3. FC Ijazah Terakhir
  4. Bawa KTP yang salah juga
  5. Bawa juga berkas aslinya (berjaga – jaga)

Selanjutnya

  1. Minta surat pengantar Ralat KTP dari RT/RW kemudian ke Kelurahan.
  2. Setelah anda selesai ini itu di kelurahan selanjutnya anda menuju ke Kecamatan
  3. Silahkan menuju ke bagian ralat KTP
  4. Selanjutnya anda akan di minta persyaratan yang sudah di bawa tadi, seterusnya ikuti saja prosesnya
  5. Ketika itu ada biaya Rp 10.000

Jika sebelumnya kita harus ke Dinas Catatan Sipil, namun menurut informasi yang saya dapat saat ini cukup sampai ke Kecamatan saja. Sebagai pengganti KTP yang salah anda akan di berikan selembar Biodata yang di cap/tanda tangan oleh Kepala Camat. Sepengalaman saya, E-KTP yang salah tersebut tidak di tarik atau diminta.

Cara Memperbaiki Data KTP Yang Salah Terbaru

Contoh Biodata ralat KTP

Biodata ini memiliki data yang sudah benar, selanjutnya anda akan di minta untuk meng-copy dan meminta stempel legalisir kembali. Nah selanjutnya anda dapat mempergunakan biodata ini sebagai pengganti atau pelengkap lampiran KTP yang salah.

Sebenarnya penggunaannya adalah sebagai lampiran, jadi kita harus melampirkan fotocopy KTP yang salah. Tetapi pada prakteknya saya hanya menggunakan biodata ini sudah bisa untuk urus ini dan itu.

Seperti itulah secara garis besar cara memperbaiki data KTP yang salah, meskipun saya mencontohkan memperbaiki tanggal lahir, untuk memperbaiki data lain seperti salah alamat, salah nama atau kesalahan pengetikan dan data identitas lainnya kurang lebih urutannya sama.

Baca juga: Cara Memperpanjang SIM C di Polres

Nah bagi anda yang punya pengalaman yang sama, ingin menambahkan atau mungkin bagi anda yang ingin bertanya seputar memperbaiki data E-KTP yang salah silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Vimax Canada

46 Comments

Add a Comment
  1. Apabila ingin mengganti foto apakah diperbolehkan?

    1. Kemungkinan bisa, sebaiknya tanyakan ke petugasnya terlebih dahulu.

  2. vitriyani purba

    Pak saya mau tanya masalah ktp saya,gini pa data di ktp saya sudah di ganti kenapa setelah buka re bank bri masih terbaca data yg lama

    1. Biasanya diberi data pengganti KTP, itu berupa selembar kertas yang menerangkan data yang benar. Ketika mau urus apapun ke Bank maka fotocopy kertas tersebut dan KTP lama yang salah datanya. Biasanya data masih terbaca data yang lama, mengingat yang ralat KTP juga sangat banyak.

  3. Maaf pak ktp saya tnggal lahir nya ngk sama sama ktp lama.pdahl bnyk dokumentasi penting pakei ktp yg lma jadi gimn

    1. Silahkan minta pengantar KTP dari desa beserta syaratnya mas, nanti dari kecamatan akan di kasih selembar kertas identitas pengganti KTP (kalau belum berubah) nanti di gunakan sebagai lampiran KTP yang salah untuk urus apapun bisa.

  4. Gema ramadhanti

    Maaf pak,kalau e-ktpnya salah dalam tahun lahirnya,trus mau memperbaiki,brrti kita punya 2 e-ktp ya?

    1. Ketika saya mengurusnya, e-KTP tetap kita pegang, hanya saja kita di berikan selembar kertas berisi biodata KTP yang benar. Nantinya lembar tersebut dapat di pergunakan (copy) sebagai pengganti KTP atau lampiran tambahan KTP yang salah.

  5. maaf pak mau tanya, rencana saya mau mencairkan saldo JHT tp di alamat saya ada yg salah penulisan di RT , jika di perbaiki prosesnya brp lama y pak dan jika misal tidak langsung jadi apa bisa surat keterangan biodata yg benar bisa di gunakan untuk pengambilan dana JHT trmksh

    1. Tidak butuh waktu yang lama, selama semua syarat sudah lengkap maka hanya perlu mengantri di kecamatan. Biodata langsung jadi hari itu juga, seharusnya Biodata KTP yang di keluarkan oleh kecamatan bisa di gunakan layaknya penggunaan untuk keperluan apapun yang membutuhkan KTP.

  6. maaf pak mau nanya, kan E-KTP saya ada kelebihan satu huruf.. sehingga beda dengan akta lahir, kalau misal saya mengurus E-KTP dan KK.. maka e-ktp yang sebelumnya ditarik atau bagaimana ya? terimakasih…

    1. Sepengalaman saya, tidak ada yang di tarik baik E-KTP maupun KK. Kita hanya di beri selembar biodata data KTP yang benar. Selanjutnya bisa digunakan layaknya KTP.

  7. Permisi pak… data dalam ektp saya benar … tapi saat saya cek online data dgn nik saya.. yang terdaftar memiliki kesalahan dalam nama.. bukan nama saya yang tercantum tapi nama orang lain.. dan itu saya harus bagaimana….

    1. Untuk kesalahan KTP sudah ada bagian yang mengurusnya di kecamatan, silahkan dimulai dari surat pengantar dari desa dulu dan sampaikan permasalahannya, prosesnya mudah kok.

  8. Pak saya kemarin melakukan perekaman di kecamatan ,dan saya sudah diberi e-ktp sementara . Tetapi pas saya lihat tahun lahir saya beda padahal di kk sudah benar. Apakah jika saya kembali lagi besok harus mengulang dari awal? Dari bikin surat pengantar rt/rw ?

    1. Apakah pengantar pertama itu pengantar pembuatan KTP atau ralat KTP? kalau yang pertama surat pengantar ralat KTP seharusnya disana masih ada datanya dan tinggal minta di perbaiki saja. Secara prosedur sebenarnya ketika data di KTP salah maka butuh surat pengantar ralat KTP, tapi kalau terjadinya baru kemarin mungkin bisa coba di tanyakan ke petugas di kecamatan tersebut. Kebetulan admin hanya share pengalaman saja, belum pernah mengalami yang demikian.

  9. ktp saya masih memakai data alamat yg lama caranya gmn tuh

    1. silahkan bisa di perbaiki sesuai data yang benar dengan cara yang sudah di jelaskan di atas.

  10. Pak di kk dan ktp istri saya beda tanggal lahir dari akte dan ijasah,dan belum bikin e ktp,apa bisa memperbaiki data di kk dan bikin e ktp langsung

    1. Bisa coba di tanyakan ke petugas desanya Bp, bagaimana prosedurnya jika kasusnya demikian dengan terlebih dahulu menentukan data mana yang benar. Karena admin juga kurang wawasan untuk mengetahui solusi permasalahan yang lebih kompleks seperti yang Bp alami.

  11. assalamualaikum , bang s.magi
    saya sudah melakukan perekaman e-ktp hari ini atau atau tgl 08-09-2016, tetapi di sistem komputer pihak camat bsgian foto utk tgl lahir sy salah dan blum d cetak e-ktpnya tp saya blum tau sudah d kirim k dinas kependudukan apa blum . apakah bisa d ubah tgl lahir sy mnjadi tgl lahir yg benar . mksh , sangat memonohon jwbnnya bang s.magi

    1. Waalaikumsalam,
      kalau hal tersebut sebenarnya kurang paham dan mungkin bisa di tanyakan ke pihak terkait. Tapi kemungkinan petugas kesulitan jika harus merubah satu dari sekian banyak data menumpuk, tapi tidak ada salahnya di tanyakan. Nanti kalau data e-KTP salah ya harus ngurus lagi, ‘ralat KTP’ namanya.

  12. Pak saya dulu bikin e-ktp pake data orang lain. Apakah saya bisa mengubah data saya sesuai data asli saya? Mohon bantuannya

    1. Bisa mas, karena memang seharusnya data KTP adalah data yang benar, silahkan bisa mencoba melakukan ralat KTP.

  13. Nama di kk jg salah jadi saya mau sekalian ngubah data kk bisa gk? Trs kartu e-ktp yg nama baru langsung diganti gk?

    1. Bisa di perbaiki datanya yang salah, silahkan bisa menuju desa untuk di buatkan surat pengantar ralat data tersebut, semuanya akan di pandu bagaimana prosedurnya. Lebih baik di perbaiki sekarang, dari pada kedepannya mengalami kendala terkait perbedaan data antara KTP ataupun KK.

  14. pak saya mau tanya..suami kan sebelum nikah dg saya tinggal dibekasi..sedangkan saya jakarta ..waktu di kk orangtua suami tgl lahir suami salah tapi di e-ktp benar..kk tidak diperbaiki setelah nikah suami pindah ktp kejakarta..ternyata disurat dinas catatan sipil tgl lahir sama kaya di kk padahal disura5 pengantar rt tgl lahir sama ky di ktp..
    setelah kk yang baru jadi tgl lahir ikut sama kayak kk orangtua..
    saya bilang kepetugas..petugas bilang harus dirubah ke sudinnya..
    yang jadi pertanyaan
    1. apa aja persyaratannya
    2. ke sudinnya langsung ke sudin jakarta timur atau bekasi
    mohon dijawab..dan terimakasih atas informasinya

    1. Kalau sudah ada keterangan pindah domisili, seharusnya di domisili saat ini kamu mengurusnya. Soal persyaratan nanti akan di beritahu oleh petugasnya, artikel ini hanya share pengalaman mohon untuk informasi yang lebih jelas bisa menghubungi pihak yang terkait.

  15. Maaf pak saya kan baru bikin e ktp dan kk baru tapi nama saya huruf nya kurang satu itu ngurus nya ribet ga si pak..

    1. Tidak ribet kok, tinggal minta surat pengantar dari desa beserta persyaratannya apa saja, terus dibawa ke kecamatan, sudah seperti itu saja.

  16. e-KTP pindahan belum dicetak pada keping e-KTP, tapi setelah dicek NIK ternyata alamat belum berubah di alamat baru kota baru dan masih di alamat lama di kota lama.. cara ralatnya sama minta pengantar kelurahan untuk ke kecamatan? Trima kasih

    1. Iya benar sekali, memulainya dari desa, nanti utarakan saja apa permasalahannya, nanti dari desa akan di berikan surat pengantar ralat KTP beserta penjelasan syarat – syarat yang lain atau mungkin bagaimana nanti prosedurnya.

  17. pak masalah saya di ktp tidak ada yang salah tapi pas di cek melalui internet ternyata nama saya salah bagaimana cara perbaikinya pak?
    mohon bantuannya

    1. Kemungkinan hal tersebut karena salah input, karena seharusnya data di eKTP sama dengan data secara online, bisa coba kamu tanyakan prosedur perbaikannya melalui desa terlebih dahulu untuk selanjutnya diberitahu bagaimana prosesnya. Karena data eKTP yang berbeda bisa merepotkan dalam aktivitas sehari – hari terutama dalam proses pembuatan akun.

  18. oh ia trima ksh pak

  19. Pak saya dulu pernah rekaman e-KTP sebelum menikah dan sudah dapat e-KTP. Setelah menikah saya bikin KTP baru dan dikasih KTP model lama. Nah kalo mau bikin E-KTP tinggal ditukar atau rekaman Dr awal?

    1. Untuk memudahkan keperluan – keperluan mas kedepannya, sebaiknya segera menggunakan E-KTP. Karena rekaman e-KTPnya sebelum menikah kemungkinan nanti kalau jadi e-KTP tersebut juga data sebelum menikah. Untuk kasus mas ini bisa coba tanyakan langsung kepada petugas di kecamatan atau yang terdekat bertanya kepada perangkat desanya. Kemungkinan sih harus mendaftar lagi dan rekaman e-KTP lagi dengan data yang sesuai :)

  20. maaf .jika mengganti/merubah satu huruf di KK dan E-KTP. apakah No. NIK jg ikut Berubah?
    nohin jawabannya.
    terima kasih.

    1. Untuk NIK sepertinya tidak berubah, nanti hanya datanya saja yang berubah :)

  21. pak tagl lhir dan nik di ktp el saya salah. tidak sama ama yg di kk.
    apa bisa di perbaiki. mohon jwbn. maksih….

    1. Bisa diperbaiki mas, seperti cara di atas :)

  22. kalau e ktp salah rt rw gimana mengurusnya pak

    1. sama seperti yang sudah di jelaskan di atas ya mas :)

  23. Pa ektp dan kk saya salah nama,tidak sesuai dengan ijazah.cara memperbaikinya gmn yah pa,apakah kk dulu atau ktp dulu?trs skrg ektp blanko kosong,apakah bisa pake ktp sementara

    1. silahkan di jelaskan permasalahan tersebut ke petugas di desa ya mas, saya hanya share pengalaman tidak tahu teknis proses secara mendetail :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88