DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei

6 Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Berat

Rezekibola Asianpoker88

6 Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Berat

6 Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Berat – Laptop dan komputer pada dasarnya memiliki fungsi yang sama. Namun kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan laptop, selain simpel juga mudah untuk dibawa kemana – mana.

Komputer dan laptop sama – sama dapat menjadi lemot dan berat karena penggunaan yang terlalu memaksa. Namun untuk urusan lemot, lebih sering ditemui pada kasus laptop. Selain lemot, laptop juga sering mengalami panas berlebih.

Sebelum kita menginjak ke solusi permasalahan laptop lemot, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu penyebab dari laptop yang lemot ini.

Pokermas99 Pokermas88

Baca juga: Cara Mempercepat Loading Laptop Ketika Pertama di Hidupkan

Penyebab laptop lemot

  • terlalu banyak menginstall program aplikasi sehingga menjadikan banyak program yang di jalankan di latar belakang
  • menjalankan program aplikasi yang berat melebihi spesifikasi si laptop tersebut
  • terlalu banyak membuka program atau tugas (multitasking)
  • terkena virus
  • menyalakan laptop hingga berjam – jam bahkan berhari – hari tanpa istirahat
  • faktor spesifikasi hardware yang jadul dan seiring bertambahnya usia

Ada banyak sekali penyebabnya bukan? beberapa hal di atas merupakan sebagian penyebab dari sekian banyak penyebab yang ada.

Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Berat

Berikut ini tips yang bisa anda coba untuk mengatasi laptop yang lemot dan berat:

SCAN menggunakan antivirus

Sebenarnya jika laptop anda terkena virus, maka antivirus akan memberikan notifikasi. Atau anda sendiri dapat melakukan scan secara manual menggunakan antivirus yang paling anda favoritkan. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan Avira. Untuk cara scan yang benar menggunakan Avira antara lain:

  • buka program Avira kemudian pilih System Scanner di bilah menu sebelah kiri
  • anda dapat memilih Full Scan atau Quick Scan, jika tidak suka menunggu dapat mencoba Quick Scan
  • klik logo “search” di bagian atas dan tunggu proses scanning hingga selesai
  • jika ditemukan virus anda dapat langsung menghapusnya atau Move to quarantine
  • jika memilih Move to quarantine anda dapat menghapus daftar virus yang terjaring dengan cara memilih menu Quarantine di bilah menu sebelah kiri
  • pilih semua virus (Ctrl + A) kemudian klik kanan dan pilih Deleted object

Apapun jenis antivirus yang anda gunakan, yang terpenting anda selalu melakukan update.

Menghapus program aplikasi yang tidak penting

Semakin banyak aplikasi yang anda install maka semakin berat kinerja laptop anda. Hal ini karena masing – masing aplikasi tersebut tetap berjalan di latar belakang meskipun anda tidak membuka aplikasi tersebut. Hal ini semakin memberatkan kinerja RAM dan processor di laptop anda.

Jika memungkinkan anda dapat menghapus beberapa program yang dirasa kurang penting, cara menghapus program aplikasi yang sudah terinstall di laptop antara lain:

  • silahkan buka Control Panel – Programs – Programs and Features (atau lebih mudahnya tekan Start dan ketik “uninstall” kemudian pilih uninstall program)
  • klik kanan pada program yang ingin dihapus kemudian pilih Uninstall
  • tunggu hingga prosesnya selesai

Silahkan lakukan tersebut untuk semua program aplikasi yang ingin anda hapus dari laptop anda.

Sediakan ruang penyimpanan yang cukup

Disk laptop pada umumnya dibagi menjadi Drive C, D dan E, pastikan ketiga partisi hardisk tersebut tersedia ruang bebas yang cukup. Yang sering terjadi adalah penuhnya memori di Disk C, hal ini di karenakan semua proses dan file sementara disimpan di Disk tersebut, karena semua aplikasi di install di Disk C.

Hal yang dapat anda lakukan adalah dengan menghapus beberapa file besar yang tersimpan untuk memberikan ruang penyimpanan yang leluasa. Untuk kasus folder aplikasi di Disk C, anda dapat memindahkannya secara manual ke Disk D ataupun E. Selain itu ketika anda menginstall program, disarankan untuk memilih Disk D atau E sebagai target installasi.

Hapus file sampah di laptop

File sampah di laptop akan terus bertambah banyak seiring dengan kegiatan komputasi, file sampah ini akan disimpan di disk dan terus bertambah besar kapasitasnya. Maka dari itu anda perlu menghapusnya secara manual.

Dengan software: anda dapat memanfaatkan program cleaner seperti CCleaner, program aplikasi ini cukup populer dan simpel untuk digunakan. Silahkan anda dapat mendownload aplikasi tersebut disini.

Tanpa software: tanpa software pun sebenarnya anda dapat menghapus file sampah di laptop anda. Caranya cukup mudah, anda dapat menyimak tutorialnya disini.

Lakukan Defragmenter

Apa sih itu defragmenter? defragmenter adalah fitur yang dapat anda gunakan untuk mengembalikan file ke folder asalnya. Anda perlu melakukan defrag satu per satu dari setiap disk, mulai dari C, D dan E. Caranya cukup mudah, antara lain:

  • buka Windows Explorer, klik kanan pada Disk kemudian pilih Properties
  • buka tab Tools dan pilih defragment now
  • klik Disk yang dimaksud dan pilih Defragment disk dan tunggu prosesnya hingga selesai

Lakukan cara yang sama untuk semua disk, untuk disk C yang merupakan target installasi berbagai aplikasi biasanya proses defrag berjalan lebih lama. Jadi bersabar, anda juga dapat meninggalkannya untuk sementara membuka aplikasi lainnya.

Bersihkan bagian dalam laptop

Bagian dalam laptop yang sudah di gunakan bertahun – tahun pasti penuh sesak oleh debu. Anda perlu membersihkannya, jika tidak dapat melakukannya sendiri anda dapat memasrahkannya ke toko servis komputer. Cara ini juga efektif menghilangkan panas berlebih di laptop karena aliran udara yang tidak maksimal akibat komponen yang tertutup debu.

Solusi terakhir . .

Jika setelah melakukan beberapa tips di atas dan laptop anda masih terasa berat dan lemot, dengan terpaksa anda disarankan untuk melakukan install ulang Windows. Dengan cara ini semua file tersimpan, registry, file sampah dan lain sebagainya akan hilang. Namun terlalu sering melakukan install ulang Windows juga tidak disarankan, lakukan ketika di perlukan saja.

Namun . .

Beberapa permasalahan laptop lemot tidak bisa di atasi jika memang umur dari laptop anda sudah tua. Selain itu spesifikasi hardware yang minim dan teknologi yang jadul. Jika seperti ini anda hanya perlu menggunakan laptop untuk tugas – tugas yang ringan saja dengan sedikit menginstall program aplikasi.

Demikianlah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi permasalahan laptop yang lemot dan berat. Jangan lupa juga baca artikel menarik lainnya: Cara Mengatasi Komputer Hang Not Responding.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88