DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
RezekibolaAsianpoker88

5 Alasan Kenapa Kapasitas Maksimal Bumi Hanya 10 Miliar Orang

5 Alasan Kenapa Kapasitas Maksimal Bumi Hanya 10 Miliar Orang

5 Alasan Kenapa Kapasitas Maksimal Bumi Hanya 10 Miliar Orang – Bumi merupakan satu – satunya planet di Tata Surya yang memungkinkan untuk dihuni manusia. Iklim dan kondisi lingkungan di Bumi memungkinkan adanya kehidupan, flora dan fauna semuanya tumbuh makmur di Bumi.

Hingga saat ini, Bumi dihuni oleh kurang lebih 7 miliar manusia, tak ada satupun benua di Bumi yang tarbebas dari manusia. Pernahkah kamu menanyakan dalam hati, sebenarnya berapa sih kapasitas manusia yang bisa di tampung oleh Bumi?

Menurut penelitian terbaru, pada tahun 2100 nanti Bumi akan dihuni oleh 10 miliar orang. Ternyata, ilmuwan menganggap bahwa angka tersebut adalah kapasitas maksimal orang yang mampu di tampung Bumi.

Pokermas99 Pokermas88

Baca juga: 5 Peninggalan Purbakala Paling Misterius

5 Alasan Kenapa Kapasitas Maksimal Bumi Hanya 10 Miliar Orang

1. Tak ada lagi tempat untuk menumbuhkan makanan

5 Alasan Kenapa Kapasitas Maksimal Bumi Hanya 10 Miliar Orang

Dibutuhkan banyak hewan ternak yang bila di kumpulkan akan seluas 3,5 miliar hektar untuk memenuhi kebutuhan makan 10 miliar orang di Bumi nantinya. Sedangkan 3,5 miliar hektar itu lebih luas dari benua Afrika yang luasnya 3 miliar hektar.

Tentu saja manusia tak cuma butuh manfaatkan dari hewani, tanaman pangan yang di perlukan untuk menghidupi 10 miliar orang adalah seluas 1,8 miliar hektar atau seluas Amerika Selatan. Sedangkan saat ini saja manusia kesulitan untuk mendapatkan lahan untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak, apalagi harus menyediakan lahan seluas 2 benua untuk keperluan makan.

2. Tanah pertanian akan mati

5 Alasan Kenapa Kapasitas Maksimal Bumi Hanya 10 Miliar Orang

Tanah sudah di olah sejak 11.500 tahun yang lalu untuk pertanian, hal ini menyebabkan penurunan kualitas tanah itu sendiri. Alhasil petani pun tak bisa mendapatkan hasil maksimal dari tanah yang di olahnya.

Bahkan mungkin tanah sama sekali tidak dapat di manfaatkan untuk pertanian lagi, karena berkurangnya lapisan humus dan terkontaminasi zat kimia. Contohnya adalah salah satu kawasan di India, banyak lahan pertanian yang gersang dan cepat mengering meskipun terguyur hujan.

Bahkan ilmuwan saat ini tak dapat lagi memastikan berapa lama lagi tanah di Bumi bisa di pakai sebagai lahan untuk memproduksi tanaman pangan.

3. Ancaman global warming

5 Alasan Kenapa Kapasitas Maksimal Bumi Hanya 10 Miliar Orang

Saat ini saja, manusia di Bumi menghasilkan emisi gas CO2 sebanyak 5 metrik ton per tahun, sementara di Amerika sendiri mencapai 17 metrik ton per tahunnya. Bagaimana jadinya jika bertambah 3 miliar manusia lagi di Bumi? tentunya kondisi ini semakin memperparah dampak dari global warming.

Para ilmuwan pemprediksi bahwa sampai tahun 2100 suhu rata – rata Bumi akan naik 2 derajat celcius. Sekarang ini sudah dapat di rasakan sebagian dampak dari global warming, jika suhu terus naik tentunya iklim di planet ini semakin memburuk. Pertanian adalah sektor yang paling parah terkena dampaknya, ini bisa menyebabkan kelangkaan makanan.

4. Krisis air

Ini Dia Bahaya Jika Tubuh Kekurangan Cairan

Sebagian besar permukaan bumi tertutupi air, 71% bagian Bumi adalah air. Total air di Bumi mencapai 1,386 miliar kilometer kubik. Sedangkan air yang bisa di pakai oleh manusia adalah 10 juta kilometer kubik saja. Air tersebut berasal dari bawah tanah, danau dan juga sungai.

Dari 10 juta kilometer kubik tersebut manusia hanya bisa menggunakannya sebanyak 30%, sisanya digunakan untuk keperluan lain seperti pertanian. Nah lalu bagaimana jadinya jika total manusia di Bumi ini mencapai 10 miliar? tentunya kita harus menemukan cara bagaimana memenuhi kebutuhan air semua orang di dunia ini.

Alternatifnya adalah dengan merubah air laut menjadi air yang layak konsumsi. Sekarang ini saja sebenarnya tidak semua air di beberapa negara di dunia dapat di konsumsi manusia. Air tersebut terlalu kotor atau tercemar oleh limbah dan zat kimia lainnya.

Baca juga: 7 Misteri yang Hingga Saat Ini Belum Terpecahkan Oleh Sains

5. Manusia dipaksa jadi vegetarian

5 Makanan Pembentuk Otot Bagi Para Vegetarian

Untuk memenuhi kebutuhan 10 miliar orang di muka Bumi, peneliti menyarankan agar di masa depan manusia menggunakan lahan peternakan untuk lahan pertanian. Dengan demikian, secara tidak langsung manusia mau tidak mau harus menjadi vegetarian agar makanan cukup untuk semua orang.

Namun mengganti semua lahan peternakan yang ada menjadi lahan pertanian di perkirakan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan makan 10 miliar orang saja dan tidak bisa lebih dari itu. Lalu bagaimana nasib orang – orang yang terlahir setelah Bumi memiliki 10 miliar orang ya?

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88