DewajudiQQRajacapsa
CMCPokerRajacapsa
Agen SBOBETVPS Murah
Bola Hero IndonesiaBitcoin Brunei

10 Tips Berkendara Motor Jarak Jauh

Rezekibola Asianpoker88

10 Tips Berkendara Motor Jarak Jauh

10 Tips Berkendara Motor Jarak Jauh – Bagi anda yang mempunyai kesibukan atau kepentingan di luar kota/propinsi dan lain-lain dan sering berkendara motor dengan jarak ratusan KM dan memakan waktu berjam-jam. Mungkin ada sedikit tips dari pengalaman saya berikut ini agar tetap aman sehat dan selamat.

Baca Juga: Bahaya dan Solusi Berkendara Musim Hujan

10 Tips Berkendara Motor Jarak Jauh

1. Perhatikan Kondisi Kendaraan Bermotor

Pokermas99 Pokermas88

Ini merupakan hal yang paling vital dan paling utama, selain kondisi fisik motor seperti misal mesin dan servis sebelum bepergian jauh, kondisi ban (termasuk tekanan angin), surat-surat kendaraan (SIM dan STNK) dan lain sebagainya. Agar tidak terburu-buru maka persiapkanlah sehari sebelum anda berangkat bepergian jauh.

2. Perhatikan Kondisi Tubuh/Fisik

Persiapkanlah fisik anda sebelum bepergian jauh, harus di pastikan pada hari H kondisi fisik anda dalam kondisi prima sehingga bisa tahan terhadap kondisi perjalanan. Hal paling mudah dilakukan adalah degan beristirahat yang cukup dan pola makan yang baik. Jangan terlalu kenyang saat berangkat berkendara jarak jauh, karena dikhawatirkan akan membuat tidak nyaman.

3. P3K (Obat-obatan) dan Perlengkapan Lainnya

Kalau yang ini tidak boleh diabaikan, karena kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi di jalan, misal tiba-tiba anda masuk ke daerah yang bersuhu lebih rendah dari kota anda maka biasanya anda akan merasakan dingin dan menyebabkan masuk angin. Anda bisa menyiapkan perlengkapan obat seperti minyak angin, obat masuk angin, plester luka dan lain sebagainya.

3. Kenyamanan Berkendara dan Safety

Kenyamanan berkendara seperti gunakan pakaian yang pas dan nyaman, kemudian tas punggung yang nyaman dan pas. Safety seperti Helm, sepatu dan rompi biar tidak masuk angin.

4. Perhatikan Kondisi Rute Perjalanan

Ada baiknya anda perkirakan rute perjalanan, misal anda melewati sebuah jalur wisata maka ada baiknya anda menghindari bepergian pada hari minggu karena pasti akan macet. Kemudian kondisi jalan, jika jalanan dalam kondisi yang baik mungkin anda bisa aman dan lancar saja. Namun jika kondisi jalanan berantakan anda harus memperlambat perjalanan.

5. Gaya dan Sikap Berkendara

Menurut tingkat kelelahan berkendara disebabkan oleh gaya berkendara misal, jika anda berkendara dengan kecepatan tinggi dan terkesan agak ugal-ugalan karena kondisi jalan yang ramai maka otomatis adrenalin anda akan meningkat dan semua otot bahkan tubuh anda akan tegang. Disinilah tubuh anda memakan energi yang sangat banyak dan akan terasa sekali saat anda sampai tempat tujuan. Baiknya anda berkendara yang stabil dan rileks dan jangan terlalu tegang, walaupun tingkat kondisi ketahanan fisik tiap orang berbeda-beda namun tidak ada salahnya anda perhatikan hal ini.

6. Waktu dan Jarak Tempuh

Perkirakan juga waktu keberangkatan dan perkiraan tiba di tempat tujuan, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Misal anda akan berkendara selama 6 jam perjalanan, maka baiknya anda berangkat pagi sekali sekitar jam 5 pagi, sehingga siang hari anda sudah mencapai tempat tujuan. Hindari waktu malam hari pada jalanan yang sepi, karena rawan sekali terlebih lagi jika jalanan sepi dan anda sendirian. Jika anda beriring-iringan mungkin tidak akan jadi masalah, memperhatikan waktu perjalanan ini mungkin agak tidak berlaku bagi anda yang mempunyai waktu yang sedikit dan mungkin sibuk pekerjaan dan harus on time.

7. Tenangkan Hati dan Pikiran

Berdoalah sebelum berangkat bepergian agar selalu meminta perlindungan kepada Tuhan. Santai dan tenang jangan mudah emosi di jalanan karena akan merugikan anda sendiri pada akhirnya.

8. Patuhi Peraturan Lalu Lintas

Ini tidak perlu saya jelaskan panjang lebar jika tidak taat aturan urusannya bukan sama Tuhan tapi sama pak polisi.

9. Hormati Sesama Pengguna Jalan

Pengguna jalan bukan hanya orang yang menggunakan motor dan mobil loh? tapi ada juga pejalan kaki mulai dari anak sekolah sampai lanjut usia, dan anda pasti tahu sendiri bagaimana cara menghormati sesama pengguna jalan.

10. Care Dengan Apa yang Ada di Jalan

Misal kalian menemukan seorang pejalan kaki yang kesusahan menyeberang jalan, ada motor mogok, kecelakaan, dan lain sebagainya. Jika anda bisa care/peduli dan mau menolong mereka mak saya kasih jempol deh.

Baca Juga: 15 Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

Kita semua tahu hal yang paling penting adalah keselamatan dan ada banyak cara untuk menjadikan kita selamat, namun namanya jalanan tidak ada yang bisa menebaknya maka berdoalah. Demikian share dari saya mengenai Tips Berkendara Motor Jarak Jauh semoga bermanfaat dan menjadikan wawasan bagi anda semua dan ingat selalu UTAMAKAN SELAMAT !!

Vimax Canada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uceng999 © 2015 Frontier Theme

Agen Domino QQ - Bandar Judi Poker Online - Qiu Qiu Online 99 - Dewa PokerBBM88