DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei

Apa Itu FUP IndiHome Telkom, Kenapa Kontroversial?

Rezekibola Asianpoker88

Apa Itu FUP IndiHome Telkom, Kenapa Kontroversial?

Apa Itu FUP IndiHome Telkom, Kenapa Kontroversial? – Setelah sebelumnya Telkom membuat keputusan yang tak kalah kontroversial yaitu memblokir layanan streaming film di Netflix, kini Telkom kembali menjadi buah bibir para netizens dengan kebijakan FUP yang di keluarkan Telkom. Lalu apa itu FUP? berikut penjelasan FUP IndiHome Telkom.

Apa Itu FUP IndiHome Telkom?

FUP adalah Fair Usage Policy yaitu kebijakan yang di keluarkan Telkom untuk para pengguna IndiHome. Dimana layanan internet rumah Telkom tidak lagi unlimited, namun di batasi dengan kuota dan adanya penurunan kecepatan setelah mencapai kuota tersebut.

Berikut ini tabel kebijakan pembatasan kuota dan kecepatan koneksi paket terkait kebijakan FUP:

Pokermas99 Pokermas88

Apa Itu FUP IndiHome Telkom, Kenapa Kontroversial?

Tujuan kebijakan FUP ini menurut Telkom adalah untuk melindungi pengguna wajar (normal user) dari pemanfaatan pemakaian berlebihan (tidak wajar) oleh pengguna berat (heavy user). Penggunaan tidak wajar ini seperti penggunaan untuk download file besar seperti game bajakan, film bajakan dan lain sebagainya.

Perilaku oleh pengguna berat tersebut di anggap Telkom mengganggu rasa keadilan dan kenyamanan pengguna lain yang membayar dengan tarif yang sama.

Contoh kebijakan FUP IndiHome Telkom:

Pengguna IndiHome 10 Mbps akan diberikan batas pemakaian wajar hingga 300 GB per bulan. Nantinya jika pengguna melebihi batas 300 GB kecepatan koneksi internet akan diturunkan 25% yakni menjadi 7,5 Mbps. Jika melebihi batas 400 GB akan diturunkan lagi menjadi hanya 4,0 Mbps.

Dian Rachmawan yang merupakan Direktur Consumer Telkom menyatakan bahwa kuota FUP lebih dari cukup untuk penggunaan internet rumah tangga, pelanggannya kemungkinan besar tidak akan mencapai batas kuota FUP tersebut.

Kenapa Kebijakan FUP ini Kontroversial?

Dari salah satu petisi yang dibuat di situs change.org, pengguna kecewa dan merasa tertipu atas kebijakan FUP ini. Telkom di klaim telah melakukan kebohongan publik terkait promo paket 10 Mbps Unlimited menjadi FUP 300 GB. Hal tersebut telah melanggar pasal hak konsumen yang tercantum dalam ylki.or.od.

fup telkom

image crop: change.org

Dalam petisi tersebut juga di sebutkan bahwa awalnya konsumen tertarik dengan layanan unlimited dari Telkom. Pengguna juga menyatakan bahwa kecewa karena telah membayar mahal namun internet di batasi kuota. Pada intinya pengguna menginginkan agar Telkom mencabut kebijakan tersebut.

Di lain itu Telkom sendiri juga menyatakan bahwa untuk kebutuhan internet streaming pihaknya akan mewadahinya dalam platform Video OTT (Over-The-Top) sehingga FUP ini tidak berlaku untuk kebutuhan internet streaming.

Kebijakan serupa juga sebenarnya juga di terapkan di negara lain seperti Amerika Serikat, Jepang dan Malaysia. Di Malaysia sendiri kebijakan FUP 10 Mbps adalah 120 GB, setelah mencapai batas kuota tersebut maka kecepatan akan diturunkan menjadi 7,5 Mbps.

Hingga saat ini belum ada tanggapan resmi dari Telkom terkait apakah kebijakan FUP ini akan di batalkan atau akan terus di jalankan.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88