DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
RezekibolaAsianpoker88

Bahaya Merekam Gerhana Matahari Menggunakan Smartphone

Bahaya Merekam Gerhana Matahari Menggunakan Smartphone

Bahaya Merekam Gerhana Matahari Menggunakan Smartphone – Gerhana yang terjadi di tahun 2016 ini cukup menarik antusiasme warga Indonesia, pasalnya gerhana ini terjadi setelah 33 tahun lampau. Bahkan turis – turis mancanegara pun berbondong – bodong datang ke Indonesia untuk menyaksikan gerhana matahari total ini.

Diketahui bahwa dilarang untuk melihat proses gerhana matahari dengan menggunakan mata telanjang. Resiko kerusakan mata hingga kebutaan dapat terjadi karenanya. Cara yang paling aman adalah dengan menggunakan kacamata gerhana yang di desain standar untuk menyerap tajamnya sinar matahari.

Lalu bagaimana jika melihat atau mengabadikan dengan menggunakan kamera smartphone? terlebih kamera smartphone di jaman sekarang sudah canggih dan memiliki kualitas gambar yang jernih, tentunya disayangkan bukan jika momen 33 tahun sekali tidak di abadikan. Lalu apakah cara ini aman?

Pokermas99 Pokermas88

Dikutip dari merdeka.com menggunakan kamera smartphone untuk melihat proses gerhana matahari terjadi dapat beresiko merusak smartphone anda. Mungkin memotret gerhana matahari dengan smartphone masih bsia dilakukan namun merekamnya sangat tidak disarankan.

Alasannya adalah karena sinar matahari berlebih saat gerhana dapat membakar sensor kamera. Tidak hanya pada kamera smartphone, hal ini juga berlaku pada kamera saku dan DSLR yang memiliki layar LCD sebagai viewfinder.

Untuk  mendapat gambaran yang jelas, kita dapat ambil contoh kasus pada kaca pembesar. Ketika kaca pembesar di arahkan ke sebuah plastik hitam di bawah sinar matahari maka plastik tersebut akan terbakar bukan?

Baca juga:

Hal inilah yang juga terjadi pada sensor kamera. Sebab lensa kamera juga memfokuskan cahaya ke sensor sebelum akhirnya cahaya yang ditangkap tersebut ditampilkan ke layar LCD smartphone. Dengan demikian maka sensor sangat rawan rusak jika dihadapkan ke gerhana matahari yang memancarkan cahaya dalam intensitas lebih tinggi.

Untuk sebagian kamera canggih mungkin kerusakan sensor ini bersifat sementara. Namun untuk beberapa jenis kamera lama dan yang minimalis, seperti pada smartphone, kerusakannya bisa bersifat permanen.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88