DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
BandarMuPokerBeb

Cara Shutdown Otomatis Ketika Layar Ditutup pada Laptop

Cara Shutdown Otomatis Ketika Layar Ditutup pada Laptop – Pernahkan kamu ketika melihat film-film action di TV dan ada seorang aktor/aktris sedang menggunakan laptop dan menutup layarnya begitu saja kemudian ditinggal pergi?

Tadinya saya pikir kalau orang kaya tidak pernah men-shutdown laptopnya, mungkin tidak tau cara shutdown-nya :D

Rezekibola Asianpoker88

Ya memang sekarang Laptop/PC sudah bukan menjadi barang langka, hampir semua orang memilikinya. Jika tidak memilikinya pastilah bisa menggunakannya, jika tidak bisa menggunakannya pastilah pernah melihatnya.

Pihak – pihak pengembang perangkat ini seperti Microsoft selalu mengembangkan teknologinya ke arah yang lebih maju untuk digunakan lebih praktis. Diantaranya menyediakan fitur Shutdown ketika menutup layar, sangat praktis bukan?

Dalam bahasa laptop menutup layar dinamakan Close Lid, sebenarnya tidak untuk shutdown saja namun bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

Pokermas99 Pokermas88

Tapi tips ini tidak bisa di praktekkan di PC ya? Karena PC layarnya tidak bisa ditutup :D

Karena laptop merupakan sebuah perangkat komputer yang memiliki fungsi layaknya komputer personal tapi lebih fleksibel dalam penggunaannya dari segi bentuk. Laptop memiliki bentuk yang kecil dan tipis dari sebuah komputer dapat dibawa kemana – mana dengan hanya memasukkannya kedalam tas saja. Untuk daya listrik yang digunakan pada laptop hanya dengan sebuah baterai.

Cara Shutdown Otomatis Ketika Layar (Lid, Flip) Ditutup pada Laptop

Mari kita simak langkah-langkah berikut:

  • Shortcut pengaturan: anda bisa klik START > ketik LID > Change what closing lid does
  • Cara manualnya adalah: anda bisa klik START > CONTROL PANELVIEW BY (opsinya ada dipojok kanan atas, lihat gambar) > POWER OPTION > Choose what closing the lid does

Cara Shutdown Otomatis Ketika Layar Ditutup pada Laptop

Cara Shutdown Otomatis Ketika Layar Ditutup pada Laptop

Nah, sekarang kamu sudah dibawa masuk ke menu Power Option > System Setting. Sekarang tinggal pilih sesuai selera, lihat gambar dibawah ini:

Cara Shutdown Otomatis Ketika Layar Ditutup pada Laptop

Disana ada 2 pilihan utama, yaitu mode On Battery (saat sedang tidak di charge) dan Plugged in (saat sedang di charge). Kemudian untuk penjelasan pilihan pada saat When I close the lid: seperti berikut:

Disana ada 2 pilihan utama, yaitu mode On Battery dan Plugged in. Kemudian untuk penjelasan pilihan pada saat When I close the lid, seperti berikut:

1. Do Nothing

Artinya ketika layar laptop ditutup laptop tidak akan melakukan apa – apa, jadi laptop akan tetap hidup dan semua task yang dibuka tidak akan ditutup oleh sistem.

2. Sleep

Sleep mode adalah fitur menghemat listrik yang digunakan jika ingin meninggalkan komputer dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Ketika sebuah komputer memasuki Sleep mode, maka komputer anda akan berhenti memproses.

Data aktivitas komputer disimpan di dalam memori, untuk digunakan lagi jika anda membutuhkan. Setelah itu komputer menurunkan penggunaan daya seminimal mungkin, hanya pada bagian kritis seperti memori dan prosesor saja. Itulah sebabnya pada saat dalam kondisi sleep, monitor anda akan gelap.

Dalam kondisi ini, sebenarnya komputer anda masih hidup. Ini dapat dilihat pada beberapa komputer, indikator powernya masih menyala atau
berkedip. Untuk menyalakannya kembali caranya berbeda-beda pada masing-masing brand laptop, sepengetahuan saya tingal tekan tombol apa saja pada keyboard laptop jika ini tidak bisa tekan tombol power.

3. Hibernate

Perbedaan yang cukup signifikan dengan Sleep adalah waktu yang dibutuhkan untuk membuat komputer bisa dipakai kembali. Sleep hanya membutuhkan 5-10 detik untuk komputer bisa bekerja kembali, sedangkan hibernate membutuhkan waktu yang lebih lama. Waktu yang dibutuhkan oleh hibernate sama seperti saat anda booting pertama kali.

Pada Windows 7, secara default yang aktif adalah sleep mode. Jadi ketika kamu meninggalkan komputer dalam waktu tertentu (sekitar 15 menit), komputer kamu akan memasuki sleep mode.

Khusus pada notebook/laptop bisa berubah mode secara otomatis dari sleep ke hibernate, jika daya listrik baterai anda berada pada level kritis. Kehilangan daya listrik pada saat komputer berada pada mode sleep dapat membuat data aktivitas hilang. Oleh karena itu ada fitur hybrid sleep, yakni paduan dari sleep dan hibernate. Fitur ini hanya ada di PC, ketika sleep digunakan, maka sebenarnya yang terjadi adalah hybrid sleep. Hal ini mengurangi kemungkinan kehilangan data aktivitas anda.

4. Shutdown

Artinya adalah mematikan. Artinya mematikan secara keseluruhan semua komponen dalam komputer seperti RAM, Hardisk, Prosesor dan yang lainnya dinonaktifkan karena aliran listrik terputus.

Pada saat komputer/laptop dihidupkan kembali akan membutuhkan waktu yang lama sebab pada saat Shut down RAM akan dikosongkan, Komputer/laptop akan Load semua sistem operasi saat dihidupkan kembali. Sutdown cocok digunakan bila anda tidak akan menggunakan komputer/laptop lagi dalam jangka waktu yang lama.

Silahkan anda pilih sendiri opsi sesuai keinginan anda apakah Shutdown, Sleep atau Hibernate, penjelasannya sudah saya terangkan di atas. Jika belum jelas anda dapat membaca artikel saya sebelumnya:

Baca juga: Perbedaan Hibernate, Sleep dan Shutdown

Demikian Cara Shutdown Otomatis Ketika Layar Ditutup pada Laptop dan selamat mencoba.

 

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88