DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
BandarMuPokerBeb

Cara Blogwalking Yang Benar Dalam Membangun Backlink

Cara Blogwalking Yang Benar Dalam Membangun Backlink – Bagi sobat Bloggers pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya blogwalking, bagi yang belum paham apa sih pengertian dari blogwalking itu? Blogwalking adalah berasal dari kata “blog” yang artinya blog dan “walking” yang artinya berjalan, jadi blogwalking adalah kegiatan mengunjungi dan berkomentar ke blog atau artikel blog lain. Lalu apa sih manfaat dari blogwalking itu? bukannya dari pada komentar di blog lain mending fokus bikin artikel? Baik deh, coba kita simak manfaat dan fungsi blogwalking yang berikut ini.

Cara Blogwalking Yang Benar Dalam Membangun Backlink

Rezekibola Asianpoker88

Fungsi, Manfaat dan Tujuan Blogwalking

Membangun Backlink ( Link Building)

Kegiatan blogwalking merupakan salah satu cara mendapatkan backlink yang masih banyak di lakukan para blogger sampai saat ini. Cara mendapatkan backlink dari blogwalking adalah dengan berkomentar pada blog dengan meninggalkan link aktif, contohnya pada blog yang mengijinkan komentar URL pada kolom Name. Sebenarnya bisa saja menyelipkan link hidup dengan anchor text pada kolom komentar, namun hal ini kurang di sarankan kecuali jika pemilik blog mengijinkannya.

Menjalin Silaturahmi Sesama Blogger

Dengan melakukan kegiatan blogwalking maka secara tidak langsung kita ikut berkunjung dan meramaikan blog lain. Selain menjalin silaturahmi terkadang kita juga bisa saling mem-follow blog, hal ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi kita. Menjalin silaturahmi sesama blogger melalui blogwalking nampaknya tidak akan ada habisnya ya? karena ada beribu-ribu blog di Indonesia :D

Promosi dan Mengenalkan Blog

Blogwalking juga bisa di manfaatkan sebagai media promosi, lalu promosi yang bagaimana? bukan promosi dengan berkomentar jual produk ini itu loh :D Maksud promosi disini adalah jika kita sering berkunjung dan berkomentar di blog lain maka orang-orang akan hafal dengan nama kita di kolom komentar. Dengan catatan kita konsisten untuk menggunakan nama yang sama di kolom komentar seperti yang banyak blogger lakukan, nama di kolom komentar biasanya identik dengan nama blog mereka.

Pokermas99 Pokermas88

Menyerap Ilmu Dari Blog Lain

Salah satu manfaat dari blogwalking adalah dengan kita membaca dan memahami isi artikel di blog lain maka kita secara tidak langsung mendapatkan wawasan dan pengetahuan lebih. Maka dari itu memahami isi artikel sebelum berkomentar memang sangat di sarankan, selain mendapatkan wawasan lebih kita juga bisa terhindar dari komentar spam dan dihapusnya atau tidak di publishnya komentar kita karena tidak on topic.

Meningkatkan Trafik Blog

Poin kali ini kaitannya lebih kepada manfaat backlink yang sudah saya bahas dalam artikel sebelumnya. Trafik sebuah blog bisa meningkat berlahan seiring dengan meningkatnya  popularitas blog tersebut. Baclink adalah salah satu faktor yang mempengaruhi popularitas sebuah blog, karena seringkali search engine menilai popularitas sebuah blog adalah dari jumlah backlink yang relevan. Salah satu dampak dari meningkatnya popularitas sebuah blog adalah mudahnya blog tersebut beserta konten di dalamnya untuk muncul di laman pertama SERP (Search Engine Result Page) yang merupakan lahan basah trafik blog. Bisa saja trafik berasal langsung dari klik pembaca blog yang melihat komentar kita di artikel yang mereka baca, namun hal ini jarang terjadi.

Cara Berkomentar Yang Baik dan Benar di Blog Lain

# Baca Peraturan Tuan Rumah

Ada beberapa pemilik blog yang memberikan pesan dan peraturan di atas kolom komentar, biasanya berisi aturan yang harusnya kita patuhi. Antara lain pesan atau aturan tersebut adalah tidak boleh berkomentar SPAM, tidak boleh menautkan link aktif dan lain sebagainya. Jika sudah di tentukan aturan seperti demikian maka hendaknya kita patuhi betul, hal ini bertujuan agar komentar kita tidak di hapus atau agar komentar kita di publish pada moderasi komentar.

# Komentar Yang Berkualitas

Cara satu-satunya agar komentar kita terlihat baik dan tidak terkesan hanya mencari backlink semata adalah dengan membaca atau memahami terlebih dahulu isi dari artikel tersebut. Usahakan jangan memberikan komentar yang singkat terlebih lagi tidak on topic atau terkesan umum seperti nice post, sangat bermanfaat sekali, dan lain sebagainya. Memang tidak salah, namun sebaiknya isi komentar adalah berupa kalimat tanya, apresiasi, atau tanggapan dan sanggahan itu akan lebih baik. Jangan sampai waktu yang kita gunakan untuk blogwalking menjadi sia-sia karena kita hanya mengejar kuantitas bukan kualitas.

Cara Blogwalking Yang Benar Dalam Link Building

Nah sampai juga kita pada topik bahasan yang utama, jika sebelumnya kita sudah tahu apa manfaat dan bagaimana cara blogwalking sekarang kita membahas sedikit mengenai link building. Apa yang dimaksud dengan link buildingLink building adalah kegiatan mencari dan membangun backlink, sedangkan backlink adalah link blog kita yang tertaut atau di tautkan pada situs web lain baik secara natural atau buatan. Salah satu manfaat backlink adalah memperkuat posisi blog si SERP dan berpengaruh dalam peningkatan ranking blog.

Salah satu tujuan utama kita melakukan blogwalking adalah mencari dan membangun backlink. Namun kita tidak boleh sembarangan melakukannya, mengapa demikian? baiklah berikut ini adalah cara dan tips yang benar dalam melakukan blogwalking yang kaitannya dengan link building.

 1. Pilih Blog Yang Populer

Mencari blog yang populer itu sebenarnya tidak sulit asal kata kunci yang kita cari merupakan kata kunci yang umum. Karena biasanya blog yang populer artikelnya mudah muncul di laman pertama SERP. Sebenarnya jika kita menautkan URL pada komentar di blog lain, blog tersebut membagi popularitasnya ke blog kita. Sehingga jangan heran jika anda rajin blogwalking dan kemudian ranking Alexa anda mudah ramping.

Nah jika anda ingin menargetkan pada blog-blog yang sudah populer maka anda bisa menggunakan bantuan plugin pada blowser anda seperti MOZ, SEOquake dan lain sebagainya. Sehingga anda dapat mengetahui reputasi blog tersebut di SERP sebelum anda mengunjunginya. Popularitas yang dimaksud disini adalah ranking blog tersebut, DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority).

2. Blog Dofollow

Seperti yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya mengenai perbedaan dofollow dan nofollow, blog dofollow adalah blog yang mengijinkan link yang tertaut di dalamnya untuk di telusuri secara penuh sumber link tersebut oleh crawler bot, termasuk URL komentar kita. Anda bisa mencari blog dofollow dari mencari artikel mengenai daftar blog dofollow yang bisa anda cari di Google.

Untuk memastikan blog tersebut dofollow atau tidak anda bisa menggunakan plugin seperti SEOquake pada browser Google Chrome ataupun Mozila Firefox. Cara menggunakannya cukup “Enable” plugin tersebut dan ceklist pada “Highlight no-follow” dengan klik ikon plugin SEOquake di pojok kanan atas bar browser. Jika link komentar URL di artikel blog tersebut di coret berarti blog tersebut nofollow dan jika tidak di coret berarti dofollow.

3. Blog Tanpa Moderasi Komentar (Auto Aprove)

Jika memungkinkan maka carilah blog yang tidak menggunakan moderasi komentar. Moderasi komentar bisa saja merugikan kita jika blog tersebut sudah jarang atau bahkan mungkin sudah tidak pernah di urus lagi sama pemiliknya, lalu sampai kapan komentar kita akan di moderasi? Sama seperti cara di atas anda bisa mencari artikel mengenai daftar blog dofollow dan auto aprove di Google. Jika anda kesulitan mencari blog auto aprove maka coba cara nomor 4 di bawah ini:

4. Blog Aktif dan Selalu Update

Ada beberapa hal yang menandakan bahwa blog tersebut masih aktif dan selalu update, yaitu dari tanggal posting artikel terbaru atau terakhir. Jika tidak maka anda bisa memodifikasi pencarian di Google melalui “Alat penelusuran” kemudian pilih rentang waktu pencarian. Dengan demikian kemungkinan komentar kita tidak akan lama tertahan di moderasi komentar, karena admin blog masih rajin membuka dasbor blognya. Kemudian ada baiknya anda lihat komentar terbaru di artikel blog tersebut, kemudian silahkan kunjungi link blog tersebut.

5. Variasi Ekstensi Domain

Cobalah berkomentar pada beberapa blog dengan berbagai ekstensi domain seperti .com, .web.id, .net, .go.id, .ac.id, .edu, .gov dan lain sebagainya. Caranya bisa dengan menggunakan kode Footprint, ketikkan keyword“site:.web.id di kotak penelusuran Google dan silahkan ubah akhiran domain yang anda targetkan. Jangan lupa setel juga rentang waktu pencarian dan gunakan juga plugin seperti yang sudah saya sebutkan di atas untuk mengetahui peringkat blog tersebut.

6. Gunakan Kode Footprint

Footprint adalah kode yang kita ketikkan di search box mesin pencari dengan tujuan memperoleh target pencarian yang lebih akurat, karena kode ini akan dipahami oleh mesin pencari. Target pencarian yang di maksudkan disini misal saja anda ingin mencari backlink dari Guest Book di situs EDU, maka kode yang digunakan site:.edu “Get your free guestbook service!!”. Silahkan anda bisa mencoba mencari kode tersebut di Google, karena sudah banyak sekali blog yang mem-postingnya. Dengan menggunakan footprint code maka pencarian kita akan lebih akurat, efektif dan efisien.

7. Blog Dengan Niche Atau Topik Yang Sama

Ada baiknya anda blogwalking pada blog yang memiliki kesamaan topik. Atau jika tidak maka berkomentarlah pada salah satu artikel dalam blog tersebut yang memiliki judul yang relevan dengan topik blog kita. Berkomentar di blog lain yang memiliki topik yang berbeda sebenarnya menurut saya tidak terlalu jadi masalah, namun ada baiknya kita memilih blog yang memiliki kesamaan konten.

8. Gunakan Kata Kunci Yang di Bidik

Jika anda berkomentar menggunakan URL homepage mungkin anda bisa menggunakan nama yang identik dengan blog anda. Namun jika anda mem-backlink sebuah artikel menggunakan backlink blogwalking maka anda bisa menggunakan kata kunci artikel tersebut. Ada baiknya anda gunakan lebih dari satu backlink untuk artikel anda dan gunakan variasi kata kunci.

Namun mem-backlink artikel tidak menjamin artikel kita akan bisa masuk laman pertama SERP. Karena bukan hanya jumlah backlink yang menjadi faktor penentu posisi artikel di SERP melainkan banyak faktor lain seperti popularitas blog, optimasi Onpage artikel blog, tingkat persaingan kata kunci dan lain sebagainya. Untuk backlink artikel ada baiknya anda memanfaatkan forum-forum online, cari topik bahasan yang relevan dengan artikel anda dan tautkan link artikel anda sebagai referensi sumber atau untuk memperkuat jawaban anda.

9. Bookmark Blog Kesukaan Anda

Silahkan bookmark blog yang menjadi favorit anda saat blogwalking, misal saja blog dofollow auto aprove dan blog yang admin-nya bersedia komentar balik. Sehingga anda bisa mengunjungi blog tersebut di lain waktu, atau anda bisa juga membangun backlink melalui blogwalking menggunakan blog anda yang lain. Anda juga bisa mengajak blog tersebut untuk saling mem-follow, sehingga dia dan anda selalu tahu update artikel blog terbaru.

Baik blogwalking pada blog dofollow atau nofollow saya kira kita tetap mendapat manfaatnya terlebih jika blog tersebut memiliki PR yang tinggi. Manfaat yang saya dapat dari blogwalking adalah ranking Alexa blog ini lebih cepat ramping, meskipun saya tidak terlalu gencar dalam blogwalking. Dengan intensitas update rutin satu atau dua hari sekali, dalam satu bulan sudah bisa mendapatkan peringkat Alexa 1,1 juta untuk Global dan 15 ribu untuk ID.

Jika anda bertanya “berapa banyak blogwalking per hari?” saya tidak tahu berapa angka pastinya, mungkin untuk blog baru cukup beberapa biji saja per hari. Jika kita mengikuti beberapa tips diatas dan mencoba untuk tidak menautkan link aktif di komentar blog, kemungkinan masih aman-aman saja. Baiklah, saya kira cukup sekian artikel mengenai Cara Blogwalking Yang Benar Dalam Membangun Backlink semoga bisa menambah wawasan kita seputar dunia blogging dan terimakasih sudah berkunjung ke blog ini.

Vimax Canada

9 Comments

Add a Comment
  1. terima kasih atas informasi yang sudah mas berikan .
    sangat cocok dan mudah dimengerti untuk pemula seperti saya .
    sekali lagi saya ucapkan terima kasih :)

    1. Iya mas Wahyu, sama – sama :)

  2. sangat membantu sekali gan,,,terimakasih banyak gan.
    Di tunggu artikel selanjutnya…

  3. Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
    Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

    1. Terimakasih :) Aamiin

  4. bagi saya ini adalah informasi yang sangat sangat baik, karena isinya membuat kita menjadi lebih tahu dan belajar lebih banyak tentang Cara Blogwalking Yang Benar Dalam Membangun Backlink, sehingga akan sangat menambah wawasan, saya ucapkan banyak terima kasih gan…

  5. thanks infonya gan.. semoga bermanfaat

    salam dari jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88