DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
RezekibolaAsianpoker88

15 Tips Aman Berkendara Saat Hujan, Lengkap

15 Tips Aman Berkendara Saat Hujan, Lengkap

Jalan raya merupakan hal yang tidak bisa diprediksi, maka dari itu anda semua harus berhati-hati dan anda bisa baca artikel saya sebelumnya tentang:

Kembali ke topik bahasan mengenai Tips Aman Berkendara Saat Hujan, kali ini saya ingin berbagi tips saja buat teman-teman semua berdasarkan pengalaman yang sering bepergian menggunakan kendaraan bermotor.

Tips Aman Berkendara Saat Hujan

1. Tetap Fokus dan Konsentrasi

Pokermas99 Pokermas88

Ini merupakan hal yang paling utama, fokuslah pada kondisi jalan dan pengguna jalan lain. Dengan fokus maka respon anda terhadap kondisi jalan atau pengguna jalan lain akan baik dan menjaga anda  dari hal yang tidak diinginkan.

2. Gunakan Mantel yang Nyaman

Jika anda  menggunakan mantel yang kurang nyaman maka akan mengganggu konsentrasi anda karena anda akan terfokus pada mantel anda. Jika dirasa kurang nyaman maka berhentilah sejenak dan perbaiki hal yang tidak membuat nyaman tersebut.

3. Perhatikan Kondisi Ban

Segera ganti ban jika kondisi ban sudah gundul, hal ini berbahaya karena ban sudah kehilangan daya cengkramnya terhadap aspal.

4. Perhatikan Tekanan Ban

Jika saya pribadi pada saat kondisi hujan maka saya akan mengurangi tekanan angin ban terutama ban depan, karena jika ban terlalu keras maka bagian permukaan ban yang menyentuh aspal akan semakin sempit dan tipis ini beresiko terpleset. Jika anda mengurangi tekanan ban maka bagian ban yang kontak langsung dengan aspal jalan akan semakin lebar sehingga daya cengkeram akan semakin kuat. Tapis sebaiknya gunakanlah tekanan ban yang standar tergantung dari berapa orang yang naik sepeda motor tersebut.

5. Hindari Rem Mendadak

Kondisi jalan saat hujan akan sangat licin terlebih lagi jika banyak pasir dan debu, maka dari itu anda harus pelan dalam menekan pedal rem karena kondisi aspal berbeda dengan saat kondisi aspal kering dan panas. Untuk menghindari rem mendadak anda bisa.

6. Jaga Jarak

Menjaga jarak dengan kendaraan lain tidak hanya disarankan saat kondisi hujan tetapi saat dalam kondisi apapun. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko rem mendadak oleh pengendara di depan kita yang membuat kita kaget.

7. Perhatikan Gaya Berkendara

Gaya berkendara disini maksudnya adalah sikap anda dalam berkendara misal suka mainin gas dan kasar dalam menarik gas, suka menyalip dengan ekstrim dan lain sebagainya. Walaupun dalam kondisi tidak hujan maka disarankan untuk berkendara dengan hati-hati dan sewajarnya saja terlebih lagi saat hujan dimana kondisi jalan tidak baik.

8. Kurangi Kecepatan

Hal ini mutlak penting karena menggunakan kendaraan dengan kencang pada kondisi jalan dan cuaca yang buruk adalah tindakan yang bisa merugikan. Yang biasanya terjadi adalah tergelincir karena licinnya jalan dan resiko rem mendadak.

9. Menepilah Jika Hujan Lebat

Hujan lebat biasanya akan mengurangi jarak pandang dan kenyamanan dalam berkendara maka dari itu menepilah jika memungkinkan dan menunggu hujan sedikit reda.

10. Berhati-hati Berpapasan dengan Truk Besar pada Jalan yang Tergenang Air

Jika anda terkena cipratan air kendaraan motor maka tidak akan jadi masalah, namun bagaimana jadinya jika kendaraan itu adalah kontainer dan genangan airnya cukup dalam? Saya pribadi pernah hampir jatuh karena terhempas genangan air tersebut ketika berpapasan dengan truk kontainer. Hempasan airnya sangat luar biasa sampai mau terpental badan saya dan tidak bisa bernafas karena muka penuh dengan hempasan air.

11. Sediakan Kunci Busi dan Lainnya

Karena pada saat hujan biasanya bagian motor yang sensitif terkena air adalah bagian busi, terlebih lagi jika genangan air tinggi. Jika terjadi demikian maka bukalah busi menggunakan kunci busi dan keringkan terlebih dahulu.

12. Perhatikan Kondisi Jalan

Jika anda paham terhadap kondisi jalan maka ingat bagian jalan mana yang berlubang. Jika anda tidak paham maka pelan dan berikut tipsnya:

  • Perhatikan kendaraan didepan anda jika terjebak dalam lubang jalan maka anda bisa mengantisipasinya.
  • Jangan berada dibelakang dan bagian tengah mobil di depan anda. Jika anda dibelakang mobil dalam berkendara maka janganlah di tengah namun usahakan lurus sejalur dengan ban mobil. Karena biasanya kondisi tengah adalah jalan berlubang yang dihindari oleh mobil dan kendaraan roda 4 lainnya.

13. Perhatikan Badan Jalan

Jangan sampai anda keluar dari badan jalan karena tidak jelasnya marka jalan, untuk itu anda tetap fokus dan perhatikan kendaraan di depan anda.

14. Perhatikan Kelengkapan dan Kondisi Motor

Selain surat-surat pastikan semua komponen pada kendaraan bermotor dapat berfungsi dengan baik, misal lampu, rem, dan lain sebagainya.

15. Berdoa

Karena yang bisa memberikan keselamatan hanyalah Allah SWT.

Kira-kira tips diatas merupakan Tips Aman Berkendara Saat Hujan yang bisa anda praktekkan jika berkendara saat hujan. Hujan ataupun tidak maka tetaplah kita fokus dan berhati-hati dalam berkendara karena keselamatan adalah yang paling utama. Walaupun jalanan adalah sesuatu yang tidak bisa diprediksi tetapi ada baiknya jika kita tetap berhati-hati dan mengantisipasi semua kemungkinan yang terjadi.

Demikian tips dari saya semoga dapat bermanfaat dan menjadi wawasan kita semua, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat.

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88