DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
BandarMuPokerBeb

Cara Kompres ZIP File Web / Blog Melalui SSH CentOS VPS

Cara Kompres ZIP File Web / Blog Melalui SSH CentOS VPS

Cara Kompres ZIP File Web / Blog Melalui SSH CentOS VPS – Melakukan backup secara rutin file web atau blog kamu itu penting ya? terlebih bagi kamu yang menggunakan VPS tanpa autobackup, berbeda dengan shared hosting yang umumnya sudah memberikan autobackup disana, di VPS jika kamu ingin mengaktifkan fitur tersebut tentunya ada biaya tambahan.

Rezekibola Asianpoker88

Langkah pertama untuk membackup file web kamu adalah dengan mengemasnya ke dalam file ZIP, ada juga ekstensi lain seperti TAR.GZ, namun saya pribadi lebih suka menggunakan ZIP. Nah di artikel ini akan di jelaskan tutorial bagaimana cara mengkompres file ZIP dan UNZIP di CentOS VPS menggunakan akses SSH, disini contohnya menggunakan software PuTTY.

Cara Kompres ZIP (Unzip) File Web / Blog Melalui SSH CentOS VPS

Langkah pertama adalah kamu harus menginstall paket ZIP di VPS kamu, karena secara default umumnya VPS belum terinstall ZIP, nah untuk cara install paket ZIP:

  • login ke VPS kamu
  • jalankan perintah yum install zip
  • jika ada konfirmasi Is this ok [y/N] kamu ketik saja y
  • tunggu sampai instalasi Complete !

Sekarang kamu sudah berhasil menginstall ZIP, sekarang kamu bisa mengemas file web kamu ke ZIP, caranya:

Pokermas99 Pokermas88
  • masih login di VPS
  • masuk ke direktori folder yang ingin di kompres, misal public_html maka kamu harus masuk folder dimana public_html itu berada, caranya: cd /home/username
  • kemudian zip file / folder dengan menjalankan perintah: zip -r backup.zip public_html (backup.zip adalah nama file hasil kompresi nanti, sedangkan public_html adalah target folder yang ingin di kompres)
  • tunggu sampai prosesnya selesai

Nah lalu bagaimana cara ekstrak atau unzip file zip tadi? pastikan kamu sudah menginstall paket unzip ya? caranya jalankan perintah yum install unzip, jika sudah silahkan ikuti langkah berikut:

  • login ke VPS
  • masuk ke folder dimana file.zip berada, misal ada di dalam public_html maka masuk ke folder tersebut dengan cara: cd /home/username/public_html
  • ekstrak file ZIP dengan menjalankan perintah unzip file.zip (file.zip adalah nama file yang di kompresi ke ZIP tadi)

Bagaimana, sangat mudah bukan? oh ya jika kamu ingin melakukan backup file blog / web ke Google Drive atau Dropbox tanpa perlu download dan upload manual, silahkan simak tutorial berikut ini ya?: Pentingnya Melakukan Backup Secara Rutin File Web Kamu

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88