DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei
RezekibolaAsianpoker88

12 Sumber Backlink Blog & Cara Mendapatkannya

Backlink adalah link/url blog kita yang tertaut atau di tautkan di situs web lain. Backlink dalam dunia blogging memang bukan hal yang paling penting namun sebenarnya tidak boleh di abaikan. Manfaat dari backlink selain mempunyai andil yang besar terhadap peningkatan pagerank blog juga dapat memperkuat posisi blog di SERP (Search Engine Result Page). Berikut ini adalah sumber backlink blog dan cara kita untuk mendapatkannya, namun sebelumnya simak beberapa istilah dalam dunia backlink yang berikut ini:

  • Backlink Natural, adalah link yang tertaut di situs lain tanpa campur tangan pihak blog
  • Backlink Buatan/Manual, adalah link yang tertaut di situs lain dengan campur tangan pihak blog
  • Link Building, kegiatan yang dilakukan untuk membangun  dan mencari backlink
  • Nofollow, adalah atribut blog yang tidak mengijinkan robot crawler merayapi suatu link secara penuh
  • Dofollow, adalah atribut blog yang mengijinkan robot crawler merayapi link sepenuhnya
  • Blogwalking, kegiatan berkunjung ke blog lain dan meninggalkan komentar

Manfaat Backlink Untuk Blog, Fungsi dan Peranan Backlink

12 Sumber Backlink Blog & Cara Mendapatkannya

Daftar sumber backlink berikut bisa Nofollow atau Dofollow,  jika anda ingin memastikannya silahkan gunakan Ekstensi SEOquake di Chrome atau Add-ons NoDofollow di Mozila Firefox.

1. Situs Sosial Bookmark

Pokermas99 Pokermas88

Situs Sosial Bookmark atau sosbook adalah situs yang menyediakan fasilitas bagi mereka yang ingin menyimpan sebuah laman situs atau blog yang mereka sukai. Namun seiring berjalannya waktu situs sosial bookmark di anggap sebagai sumber backlink yang potensial sehingga sering di manfaatkan pemilik blog untuk menanam backlink di dalamnya.

Cara mendapatkan backlink dari situs sosial bookmark bisa dengan cara Sign Up terlebih dahulu kemudian verifikasi pendaftaran untuk selanjutnya anda bisa submit link/url blog atau halaman blog anda. Beberapa situs sosial bookmarking yang bisa anda coba antara lain:

  • Lintas.me
  • Infogue.com
  • Bookmarkindonesia.com
  • Langitnews.com
  • Bookmark4you.com

2. Artikel Directory

Situs Artikel Directory adalah situs yang menyediakan layanan untuk kita men-submit artikel di dalamnya antara lain tujuannya adalah untuk marketing. Cara mendapatkan backlink dari situs artikel directory adalah dengan terlebih dahulu kita membuat artikel untuk kemudian men-submitnya ke situs artikel directory. Beberapa situs artikel directory yang bisa anda coba sebagai sumber backlink antara lain:

  • Artikeloke.com (Bahasa Indonesia)
  • Salvida.com (Bahasa Indonesia)
  • Cuitcuit.com (Bahasa Indonesia)
  • Ezinearticles.com (Bahasa Inggris)
  • Articlebase.com (Bahasa Inggris)

3. Situs Berbagi Video

Situs Berbagi Video adalah situs yang memungkinkan kita untuk meng-upload dan share video. Cara mendapatkan backlink dari situs berbagi video adalah dengan menautkan link blog kita pada kolom deskripsi saat kita upload video. Namun pastikan anda membuat video sendiri ya? mudah kok, contoh saja anda bisa membuat video dengan merekam tampilan layar laptop anda atau bisa juga membuat slide presentasi menjadi video. Situs berbagi video ini berkembang cukup pesat, beberapa situs berbagi video sebagai sumber backlink yang bisa anda coba antara lain:

  • YouTube.com
  • Dailymotion.com
  • Vimeo.com
  • Clipmoon.com
  • Photobucket.com

4. Forum Online

Forum online atau forum tanya jawab bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan backlink. Forum diskusi online ini memungkinkan anggotanya untuk saling bertanya dan menjawab sebuah problem atau masalah yang di ajukan. Cara mendapatkan backlink dari forum online adalah dengan terlebih dahulu kita mendaftar pada situs forum online tersebut untuk kemudian anda bisa menjawab pertanyaan user di sana dan silahkan tautkan link untuk memperkuat jawaban anda. Namun jangan terlalu membabi buta menaruh link di forum ya? nanti kesannya kita spamers. Situs forum online menjadi sumber backlink yang sangat saya rekomendasikan, berikut daftar situs forum diskusi online yang bisa anda coba:

  • Bersosial.com
  • Kaskus.co.id
  • Id.answers.yahoo.com
  • Forum.kompas.com
  • Forum.detik.com

5. Menjadi Penulis Tamu

Penulis tamu bisa menjadi sumber backlink yang sangat berkualitas jika blog yang kita pilih adalah blog yang memiliki PR yang tinggi. Untuk cek PR sebuah situs anda bisa menggunakan Alexa Toolbar dan tools lainnya. Cara mendapatkan backlink dari penulis tamu caranya adalah dengan mengunjungi blog yang menyediakan form penulis tamu. Blog yang sudah besar biasanya menyediakan fasilitas ini, kita di untungkan dengan mendapatkan backlink ke situs kita sedangkan pemiliki blog di untungkan dengan bertambahnya artikel di blog mereka. Kebetulan saya lupa untuk mencatat nama blog yang menyediakan fasilitas penulis tamu ini :D

6. Guest Book

Guest Book atau buku tamu dapat kita temukan pada situs berekstensi domain EDU. Cara mendapatkan backlink dari buku tamu di situs EDU ini adalah dengan mengetikkan footprint berikut di search box Google: site:.edu “Get your free guestbook service!!”. Anda bisa memanfaatkan sekian banyak situs EDU yang menyediakan buku tamu sebagai sumber backlink anda. Caranya sangat mudah karena dapat di lakukan tanpa registrasi, silahkan kunjungi salah satu situs tersebut kemudian nanti akan ada opsi “Post“, anda bisa menanamkan link dengan menggunakan anchor text pada kolom komentar dan terakhir “Submit” komentar anda.

7. Blogwalking

Blogwalking atau berkomentar di blog lain masih menjadi salah satu cara mencari backlink yang paling populer. Sampai saya sendiri bingung kenapa blog ini bisa penuh dengan komentar-komentar bahasa inggris :D tapi tidak apalah. Cara mendapatkan backlink dengan cara ini adalah dengan kita berkomentar pada blog lain yang mengijinkan Name/URL, jika tidak maka kita bisa menggunakan anchor text namun tidak disarankan. Bangunlah backlink dari banyak ekstensi misal .com, .net, .co.id, .web.id dll, caranya silahkan ketik kode berikut di search box Google, misal untuk domain .NET maka: keyword site:.net.

Tips dari saya cobalah mencari backlink dari blog-blog dofollow yang memiliki PR tinggi. Mulailah dengan mencari blog yang mem-posting artikel mengenai daftar blog dofollow auto aprove dan silahkan anda seleksi daftar blog tersebut karena bisa saja blog tersebut tidak dofollow auto aprove. Silahkan gunakan SEOquake untuk menyeleksi blog tersebut, jangan lupa ceklist “Highlight no-follow” pada pengaturan SEOquake. Silahkan kunjungi blog tersebut satu persatu dan lihat PR serta komentar di dalamnya, jika Name/URL komentar di coret berarti blog tersebut Nofollow dan sebaliknya jika Name/URL tidak di coret berarti blog tersebut Dofollow. Silahkan berkomentar dengan membaca isi artikel blog tersebut sebelumnya, usahakan jangan berkomentar seperti “nice info, nice post,dll” namun berkomentarlah seolah anda menanggapi isi dari artikel di blog tersebut jika menggunakan kata tanya lebih di rekomendasikan.

8. Tukar Link

Cara ini memang jarang sekali di lakukan oleh para blogger namun anda bisa mencobanya. Cobalah untuk meng-kontak satu per satu blog yang anda targetkan dengan meminta tukar link, baik di dalam artikel posting maupun link di sidebar blog. Saran saya jika anda ingin menautkan link pada sidebar blog maka mintalah untuk menautkannya menggunakan HTML/Javascript dengan anchor text. Karena dengan cara tersebut maka otomatis backlink tersebut menjadi dofollow. Jangan anda kira itu hanya di hitung satu backlink saja, jika anda cek menggunakan tools seperti Ahrefs maka jumlah backlink dofollow anda akan meningkat dari hari ke hari. Kenapa demikian?

Jadi seperti ini misal blog yang anda taruh backlink di sidebar tersebut mempunyai artikel A, B, C, D, maka jika anda cek menggunakan Ahrefs maka artikel A, B, C dan D akan menjadi sumber backlink dari blog kita yaitu 4 backlink. Tidak hanya artikel saja, link dari tag, label juga bisa menjadi hitungan backlink tersendiri, pasti akan sangat luar biasa jika blog tersebut sudah mempunyai banyak konten di dalamnya. Penambahan jumlah backlink ini seiring dengan robot crawler merayapi semua konten di dalam blog tersebut dan mengindeks backlink kita.

9. Situs Berbagi PDF

Situs berbagi PDF bisa anda manfaatkan sebagai sumber backlink untuk blog anda. Seperti yang kita tahu search engine juga bisa membaca link di dalam file PDF. Maka dari itu silahkan anda upload laman atau artikel blog anda beserta link di dalamnya dalam bentuk file PDF. Bagi anda yang masih bingung, berikut saya berikan triknya cara mendapatkan backlink dari situs berbagi PDF.

Cara Membuat Laman Situs Menjadi PDF

  1. Kunjungi www.printfriendly.com
  2. Masukan URL laman blog anda yang ingin di jadikan file PDF
  3. Silahkan download menggunakan tombol yang tersedia

Daftar Situs Berbagi File PDF

  • Academia.edu
  • Scribd.com
  • Pdfcast.org
  • Doocu.com
  • Filesanywhere.com
  • Uploading.com

Silahkan anda mendaftar pada satu atau semua situs tersebut kemudian upload file PDF blog anda yang sudah ada link di dalamnya. Jika sudah selesai upload maka ping laman situs profil anda menggunakan situs ping seperti Pingler, Google Ping dan Ping O Matic.

10. Web 2.o (Blog Dummy)

Cara yang digunakan untuk mendapatkan backlink dari Web 2.0 (blog gratis) ini adalah dengan kita membuat blog kemudian kita taruh link di dalam blog tersebut yang mengarah ke blog utama kita. Isilah blog dummy/zombie itu dengan beberapa artikel dan terserah anda mau mengelolanya atau di biarkan saja. Ada banyak situs untuk membuat blog gratis seperti:

  • WordPress.com
  • Weebly.com
  • Tumblr.com
  • Blogger.com
  • Livejournal.com

11. Situs Otoritas (Authority Sites)

Situs otoritas adalah situs yang memiliki berbagi fungsi dan topik. Cara mendapatkan backlink dari situs otoritas ini adalah dengan menautkan link pada halaman profil kita dan tentu saja kita harus melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu. Sumber backlink dari situs otoritas ini sangat saya rekomendasikan, beberapa situs otoritas yang bisa anda coba antara lain:

  • Ireport.cnn.com
  • Flickr.com
  • Disqus.com
  • Drupal.org
  • Apache.org

12. Media Sosial

Saya rasa untuk sumber backlink dari media sosial ini semuanya sudah paham ya? salah satunya adalah backlink dari akun Google Plus. Bagaimana caranya? silahkan masuk ke profil Google Plus anda dan silahkan edit pada bagian “Tentang” dan anda bisa memasukan link hidup di dalamnya, lihat juga di bagian kiri bawah ada juga opsi tautan dan silahkan masukan link blog anda. Beberapa situs media sosial yang dapat anda manfaatkan untuk sumber backlink antara lain:

  • Linkedin.com
  • Stumbleupon.com
  • Pinterest.com
  • Facebook.com
  • Twitter.com

Bagaimana? banyak juga kan? Nampaknya kita butuh banyak waktu ya untuk membuat backlink dari semua sumber di atas :D maka dari itu lakukanlah pelan-pelan saja. Untuk blog baru jika anda konsisten update satu artikel per hari dan di imbangi dengan membangun backlink saya yakin Ranking Alexa anda bisa mencapai 1 juta dalam 1 bulan saja. Demikian artikel mengenai 12 Sumber Backlink Blog & Cara Mendapatkannya, selamat mencoba :) .

Vimax Canada

18 Comments

Add a Comment
  1. wahh, hebat gan, seru, tapi lumayan capek juga ya ngejar2 backlink

    1. Ya jangan banyak – banyak backlinknya :D

  2. Kalo untuk situs baru gimana tuh gan kalo di kasih banyak backlink.? Trimksih infonya

    1. Kalau situs baru, jangan banyak – banyak dulu mas.

  3. Informasi nya komplit… segera meluncur..

  4. terima kasih mas atas info nya komplit banget. mau tanya kalau tanam backlink di situs seperti academia.edu itu linknya tulisan linknya atau kata kunci yang di hyperlink yang berisi link?
    terima kasih

    1. Kalau di academia.edu menggunakan file PDF yang di dalamnya ada linknya, kata kunci yang di link juga bisa. Tutorial cara membuat backlink di academia bisa di search di blog ini :)

  5. sangat perlu di coba cara mencari backlink seperti ini

  6. maximal membuat backlink perhari berapa gan ?

    1. setahu saya gak ada maksimal dan minimal gan

  7. Apa tidak apa2 gan kalau sebagian besar sumber backlink kita berasal dari komentar?

    1. Tidak apa – apa kok gan, sampai saat ini backlik di komentar masih menjadi primadona oleh para blogger dan webmaster dalam link building.

  8. makasih gan infonya dan salam sukses

  9. emangnya kenapa mas kalau situs baru diberi banyak backlink ?? kan banyak backlink berarti bagus dong

    1. Kalau terlalu over gak bagus, karena nanti dikira SPAM dan bisa masuk sandbox karena melakukan optimasi yang berlebihan. Kan mesin pencari juga punya algoritma sendiri, ketika melihat situs web yang terlalu over di backlink tentu mereka punya tidakan tersendiri, seperti menghilangkan indeks blog kita di mesin pencari.

  10. untuk backlink ada persentasenya gak mas misal dofollow 10% nofollow 100% atau sebaliknya?

    1. presentasi pastinya admin tidak pernah tahu, tapi sebaiknya mix saja biar kelihatan natural :)

  11. okok jadi intinya tidak boleh berlebihan ya mas..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88