DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei

Benarkah Membaca Sambil Tiduran Dapat Merusak Mata?

Rezekibola Asianpoker88

Benarkah Membaca Sambil Tiduran Dapat Merusak Mata?

Benarkah Membaca Sambil Tiduran Dapat Merusak Mata? – Ingatkah anda sewaktu kecil dulu sering di ingatkan oleh orang ayah atau ibu anda untuk tidak membaca sambil tiduran? Mitos yang berkembang, mengatakan bahwa membaca sambil tiduran baik itu tengkurap atau terlentang memberikan efek samping yang buruk untuk kesehatan mata.

Ada yang mengatakan bahwa membaca buku sambil tiduran dapat menyebabkan mata minus, kemudian ada lagi bentuk kerusakan mata seperti rabun. Lalu benarkah bahwa membaca buku sambil tiduran dapat mengganggu kesehatan mata?

Membaca Sambil Tiduran Tidak Merusak Mata

Dari berbagai sumber ilmiah yang admin rangkum, tidak ada hubungan secara langsung antara membaca sembari tiduran dengan kerusakan mata. Kerusakan mata dapat di sebabkan oleh beberapa perlakuan yang kurang baik seperti membaca buku terlalu dekat dan pencahayaan yang kurang ideal.

Pokermas99 Pokermas88

Namun membaca sambil tiduran ternyata dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan mata secara tidak langsung, jika:

  • tidak memperhatikan jarak buku dengan mata, membaca sambil tiduran cenderung memberikan jarak yang lebih dekat antara buku dengan mata. Jarak baca yang di sarankan adalah berkisar 30 cm.
  • cahaya terhalang buku, cahaya yang minim dalam membaca membuat mata bekerja lebih keras untuk melihat objek pandangan. Pada umumnya posisi lampu ruangan berada di atas, ketika seseorang membaca sambil tiduran biasanya cahaya lampu akan terhalang oleh buku sehingga halaman buku menjadi lebih gelap.

Membaca sambil tiduran membuat mata mudah lelah . .

Posisi membaca yang ideal adalah menempatkan objek bacaan di bawah sudut pandangan lurus mata (disarankan 60 derajat arah bawah) dengan jarak bacaan 30 cm. Namun ternyata membaca dengan posisi tubuh berbaring atau tengkurap cenderung membuat mata cepat lelah. Otot mata menjadi tegang terus menerus sehingga anda perlu segera mengistirahatkan mata anda.

Jika terpaksa, anda dapat membaca buku sembari menyandarkan tubuh ke dinding dengan posisi duduk dengan posisi buku di bawah sudut pandangan mata. Cara ini jauh lebih baik ketimbang anda membaca buku sembari tengkurap ataupun menengadah menghadap atas.

Baca juga:

Kondisi dan cara membaca yang di sarankan . .

Selain menjaga sudut dan jarak mata dengan objek baca, tips sehat yang bisa anda lakukan untuk hobi membaca anda antara lain:

  • membaca sambil duduk
  • pastikan objek bacaan anda tidak bergerak, seperti contoh buruk membaca di dalam mobil
  • bola lampu susu (40 watt) lebih di sarankan ketimbang lampu neon, cahaya dari bola lampu susu cenderung tidak silau

Ketika mata anda terasa lelah dan tegang anda dapat merelaksasi mata anda dengan melihat objek yang jauh namun dengan pandangan mata yang tidak fokus. Jika anda memandang objek jauh kemudian fokus mengamati salah satu titik, sama halnya mata anda tidak istirahat.

Membaca sambil berjalan kaki juga dapat memberikan dampak yang lebih buruk, bisa saja ketika anda membaca sambil berjalan tiba – tiba anda tersesat, nabrak dinding, masuk selokan atau tercebur ke sungai ^_^

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88