DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
BandarMuPokerBeb

Berapa Lama STNK Motor Baru Keluar Dari Dealer?

Berapa Lama STNK Motor Baru Keluar Dari Dealer?

image: Merdeka.com

Berapa Lama STNK Motor Baru Keluar Dari Dealer? – “Wah motor baru nih, sudah tidak sabar di bawa jalan – jalan ke luar kota tapi STNK belum keluar nih”. Inilah alasan terkadang seseorang malas untuk membeli motor baru untuk keperluan harian, selain harus inreyen kita juga harus menunggu Surat Tanda Nomor Kendaraan dan plat nomor keluar.

Umumnya plat nomor belum bisa langsung di ambil, tapi paling tidak jika STNK sudah keluar kita bisa menggunakan plat sementara yang bisa kita pesan di bengkel pinggir jalan. Nah lalu berapa lama sih STNK untuk kendaraan baru ini keluar?

Rezekibola Asianpoker88

Berapa Lama STNK Motor Baru Keluar Dari Dealer?

Secara umum, kurang lebih dalam waktu 2 minggu STNK sudah keluar dan disampaikan oleh dealer tempat kamu membeli motor tersebut. Bersamaan dengan STNK tersebut biasanya di sertakan selembar kertas yang merupakan surat untuk mengambil plat nomor kendaraan di samsat.

Tapi biasanya plat nomor kendaraan lama keluar, jadi jika harus menunggu rasanya kurang efektif karena motor ingin lekas digunakan. Kamu bisa membuat plat nomor sementara di pinggir jalan, buat plat nomor yang biasa saja biar gak di semprit pakpol.

Kabarnya untuk penggunaan dalam kota sebelum STNK keluar kita bisa meminta surat jalan ke dealer bersangkutan yang menerangkan bahwa surat – surat kendaraan tersebut sedang di proses. Tapi saya sendiri belum pernah mencobanya, hanya mendengar kabar saja.

Pokermas99 Pokermas88

Lalu amankan mengendarai motor tanpa STNK?

Ternyata ada pasalnya loh guys kalau mengendarai kendaraan bermotor tanpa di lengkapi surat – surat seperti STNK.

Pasal 288 UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UULLAJ)

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (5) huruf a dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).”

Nah kalau tanpa plat nomor juga ada pasalnya:

Pasal 280 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UULLAJ)

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).”

Baca juga:

Meskipun beberapa pengalaman pengendara berbeda ada yang di tilang dan ada yang hanya di tegur. Tapi sebaiknya kita antisipasi hal tersebut, jangan sampai kena tilang, apalagi kalau sudah masuk tanggal tua (ups . . .)

Vimax Canada

2 Comments

Add a Comment
  1. Pak mau tanya, apakah kalau mengurus legalisir faktur di polres itu bayar? Trus apakah ada landasan k\hukumnya karena saya ketika legalisir dimintai Rp 765000

    1. Kebetulan admin kurang paham tentang pasal dan landasan hukumnya, mungkin bisa menanyakan hal tersebut ke pihak yang berkompeten. Tapi sekarang sudah jadi hal yang lumrah juga sih, urus berkas atau dokumen apapun dan dimanapun ya pasti ada ‘itunya’, cuma jarang sekali orang yang memperhatikan apakah hal tersebut ada landasan hukum atau memang aturan wajibnya, maaf ya tidak bisa membantu banyak :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88