DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
RezekibolaAsianpoker88

5 Bahaya Sinar Biru, Ternyata Dampaknya Mengerikan

5 Bahaya Sinar Biru, Ternyata Dampaknya Mengerikan

5 Bahaya Sinar Biru, Ternyata Dampaknya Mengerikan – Dampak negatif dari sinar biru (blue light) patut kita waspadai, karena hampir setiap hari kita terkena paparan dari sinar biru ini. Sinar biru di pancarkan oleh benda elektronik seperti layar komputer, laptop dan juga smartphone.

Kebiasaan seperti bermain smartphone di ruang gelap, merupakan salah satu kebiasaan yang sangat buruk kaitannya dengan efek dari sinar biru. Berikut ini lima dampak negatif dari sinar biru pada organ tubuh manusia.

Bahaya sinar biru untuk kesehatan

1. Kerusakan retina mata

Pokermas99 Pokermas88

Sinar biru dapat menyebabkan kerusakan pada retina mata, bagian ini merupakan organ penting pada mata. Kerusakan retina yang di sebabkan oleh sinar biru dapat menyebabkan degenerasi makula, yaitu hilangnya kemampuan mata untuk melihat objek sentral di depan mata.

Namun penelitian ini berlaku untuk paparan sinar biru yang terlalu dekat dengan retina mata. Jadi meskipun di larang, penggunaan smartphone di ruang gelap pada kondisi dan jarak normal tidak akan memberikan dampak demikian.

Baca juga: Apakah WiFi Berbahaya Bagi Kesehatan?

2. Menimbulkan katarak

Meskipun pernyataan ini perlu penelitian lebih lanjut, seorang dokter menuturkan bahwa kini semakin banyak orang – orang berusia 35 tahun sudah mengalami perubahan warna mata dengan indikasi katarak seperti yang terjadi pada orang – orang lansia.

Meskipun tidak begitu saja dapat mengaitkan antara sinar biru dengan katarak, namun tidak menutup kemungkinan ada keterkaitan di antara keduanya. Jika demikian, ada baiknya bagi kita untuk mewaspadainya.

3. Merusak siklus tidur alami

Sinar biru dapat mengganggu produksi hormon melatonin, yakni hormon yang berperan dalam mengatur siklus tidur. Otak memulai memproduksi hormon ini ketika seseorang sudah terleap tidur, namun ternyata sinar biru mengganggu proses ini.

Ini lah salah satu alasan kenapa smartphone dapat merusak siklus tidur alami kamu. Dampak yang di berikan mulai dari kelelahan, obesitas hingga masalah memori lainnya.

4. Lebih berisiko terkena kanker

Hormon melatonin selain menjaga siklus tidur, juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Peneliti menemukan dampak buruk lainnya dari sinar biru, yakni peningkatan risiko terkena kanker.

Meskipun hubungan sebab akibat belum ditemukan, penekanan produksi melatonin dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara bagi kaum wanita dan kanker prostat bagi kaum pria.

5. Lebih mudah stres dan depresi

Peneliti juga menyimpulkan bahwa paparan sinar biru secara terus menerus dapat menyebabkan seseorang lebih mudah terkena stres. Kombinasi gangguan tidur, kelelahan dan lain sebagainya memperburuk kondisi stres seseorang.

Baca juga: Bahaya Kesehatan Tidur Dekat Smartphone Setiap Hari

Ternyata banyak juga ya dampak dari sinar biru ini, dengan mengetahui beberapa bahaya di atas tentunya kita menjadi lebih berhati – hati dan lebih bijak dalam menggunakan benda – benda elektronik seperti smartphone di kehidupan sehari – hari.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88