DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
BandarMuPokerBeb

Cara Budidaya Cacing Tanah Untuk Bisnis / Usaha

Cara Budidaya Cacing Tanah Untuk Bisnis / Usaha

Cara Budidaya Cacing Tanah Untuk Bisnis / Usaha – Cacing tanah merupakan jenis hewan yang memiliki banyak manfaat bagi beberapa bidang, diantaranya untuk bidang kecantikan, obat-obatan hingga pada bidang peternakan dan pertanian. Namun, ketersediaan cacing tanah yang masih sangat sedikit membuat proses pemanfaatannya terbengkalai.

Rezekibola Asianpoker88

Meskipun permintaan akan cacing tanah terus meningkat, namun masih sangat sedikit orang yang ingin melakukan proses budidaya cacing tanah ini. Padahal cara budidaya cacing tanah ini terbilang cukup mudah dan tidak memakan banyak waktu. Anda dapat memanfaatkan hal ini sebagai suatu peluang usaha. Cara budidaya cacing dapat anda lakukan dengan mengikuti beberapa arahan berikut ini:

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk melakukan budidaya cacing tanah ialah dengan mempersiapkan media tanahnya terlebih dulu. Anda harus memastikan bahwa lokasi tanah budidaya cacing memiliki kandungan bahan organik dalam jumlah yang besar. Bahan organik yang anda gunakan dapat berasal dari daun-daunan yang gugur atau mati, kotoran ternak atau kompos hingga hewan yang telah mati.

Hal tersebut sangat disukai oleh cacing karena lebih mudah untuk dicerna. Serta, tak lupa persiapkan pula kotak untuk tempat cacing, kotak dapat berasal dari kayu, kaca hingga plastik. Persipakan kotak pemeliharaan cacing yang sesuai.

Pokermas99 Pokermas88

Setelah media tersebut siap, campurkanlah menjadi satu hingga mencapai ketinggian 15 cm. Lalu, tambahkan air secukupnya pada media tanah. Hal ini bertujuan agar medianya dapat gembur dan basah. Cara budidaya cacing berikut ini harus anda lakukan guna mendapatkan proses ternak yang berkualitas dan agar cacing dapat hidup.

Cara budidaya cacing tanah selanjutnya ialah dengan mengaduk keseluruhan bahan hingga rata agar terjadi proses fermentasi. Tunggu hingga waktu empat minggu, kemudian baru tambahkan kotoraan hewan ke medianya dengan perbandingan 70% media hidup dan 30% kotoran ternak dan campur hingga merata.

Anda juga dapat menambahkan kapur hingga 1% dari media hidup guna mendapatkan pH yang netral. Jika pH sudah mencapai angka 6,0-7,2 artinya media telah pas digunakan dan pastikan ukuran kelembapan mencapai 15-30% dengan takaran suhu 15-25oC.

Selanjutnya, masukkan cacing ke dalam media atau wadah yang telah anda persiapkan.
Banyak cacing yang dimasukkan harus seimbang dengan media yang anda persiapkan.

Jika media memiliki berat 2 kg maka cacing juga harus memiliki berat yang sama yakni 2 kg juga. Guna melakukan pencegahan terhadap proses kekeringan, anda dapat melapisi permukaan media dengan pastik, karung atau bahan-bahan lain yang sekiranya tidak akan tembus oleh cahaya.

Cara budidaya cacing berikutnya ialah dengan memberikan suplai makanan kepada cacing sesuai dengan kebutuhannya. Anda dapat memberikan makanan berupa kotoran hewan, baik berupa kotoran sapi, kambing hingga ayam. Sesuaikan pakan dengan jumlah cacing, jika cacing seberat 2 kg maka begitu juga dengan berat pakan yang hendak dimasukkan. Sebelum pakan dimasukkan ke kotak, pastikan menjadikan pakan sebagai bentuk bubuk atau bubur dulu.

Begitulah cara budidaya cacing tanah yang dapat anda implementasikan sendiri. Agar mendapat hasil yang diinginkan, lakukan sesuai petunjuk.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88