DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
RezekibolaAsianpoker88

Benarkah Melihat Gerhana Matahari Bisa Membutakan Mata?

Benarkah Melihat Gerhana Matahari Bisa Membutakan Mata

Benarkah Melihat Gerhana Matahari Bisa Membutakan Mata? – Baru – baru ini sedang hangat – hangatnya pemberitaan gerhana matahari yang akan terjadi di tanggal 9 Maret 2016 nanti. Gerhana matahari ini merupakan gerhana matahari total yang berlangsung dalam 33 tahun sekali. Terakhir kali fenomena ini terjadi di tahun 1983 silam.

Tentunya semua orang mengetahui bahwa melihat gerhana matahari langsung menggunakan mata telanjang dapat menyebabkan kebutaan. Namun kenyataannya masih ada saja orang yang dengan sengaja melihat gerhana matahari tanpa pelindung mata.

Benarkah Melihat Gerhana Matahari Bisa Membutakan Mata?

Benar, melihat gerhana matahari secara langsung tanpa menggunakan pelindung mata atau kacamata peredam cahaya matahari memang dapat mengakibatkan kebutaan. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi?

Pokermas99 Pokermas88

Mata memang membutuhkan cahaya untuk melihat, namun cahaya yang di maksud adalah cahaya yang tidak terlalu silau. Nah paparan sinar matahari berlebih ini tidak baik di terima mata secara terus menerus dan intens. Jangan pun ketika terjadi gerhana matahari, ketika melihat matahari secara langsung di siang hari saja berbahaya.

Penyakit pada mata yang ditimbulkan dari penerimaan cahaya matahari secara berlebihan ini disebut retinopathy. Jadi ketika gerhana matahari tengah berlangsung maka keadaan sekitar menjadi gelap. Pupil mata akan membuka lebar untuk memperoleh cahaya lebih guna mempertajam penglihatan.

Celakanya saat gerhana matahari selesai, seketika suasana menjadi terang. Kondisi pupil mata yang terbuka lebar inilah yang langsung terhantap paparan sinar matahari dalam kondisi yang tidak siap. Karena seharusnya dalam kondisi terang pupil mata menciut bukan melebar.

Menurut penelitian yang di lakukan tahun 1995 di Turki, kebutaan mata akibat gerhana matahari ini bisa berlangsung selama 2 bulan. Jika lebih dari 2 bulan tidak ada tanda – tanda kondisi penglihatan yang membaik, sudah dapat di pastikan terjadi kebutaan permanen hingga 15 tahun.

Baca juga: Waktu Beberapa Wilayah Gerhana 2016 di Indonesia

Jadi seperti itulah penjelasan dan kronologi kenapa melihat gerhana matahari tidak di perkenankan untuk menggunakan mata telanjang. Jika anda ingin melihat gerhana matahari secara langsung anda dapat menggunakan kacamata anti sinar matahari yang memiliki kepekatan tinggi, menggunakan teropong khusus atau teropong kardus.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88