DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
BandarMuPokerBeb

Cara Membuat Email Domain, Hosting Webmail

Cara Membuat Email Domain, Hosting Webmail –  Email dengan menggunakan domain sendiri ini sering di sebut dengan nama “Webmail”. Contoh webmail yang saya gunakan adalah contact@blogpoin.com, dimana akhiran nama email adalah nama domain blog ini. Jika ada yang bertanya “mengapa membuat email domain kalau ada email gratis, bukankah domain itu harus beli?” Memang benar domain itu harus beli, email domain atau webmail ini sekarang tidak hanya digunakan para pem-bisnis saja, namun juga para pemilik website atau blog self hosted. Secara fungsi sama sekali tidak ada bedanya dengan jenis email apapun, hanya saja dengan menggunakan email webmail jadi “terlihat” lebih profesional.

Untuk menghindari kesalah pahaman anda perlu memperhatikan beberapa penjelasan berikut ini. Meskipun bernama email domain, namun untuk membuat email domain ini tidak cukup hanya dengan mempunyai domain saja melainkan harus mempunyai hosting sendiri/berbayar. Domain hanya nama atau alamat saja, sedangkan hosting adalah tempat menyimpan file web kita termasuk email masuk. Semua hal di internet membutuhkan wadah atau tempat penyimpanan, termasuk juga artikel yang sedang anda baca ini walaupun ukurannya sekian Kilobyte.

Rezekibola Asianpoker88

Jadi jika anda membuat email atau menggunakan email dari Yahoo atau Gmail maka anda tidak perlu memikirkan tempat untuk menampung email masuk anda. Karena email anda sudah di tampung oleh hosting dari Yahoo dan Gmail (Google). Mungkin jika kita memperhatikan, Yahoo Mail sering mempromosikan slogan “Email Yahoo Penyimpanan 1 TB”, yah karena memang kapasitas penyimpanan yang di tawarkan Yahoo Mail cukup besar dibanding dengan yang lain yaitu 1000 GB yang mungkin cukup menampung email anda seumur hidup :D sedangkan untuk penyimpanan dari Google ini adalah 12 GB, jika sudah habis/penuh maka anda perlu upgrade akun anda ke akun premium untuk mendapatkan kapasitas yang lebih besar. Jadi yang di maksud email gratis disini adalah dari segi penyimpanannya, karena anda tidak di kenakan biaya untuk space penyimpanan email anda.

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, untuk membuat email domain atau webmail ini anda harus mempunyai hosting sendiri/berbayar. Karena untuk membuat email domain anda harus mempunyai akses ke cPanel, kemudian username dan sandi cPanel ini bisa kita dapatkan ketikan kita sudah membeli hosting dan mendaftarkan domain kita. cPanel itu bukan aplikasi atau software ya? cPanel itu adalah control panel web hosting kita dan untuk mengaksesnya juga membutuhkan koneksi internet dan menggunakan browser. Jika anda sudah mempunyai domain dan hosting maka cara akses ke cPanel adalah dengan mengetikan http://www.domainanda.com:2082 pada adress bar browser anda. Sekarang kita langsung praktek saja cara membuat email domain atau webmail dari cPanel Hosting.

Cara Membuat Email Domain, Hosting Webmail

1. Silahkan login ke cPanel anda

Pokermas99 Pokermas88

2. Setelah login ke cPanel silahkan anda menuju kelompok menu “Mail“, untuk membuat email domain silahkan anda pilih menu “Email AccountCara Membuat Email Domain, Hosting Webmail3. Pada langkah berikutnya anda diminta untuk mengisi beberapa kolom data yang tersedia, berikut ini saya berikan panduannya:

  • Email: silahkan nama email anda, untuk contoh dari saya saya menggunakan nama “contact” sehingga nanti alamat emailnya menjadi “contact@blogpoin.com
  • Password: silahkan ketik kata sandi anda
  • Confirm Password: silahkan ketik kembali kata sandi anda
  • Password Strength: adalah indikator kekuatan kata sandi anda skala 100
  • Mailbox Quota: silahkan anda pilih berapa kapasitas penyimpanan email yang anda kehendaki, bisa disesuaikan dengan kapasitas hosting anda atau bisa juga anda cek dan hapus secara berkala email yang dirasa kurang penting

Cara Membuat Email Domain, Hosting Webmail

 

4. Jika sudah anda isi semua kolom selanjutnya klik “Create Account” dan jika sudah muncul pemberitahuan “Account Created” maka anda sudah berhasil membuat email domain/webmail

Cara Membuka Email Domain, Hosting Webmail

Setelah kita berhasil membuat email domain/webmail, lalu bagaimana cara login atau membuka email kita? disini ada 2 cara yang bisa anda pilih. Cara pertama anda bisa login ke cPanel kemudian pada bagian “Mail” pilih “Webmail” dan untuk cara kedua anda bisa mengetikan domainanda.com/webmail  di adress bar browser anda, kemudian masukan alamat email dan sandi anda yang sudah anda buat tadi. Saya contohkan seperti gambar di bawah ini:

1. Masuk ke blogpoin.com/webmail dan kemudian saya masukan alamat email dan sandi saya

Cara Membuat Email Domain, Hosting Webmail

2. Setelah berhasil login, kemudian kita bisa memilih fasilitas layanan yang mana yang akan kita gunakan. Disini ada 3 opsi layanan yaitu Horde, Roundcube dan Squirrelmail. Ketiganya mempunyai fungsi yang sama, hanya berbeda tampilan menu di dalamnya saja. Anda bisa mencobanya satu persatu untuk mengetahuinya, jika saya sendiri lebih suka menggunakan Roundcube.

Cara Membuat Email Domain, Hosting Webmail

Bagaimana, tidak sulit bukan membuat email domain atau webmail? Jika kapasitas hosting anda sedikit maka ada baiknya anda hapus email masuk yang dirasa tidak penting secara berkala, terlebih lagi jika hosting kita juga digunakan untuk membuat blog atau website self hosted. Secara tampilan dan fitur, masing-masing penyedia layanan email itu berbeda ya? namun secara fungsi tetap sama. Baiklah, demikian Cara Membuat Email Domain, Hosting Webmail selamat mencoba.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88