DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
BandarMuPokerBeb

Awas, Ternyata Pemendek URL Bisa Undang Bahaya

Awas, Ternyata Pemendek URL Bisa Undang Bahaya

Awas, Ternyata Pemendek URL Bisa Undang Bahaya -Layanan pemendek URL seringkali di manfaatkan sebagai tautan di blog, jejaring sosial, layanan pesan dan lain sebagainya. Alasannya sederhana, URL pendek ini lebih mudah di ingat dan terlihat lebih menarik.

Rezekibola Asianpoker88

Tapi tahukah kamu bahwa pemendek URL (Uniform Resource Locator) bisa menimbulkan resiko keamanan yang sangat serius. URL yang lebih pendek serta sistem yang mereka gunakan bisa mengundang malware dan aktivitas hacking lainnya.

Penelitian yang di lakukan oleh Vitaly Shmatikov dari Cornell Tech yang bekerja sama dengan Martin Georgiev mengamati resiko dari pemendek URL yang di gunakan oleh Microsoft OneDrive dan Google Maps selama 18 bulan.

Baca juga: Ternyata Hacker Bisa Retas Semua Ponsel Bermodal Nomor Handphone

Pokermas99 Pokermas88

Ternyata layanan yang di gunakan keduanya membuat peneliti tercengang, pasalnya pemendek URL di kedua layanan yang di teliti tersebut bisa mengundang bahaya yang kaitannya dengan sistem keamanan.

Microsoft OneDrive

Ternyata Microsoft menggunakan layanan dari Bitly untuk memperpendek URL yang menghubungkan sebuah file ke akun di OneDrive. Peneliti juga menemukan bahwa ada struktur yang mudah untuk di prediksi dari pemendek URL di OneDrive.

Hal ini sangat berbahaya, karena memungkinkan peretas untuk menemukan URL lengkap dari sebuah file lalu mereka manfaatkan untuk menelusuri file lainnya yang ada di akun pengguna yang sama.

Tak hanya menggali informasi file pada akun OneDrive, modifikasi atau perubahan kecil pada file juga mungkin di lakukan meskipun presentasenya kecil. Tapi sudah cukup untuk peretas menyusupkan malware dan virus kedalam file yang tersimpan di OneDrive.

Google Maps

Sementara pada URL Google Maps, peneliti mengemukakan bahwa mereka bisa memindai lokasi dan tujuan seseorang melalui sebuah token. Selain itu mereka juga bisa melakukan berbagai hal seperti mencari arah tempat tinggal pengguna tanpa di ketahui oleh pengguna itu sendiri.

Untungnya laporan ini segera di tindak lanjuti dengan cepat oleh pihak Microsoft dan Google. Google kini sudah menerapkan metode yang berbeda untuk menghasilkan URL pendek sehingga lebih sulit untuk di prediksi oleh bot.

Sedangkan Microsoft sendiri telah menghilangkan opsi memperpendek URL di akun OneDrive pada bulan Maret 2015 tahu lalu.

Baca juga: Ini Cara Hacker Meretas Komputer Melalui Email

Meskipun sebenarnya ada alternatif lain bisa di pilih seperti menggunakan in-house resolver, menerapkan metode keamanan seperti CAPTCHA serta mengembangkan mengembangkan Application Programming Interface (API) yang dapat mempersulit peretas untuk mengakses sebuah file melalui file.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88