DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei

Berbagai Mitos Orang Jawa Yang Wajib Anda Tahu

Rezekibola Asianpoker88

Berbagai Mitos Orang Jawa Yang Wajib Anda Tahu

Berbagai Mitos Orang Jawa Yang Wajib Anda Tahu – Mitos memang erat kaitannya dengan hal – hal ghaib atau tak kasat mata, sehingga terkadang sulit membuktikan secara ilmiah kebenarannya. Meskipun demikian sebagian besar percaya bahwa tidak semua mitos adalah tahayul, tentunya setiap orang mempunyai pendapat sendiri – sendiri bukan?

Pada umumnya sebuah mitos berkembang karena memang dahulunya mitos tersebut memang benar – benar terjadi. Di Indonesia banyak sekali mitos yang berkembang berlatar belakang suku dan budaya, namun kali ini kita akan membahas khusus Mitologi dari Jawa. Lalu apa saja mitos orang/budaya Jawa yang berkembang sampai saat ini?

Berbagai Mitos Orang Jawa Yang Wajib Anda Tahu

1. Pertanda Dari Suara Burung

Suara burung tertentu menurut orang Jawa bisa menjadi sebuah pertanda, baik ataupun buruk. Contoh suara burung yang menandakan pertanda baik dan buruk antara lain:

Pokermas99 Pokermas88
  • Burung Prenjak, jika kita mendengar atau suara burung Prenjak berkicau di sekitar rumah kita itu tandanya kita akan mendapatkan rizki, entah berupa uang atau akan ada sanak saudara kita dari jauh yang akan mengunjungi kita.
  • Burung Gagak (sejenisnya), bunyi burung gagak merupakan pertanda yang buruk. Misal di sebuah desa selama beberapa hari ada burung gagak yang berbunyi terus menerus, hal tersebut menandakan akan adanya musibah di desa tersebut misal saja kematian seseorang.

2. Celaka Bila Menabrak Kucing

Menabrak kucing di jalan merupakan pertanda buruk bagi orang yang menabraknya. Misal saja seseorang ingin pergi ke luar kota kemudian tidak sengaja menabrak kucing, maka sebaiknya orang tersebut membatalkan perjalanannya. Untuk menghindari musibah yang mungkin terjadi, kita harus merawat kucing tersebut jika masih hidup atau menguburkannya jika mati.

3. Dilarang Bersiul Di Sore (Magrib) dan Malam Hari

Dalam mitos Jawa kita di larang bersiul saat petang/malam hari. Bersiul di malam hari di anggap sebagai panggilan terhadap makhluk halus.

4. Dilarang Bepergian Di Hari Sabtu

Orang Jawa menganggap hari sabtu adalah hari yang kurang baik untuk bepergian. Sehingga tak jarang orang tua yang melarang anaknya untuk bepergian jauh di hari sabtu dan menyarankan untuk menunda di hari yang lain.

5. Satu Keluarga Di Larang Pergi Bersama Jarak Jauh

Misal saja saya dan adik saya ingin pergi ke sebuah kota yang jauh, maka sebaiknya saya tidak berboncengan dengan adik saya melainkan adik saya harus ikut kendaraan lain. Saya pribadi menganggap hal ini untuk mengantisipasi terjadi sesuatu hal dijalan sehingga tidak mencelakakan satu keluarga. Misal saja terjadi musibah kecelakaan, maka paling tidak salah satu dari keluarga tersebut masih bisa selamat.

6. Ayam Berkokok di Malam Hari

Untuk mitos ayam berkokok di malam hari ada 2 anggapan yang berbeda, yaitu:

  • Adanya gangguan makhluk halus
  • Akan adanya perawan hamil di luar nikah 😀

7. Pamali Tidur di Sore Hari

Dilarang tidur di sore hari ini maksudnya adalah di larang tidur di kala magrib, waktu magrib di anggap waktu dimana kita harus sadar dan terjaga.

8. Tangan Tidak Boleh Bersilang di Belakang (Gendong)

Menyilangkan tangan di belakang seperti sedang menggendong sesuatu di larang oleh orang Jawa. Mereka menganggap menyilangkan tangan di belakang bisa mendapat cibiran orang bahwa kita memelihara tuyul.

9. Tidak Boleh Menyisakan Makanan

Menyisakan makanan dalam mitos Jawa merupakan hal yang di larang. Ketika kita sedang makan maka harus habis sampai bersih (makan nasi di piring). Makanan yang paling terakhir di anggap sebagai berkah dari makanan tersebut.

10. Ada Kupu – kupu Masuk Dalam Rumah

Jika anda kupu – kupu masuk ke dalam rumah tandanya akan ada tamu yang datang ke rumah kita.

Mitos Orang Jawa lainnya:

  1. Dilarang menaruh tangan di atas kepala nanti orang tua akan cepat mati
  2. Dilarang duduk di depan pintu karena akan jauh dari jodoh
  3. Dilarang tidur bangun siang karena rizki akan di patok ayam
  4. Dilarang main api dirumah nanti di kejar Kuda
  5. Buang air besar/kecil di larang menghadap barat atau timur
  6. Potong rambut dan kuku di hari jumat atau pasaran Manis/Legi
  7. Menyembelih hewan tanpa berdoa membuat daging berbau amis
  8. Dilarang duduk di atas bantal, karena saru atau pamali
  9. Kuping terasa panas pertanda sedang orang lain sedang membisiki kita
  10. dll

Banyak bukan? lalu apakah anda percaya dengan hal tersebut. Jika saya pribadi mempercayai mitos yang berkembang di Indonesia karena saya menganggap bahwa sebuah mitos sudah pasti ada sejarahnya.

Baca juga:

Terlebih lagi sebagai orang Indonesia kita juga harus tahu apa saja yang menjadi adat berbagai suku di Indonesia, sebagai bukti cinta kita terhadap budaya tanah air kita. Saya rasa cukup sekian Berbagai Mitos Orang Jawa Yang Wajib Anda Tahu, terimakasih sudah meluangkan waktu berkunjung ke blog ini.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88